Apakah lagu garuda pancasila dinyanyikan dengan nada tinggi?

lagu garuda pancasila dinyanyikan dengan nada

Salah satu judul lagu wajib nasional yang biasanya kita nyanyikan saat upacara bendera adalah lagu Garuda Pancasila. Pencipta lagu ini ialah Sudharnoto pada tahun 1956 dan sampai saat ini lagu tersebut tetap kita nyanyikan. Lagu garuda pancasila dinyanyikan dengan nada semangat karena ini merupakan lagu dengan tema perjuangan.

Judul Garuda Pancasila diambil dari lambang negara Indonesia. Lambang negara Indonesia ini berbentuk garuda dengan kepalanya yang menoleh ke kanan dengan perisai berbentuk seperti jantung yang digantung dileher garuda, dan semboyan yang dicengkeram kuat yang bertuliskan Bhineka Tunggal Ika yang artinya “Berbeda-beda tetapi tetap satu”.

Apakah lagu Garuda Pancasila memiliki tempo sedang?

Apakah lagu Garuda Pancasila memiliki tempo sedang?

Saat menyanyikan lagu Garuda Pancasila ini, kita harus tau tempo apa yang kita gunakan untuk menyanyikan lagu ini, jadi apakah lagu Garuda Pancasila memiliki tempo sedang?

Lagu Garuda Pancasila ini dinyanyikan dengan nada semangat dan  tempo marcia con festoso yang berarti meriah serta semangat dan kecepatannya seperti orang berbaris. Makna lagu dari Garuda Pancasila ini yaitu menyerukan semangat penyanyi sebagai pendukung setia Garuda Pancasila. Sebagai warga negara Indonesia, harus bersedia berjuang dan berkorban demi mempertahankan dasar dan lambang negara.

Selain itu, lagu ini juga menyerukan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk bergerak bersama, menciptakan rakyat yang adil dan makmur, serta menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai cerminan jati diri bangsa. Berikut ini merupakan lirik lagu wajib nasional “Garuda Pancasila” :

Lirik lagu wajib nasional “Garuda Pancasila”

Garuda pancasila

Akulah pendukungmu

Patriot proklamasi

Sedia berkorban untukmu

Pancasila dasar negara

Rakyat adil makmur sentosa

Pribadi bangsaku

Ayo maju maju

Ayo maju maju

Ayo maju maju

Cara Menyanyikan Lagu Garuda Pancasila

Berikut akan kita bahas lagu garuda pancasila dan intonasi menyanyikannya.

Nada do rendah merupakan melodi asli lagu ini dalam notasi angka, karena melodi ini kita pandang tidak sesuai dengan liriknya yang semangat yaitu “maju”, oleh sebab itu sejak mendapatkan rekaman ulang oleh Addie MS, bagian terakhir melodinya dibawakan dengan nada tinggi, untuk mengekspresikan sebuah semangat. Jadi, lagu garuda pancasila dinyanyikan dengan nada tinggi dan rendah. Tangga nada pada lagu ini adalah diatonis mayor. Tangga nada ini diatonis mayor yang bersifat semangat.

Berapa birama lagu Garuda Pancasila?

Berapa birama lagu Garuda Pancasila?

Setelah mengetahui nada dan tempo dari lagu garuda pancasila, maka kita juga perlu tau biramanya. Berapa birama lagu Garuda Pancasila?

Birama merupakan salah satu unsur seni musik yang berupa ayunan atau ketukan secara berulang-ulang yang datang secara teratur dan dalam waktu yang sama.

Birama pencipta tuliskan dalam angka pecahan seperti 2/4, 3/4, dan seterusnya. Angka pembilang (di atas tanda “/” ) gunanya untuk menunjukkan jumlah ketukan,

dan angka penyebut (di atas tanda “/”) gunanya untuk menunjukan nilai nada dalam satu ketukan. Lagu Garuda Pancasila ini memiliki birama 4/4.

Apa arti dari nada birama 4 4?

Berapa birama lagu Garuda Pancasila?

Saat mengetahui jika lagu Garuda Pancasila menggunakan birama 4/4, maka kita perlu tau apa arti dari nada birama 4 4?

Tanda birama 4/4 merupakan tanda yang paling umum dan sering kita gunakan, karena hampir setiap genre musik menggunakan birama ini. Tanda birama 4/4 menunjukkan setiap biramanya ada empat hitungan, dan setiap hitungan bernilai seperempat atau empat not seperempat dalam setiap birama.

Pola ketukan birama 4/4:

  1. Ọ ● ● ● / Ọ ● ● ● / Ọ ● ● ● ‌ ‌‌b. ● Ọ Ọ Ọ / ● Ọ Ọ Ọ / ● Ọ Ọ Ọ

1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4

T K KK T KK K T K K K K T T T K T T T K T T T

Keterangan :

T     = Tepuk Tangan

K     = Hentakan Kaki

Atau bisa kita variasikan T/K dengan:

P     = Tepuk Paha

M    = Tepuk Meja

TD = Tepuk dinding

TB   = Tepuk Bangku

Contoh lagu dengan birama 4/4 adalah sebagai berikut :

  • Jali-jali dari Jakarta
  • Injit Injit Semut dari Sumatera Timur.
  • Bungong Jeumpa dari Aceh.
  • Butet dari Tapanuli.
  • Ayam Den Lapeh dari Sumatera Barat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.