Apakah Pengadilan HAM Berkedudukan di Daerah?

Pengadilan HAM Berkedudukan di Daerah

Menurut UU Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2000, pengadilan HAM berkedudukan di daerah kabupaten atau daerah kota yang daerah hukumnya meliputi daerah hukum Pengadilan Negeri yang bersangkutan.

Pengadilan HAM adalah pengadilan khusus yang ada di lingkungan peradilan umum (Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi Negeri).

HAM sendiri atau yang merupakan singkatan dari Hak Asasi Manusia adalah kebebasan yang setiap manusia miliki sejak ia lahir dan tidak dapat kita ganggu gugat.

Apabila ada kasus tentang pelanggaran HAM, Pengadilan HAM adalah tempat yang tepat untuk mengurusi masalah tersebut.

Adakah Pengadilan HAM di Indonesia?

Adakah Pengadilan HAM di Indonesia?

Peraturan mengenai Pengadilan HAM sejatinya sudah tercantum dengan jelas pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2000.

Lalu, adakah Pengadilan HAM di Indonesia? Ya, Indonesia merupakan negara yang menjunjung tinggi HAM, tentu saja ada pengadilan HAM di indonesia.

Masih menurut UU Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2000, menjelaskan bahwa pengadilan HAM berkedudukan di daerah kabupaten atau daerah kota yang daerah hukumnya meliputi daerah hukum Pengadilan Negeri yang bersangkutan.

Tapi ada hal unik khususnya untuk Ibu Kota Jakarta, disini Pengadilan HAM berkedudukan diĀ  daerah setiap Pengadilan Negeri yang bersangkutan.

Lembaga Peradilan HAM Apa saja?

Lembaga Peradilan HAM Apa saja?

Bentuk nyata dari memerangi kejahatan HAM di Indonesia adalah dengan mendirikan lembaga pengadilan HAM berkedudukan di daerah. Di Indonesia sendiri, peradilan HAM terbagi menjadi 3 lembaga. Penasaran lembaga peradilan HAM apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini!

  1. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM)
    Lembaga ini didirikan pada 7 Juni 1993 dengan melalui Ketetapan Presiden Nomor 50 tahun 1993. Komnas HAM memiliki beberapa tugas penting, seperti menjadikan suasana yang kondusif bagi pelaksana HAM, dan meningkatkan perlindungan serta penegakan HAM.
  1. Komisi Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan)
    Lembaga ini bergerak di bidang perlindungan HAM khusus perempuan Indonesia, adapun tugas khususnya adalah mengembangkan kondisi yang aman dan kondusif bagi seluruh perempuan di Indonesia
  1. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)
    Lembaga perlindungan HAM khusus anak-anak yang ada di Indonesia ini bertujuan untuk menciptakan kondisi yang aman bagi seluruh anak-anak Indonesia dengan melakukan pengawasan dan pembinaan.

Apa saja Lembaga Perlindungan Hukum?

Apa saja Lembaga Perlindungan Hukum?

Selain dari tiga lembaga utama pengadilan HAM yang sudah Mimin sebutkan di atas, namun tampaknya hal tersebut belum lah cukup demi menciptakan keamanan bagi kita semua, dan kita pastinya membutuhkan lembaga perlindungan hukum. Lantas, apa saja lembaga perlindungan hukum yang ada di Indonesia? Berikut adalah daftarnya, yaitu:

  1. Lembaga Bantuan Hukum Jakarta (LBH Jakarta)
    lembaga ini berdiri demi memberikan bantuan hukum yang berkaitan dengan kemiskinan, dan juga membela serta memperjuangkan hak-hak orang miskin.
  1. Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi
    lembaga yang satu ini berdiri dengan maksud mengungkapkan kebenaran-kebenaran atas pelanggaran HAM berat dan melaksanakan rekonsiliasi terhadap kasus tersebut.
  1. Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri)
    Siapa yang tak kenal dengan lembaga ini? Lembaga yang bertugas menjaga dan menjamin ketertiban yang ada di masyarakat Indonesia, selain itu Polri juga berfungsi untuk menegakan hukum di Indonesia demi menciptakan keamanan di masyarakat.

Penutup

Demikianlah pembahasan Mimin mengenai pengadilan HAM berkedudukan di daerah hingga lembaga perlindungan hukum. Sejatinya, lembaga-lembaga ini hadir demi menjamin serta menciptakan lingkungan yang tertib dan aman bagi kita semua yang hidup di Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.