Apa Saja Obat Anti Nyeri Untuk Luka? Simak Artikel Berikut!

Obat anti nyeri untuk luka

Saat merasakan rasa nyeri karena luka kita membutuhkan obat untuk meredakannya. Obat pereda nyeri atau sering disebut dengan Painkiller hanya digunakan untuk meredakan bukan menyembuhkan. Sebelum pergi ke dokter kita bisa menggunakan obat pereda nyeri sebagai cara untuk meringankan rasa sakit pada luka.

Obat anti nyeri pada luka dipakai harus secukupnya saja tidak bisa terlalu sering karena mengandung berbagai efek samping yang tidak baik untuk tubuh. Setiap masing-masing tubuh memiliki karakteristik tersendiri, oleh karena itu ketika menggunakan obat anti nyeri pada luka harus sesuai dengan kondisi tubuh

Obat Pereda Nyeri Apa Saja?

Obat Pereda Nyeri Apa Saja?

Obat anti nyeri pada luka seringkali dubutuhkan sebagai alternatif utama sebelum pergi ke dokter, misalkan pada saat sakit gigi, sakit kepala atupun nyeri pada tulang. bat ini dapat membantu meredakan nyeri pada luka tergantung dosis yang ada pada jenis obat nyeri tersebut. Dosis rendah pastinya hanya meredakan rasa nyeri ringan begitupun sebaliknya. Namun apa kalian tahu obat pereda nyeri apa saja? Ada beberapa golongan obat pereda nyeri yang akan kita bahas, yuk simak.

Obat anti ayeri Non stereoid (OAINS atau NSAID), obat ini digunakan untuk meredakan peradangan, obat yang termasuk jenis golongan ini yaitu Aspirin, Ibuprofen, Asam Mefenat dan Diklofenak. Efek samping obat ini yaitu jika digunakan dalam jangka panjang dapat menimbulkan gangguan pencernaan, iritasi, pendarahan lambung dan stroke.

Paracetamol, obat ini umumnya digunakan untuk meredakan demam, sakit gigi, nyeri kepala dan gejala ringan lainnya. Paracetamol tidak memiliki efek samping karena memiliki dosis yang rendah daripada NSAID.

Opioid, obat pereda nyeri ini termasuk jenis golongan obat untuk meredakan sakit keras dan hanya bisa digunakan melalui resep dokter. Obat ini mengandung dosis tinggi sehingga meredakan nyeri lebih cepat. Jenis obat yang termasuk dalam golongan ini yaitu Oxycodone, Codeine, Meperidine, Morphine. Penggunaan obat in harus dalam pengawasan ketat dokter karena mempunyai efek ketergantungan.

Apa Nama Obat Anti Nyeri di Apotik?

Apa Nama Obat Anti Nyeri di Apotik? 

Obat pereda nyeri ada yang hanya bisa diperoleh melalui resep dokter ada pula yang dapat dibeli secara bebas di apotik. Jika ada yang bertanya apa nama obat anti nyeri di apotik? kalian harus simak ulasan dibawah ini.

  • Paracetamol, merupakan salah satu obat pereda nyeri yang bisa dibeli di apotek. Paracetamol mempunyai dosis yang rendah dan efek samping yang sedikit jadi bisa dikonsumsi dalam jangka panjang.
  • Obat golongan Anti Inflamasi Non-Steroid (AINS) obat jenis ini mempunyai kadar dosis lebih tinggi dari Paracetamol yang bisa digunakan untuk mengatasi peradangan. Obat yang termasuk golongan ini adalah Aspirin, Indometasin Naproxen, Asam Mefenamat.

Apa Penyebab Ngilu Pada Tulang?

Apa Penyebab Ngilu Pada Tulang?

Pernahkah kalian merasakan rasa ngilu pada tulang? Pasti sebagian orang pernah merasakan ngilu pada tulangnya. Ngilu pada tulang sering dikeluhkan karena menganggu aktivitas. Namun apa sih apakah kalian tahu apa penyebab ngilu pada tulang? Jika ingin tahu yuk simak ulasan ini.

  • Kontraksi otot yang berlebihan, kondisi penyebabnya karena gerakan atau aktivitas berat seperti olahraga yang berlebihan dan aktivitas fisik berat.
  • Rheumatoid, atau biasa kita sebut dengan rematik ini merupakan peradangan sendi yang salah satu faktornya karena pertambahan usia.
  • Asam urat, merupakan kelainan metabolisme purin yang menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh meningkat.

Itulah ulasan mengenai Obat anti nyeri untuk luka, namun ingan akan lebih baik jika menggunakan obat pereda nyeri sesuai dengan resep dokter, karena jika asal menggunakan apalagi dalam dosis tinggi nantinya akan ada efek samping yang di dapat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.