Ayo Sebutkan Makna Sila Kedua Pancasila!

Sebutkan Makna Sila Kedua Pancasila

Siapa sih yg tidak tahu dan tidak hafal dengan pancasilaa? Sebagai warga negara yg baik kita harus tahu bahwa pancasila adalah dasar negara dan ideologi bangsa indonesia. Pancasila menjadi sumber acuan kita dalam kehidupan sehari hari dalam bernegara dan berbangsa. Pancasila menjadi hukum tertinggi di negara kita dan menjadi sumber hukum dalam nasional

Lambang dari negara kita adalah burung Garuda Pancasila. Nama Panca sila itu sendiri berarti lima dasar negara yg terdiri dari kata Panca=lima ,dan sila =dasar.

Berikut ini adalah bunyi pancasila

1).Ketuhanan yg Maha Esa

2).Kemanusiaan yang adil dan beradab.

3).Persatuan Indonesia.

4).Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

5).Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pada dasarnya Pancasila digunakan untuk kita dalam kegiatan sehari-hari dan mengamalkan nilai-nilai luhur pancasila itu sendir.i

Pada artikel ini kita akan sebutkan makna sila kedua pancasila.

Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Kemanusiaan yang adil dan beradab

Bunyi pancasila sila kedua adalah Kemanusiaan yang adil dan beradab. Maksud dan tujuan dari bunyi pancasila sila kedua ini adalah kita sebagai manusia harus memanusiakan manusia yg artinya tidak ada perbedaan derajat diantara manusia itu sendiri baik dr segi kulit , ras, budaya, bahasa, agama, dan lainnya. Kita ini sama di mata Tuhan Yang Maha Esa. Sebagai makhluk sosial tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Kita harus menerapkan sila kedua ini dalam kehidupan sehari-hari kita. Banyak sekali nilai-nilai yg terkandung dalam pancasila sila ke-2 ini.

Makna Sila Ke-2 dan Contohnya

Makna Sila Ke-2 dan Contohnya

Jika sudah memahami makna pancasila, maka kita akan bisa dengan mudah untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Makna sila ke-2 harus kita pahami dan kita terapkan dalam bersosialisai dalam lingkungan kita. Jika kita menyebutkan makna sila kedua pancasila, pada dasarnya makna dari sila kedua tersebut adalah saling menghargai satu sama lain sesama manusia. Contoh penerapan sila kedua yaitu cukup dengan cara Kita mencintai sesama manusia,Menghormati dan menghargai sesama manusia,memandang manusia sama derajatnya. Tidak adalah manusia yg sempurna di dunia ini pasti ada suatu keburukan dalam dirinya. Untuk itu sila ke 2 ini ada. Mungkin itulah Makna sila ke-2 dan contohnya untuk penerapan dalam keseharian kita.

Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Sila Kedua Pancasila

Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Sila Kedua Pancasila

Inti dari nilai pancasila sila ke-2 yaitu nilai kemanusiaan yg lainnya hanya penerapannya saja. Pada hal ini sila ke-2 memiliki peran penting untung membangun sumber daya manusia yg baik dan beradab tinggi. Dalam kehidupan di kesehariannya masyarakat indonesia akan selalu hidup berdampingan dengan makmur dan sejahtera. Setiap masyarakat memiliki hak dan kewajiban yg sama dalam bernegara.

Berikut ini saya akan sebutkan makna sila kedua pancasila serta nilai-nilai yg terkandung dalam sila ke-2 pancasila

1).Kesamaan derajat semua warga negaranya

2).Memiliki rasa kesopanan yg tinggi

3).Menjadikan setiap warga negaranya menjadi manusia yg menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

4).Menjadikan warganya memiki rasa kasih sayang dan empati

Empat contoh di atas merupakan nilai-nila yg harus kita pegang teguh agar terciptanya kesejahterahan rakyat indonesia dan agar tidak terpecah belah Mengingat indonesia adalah negara yg memiliki banyak pulau,perbedaan kebudayaan dan masih banyak lainnya. Kita sebagai generasi penerus bangsa seharusnya bisa menjaga dan mempertahankan keutuhan NKRI salah satunya dengan mengamalkan pancasila sila ke-2

Mungkin itulah yg dapat saya sebutkan makna sila kedua pancasila ,nilai-nilai yg terkandung dalamnya dan juga contohnya.

Semoga bermanfaat guys dan jangan lupa kalian amalkan dalam kehidupan sehari-hari kalian ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.