Apel Mengandung Vitamin Apa Saja?

Apel Mengandung Vitamin

Apel merupakan buah yang mudah ditemukan dan sering kita jumpai. Selain rasanya yang enak, ternyata apel mengandung vitamin tinggi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Terdapat kalimat “An Apple A Day Keeps The Doctor Away“, yang artinya makan apel setiap hari dapat mencegah datangnya penyakit.

Buah Apel Mengandung Vitamin Apa dan Manfaatnya?

Saat kamu mengonsumsi buah apel, pasti kamu ingin mengetahui kandungan yang terdapat didalam buah apel dan juga manfaat yang bisa didapatkan saat mengkonsumsi buah apel. Jadi, buah apel mengandung vitamin apa dan manfaatnya? Tentunya apel mengandung vitamin yang sangat tinggi. Berikut ini merupakan vitamin dan nutrisi yang terdapat dalam buah apel.

Air                               : 156 gram

Kalori                          : 94,6

Karbohidrat                 : 25,1 gram

Gula                            : 18,9 gram

Magnesium                  : 9,1 mg

Fosfor                          : 20 mg

Kalsium                       : 10,9 ml

Kalium                        : 195 mg

Vitamin C                   : 8,37 mg

Vitamin B9 atau Folat : 5,46 mg

Beta Karoten               : 49,1 mcg

Selain kandungan diatas, ternyata buah apel merupakan buah yang tidak mengandung lemak dan bebas kolesterol. Apel memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, serta senyawa aktif lainnya, seperti flavonoid, serat, mineral, dan juga air. Apel juga kaya akan kandungan yang dapat menyehatkan tubuh, seperti protein, vitamin B1, B2, B3, B6, tembaga, zinc, asam ursolat, dan masih banyak lagi.

Buah Apel Bagus untuk Apa?

Buah apel mengandung vitamin apa dan manfaatnya?

Setelah mengetahui kandungan nutrisi dalam buah apel, kita juga perlu mengetahui manfaat yang jika kita rajin mengonsumsi buah apel ini. Buah apel bagus untuk apa? Berikut manfaat dari buah apel yang pelu kita ketahui.

1. Membangun kekebalan tubuh dan meningkatkan imunitas.

Seperti dijelaskan sebelumnya, apel mengandung vitamin yang tinggi. Oleh sebab itu, apel berfungsi untuk membangun kekebalan tubuh dan meningkatkan imun dalam tubuh. Vitamin C yang terkandung dalam buah apel merupakan zat yang sangat penting untuk Kesehatan tubuh, seperti:

  • Membangun kekebalan tubuh atau imunitas
  • Membantu mempercepat penyembuhan luka
  • Mencegah alergi Menjaga kesehatan kulit

2. Mencegah kerusakan sel

Kandungan dalam apel yang kaya akan antioksidan quercetin dan polifenol, berfungsi untuk mencegah kerusakan sel yang diebabkan oleh radikal bebas.

3. Menurunkan risiko terkena penyakit kanker

Selain apel mengandung vitamin yang banyak dan bermanfaat, apel pun mengandung senyawa kimia berkhasiat lainnya, yaitu senyawa butyrate yang dapat menurunkan risiko kanker kolon.

4. Mencegah sembelit (susah buang air besar)

Ternyata kulit apel mengandung serat yang tinggi yang tidak larut selulosa dan lignin. Oleh sebab itu, makan apel dengan kulitnya (tidak dikupas) lebih baik daripada apel yang dikupas.

Jangan lupa untuk mencuci apel terlebih dahulu sebelum dimakan atau merendam buah apel dalam larutan cuka apel, hal itu untuk mengurangi kandungan pestisida yang mungkin ada dikulit buah apel.

5. Antidiare

Selain kulit apel yang kaya akan serat, daging buah apel juga mengandung serat kasar seperti gel yang larut dalam air. Serat kasar ini biasa disebut pektin. Serat inilah yang diketahui dapat menjadi zat antidiare.

6. Menurunkan kolesterol

Pektin yang terkandung didalam daging apel ini juga dapat membantu menurunkan kolesterol dengan cara menyerap lemak, kemudian mengeluarkannya dari dalam tubuh bersama dengan feses.

7. Menurunkan risiko penyakit asma pada janin

Penelitian yang dilakukan pada ibu hamil, disimpulkan bahwa gejala-gejala penyakit asma pada anak yang dikandung, dapat dicegah dengan mengonsumsi apel oleh ibu hamil.

Buah Apel Dapat Mencegah Penyakit Apa?

Buah apel bagus untuk apa?

Apel mengandung vitamin, nutrisi, mineral yang tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh. Manfaat baik dari buah apel didapatkan dari kulit hingga daging buahnya. Kita bisa merasakan manfaat dari buah ini setelah kita mengonsumsinya dengan rutin. Jadi, Buah apel dapat mencegah penyakit apa? Berikut penyakit yang dapat dicegah saat rutin mengonsumsi buah apel.

  • Mencegah penyakit jantung dan serangan jantung.
  • Mencegah kolesterol dan tekanan darah tinggi.
  • Mencegah inflamasi yang dapat menyebabkan penyakit tertentu.
  • Merawat kulit, contohmya dapat menangkal jerawat.
  • Mencegah obesitas, yang berarti apel dapat menurunkan berat badan.
  • Mencegah kanker.

Itulah beberapa ulasan tentang kandungan yang dimiliki oleh apel dan juga manfaatnya untuk Kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.