Bagaimana Gejala Asam Lambung Naik Ke Kepala?

Gejala Asam Lambung Naik Ke Kepala

Asam lambung merupakan istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan rasa nyeri yang terjadi pada perut setelah makan, dan biasanya gejala asam lambung naik ke kepala. Sebelumnya, pengertian dari penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease ( GERD ) adalah naiknya asam lambung menuju kerongkongan yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di perut dan terasa seperti terbakar di dada.

Apakah Asam Lambung Dapat Menyebabkan Sakit Kepala?

Apakah Asam Lambung Dapat Menyebabkan Sakit Kepala?

Gejala utama dari asam lambung ini adalah rasa nyeri yang seperti terbakar pada ulu hati, tetapi apakah asam lambung dapat menyebabkan sakit kepala? Jawabannya adalah, ya bisa. Gejala asam lambung naik ke kepala dan bisa menyebabkan sakit kepala ataupun migren.

Hal ini karena otak dan usus kita saling berkomunikasi melalui sistem saraf pusat, sistem endokrin dan sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu setiap kali ada permasalahan yang terjadi di usus atau otak. Dapat menyebabkan komunikasi keduanya ini akan terhambat atau terhalang, dan membuat kita sakit kepala.

Ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk meredakan gejala asam lambung naik ke kepala yang menyebabkan nyeri atau sakit di kepala kita, asalah satunya adalah menggunakan obat-obatan pereda nyeri kepala. Berikut adalah obat-obatan dapat kalian gunakan, berupa:

  1. Egot derivatives, obat ini bisa membantu pembuluh darah membesar sehingga dapat melancarkan peredaran darah dan meredakan sakit kepala.
  2. Steroid, obat ini bekerja dengan dengan menekan sumber utama penyebabnya sehingga bisa langsung meredakan sakit kepala.
  3. Triptans, obat ini dapat bekerja pada serotonin sehingga bisa meredakan sakit kepala.

Apakah Asam Lambung Bisa Membuat Badan Lemas?

Apakah Asam Lambung Bisa Membuat Badan Lemas?

Selain gejala asam lambung naik ke kepala, penyakit ini juga bisa menyebabkan gejala-gejala yang lainnya. Lalu, apakah asam lambung bisa membuat badan lemas? Ya, asam lambung dapat membuat badan kita lemas. Hal ini karena cairan lambung yang tidak hanya naik sampai ke kerongkongan, tetapi juga sampai ke area mulut.

Maka dari itu tidak lazim jika penderita asam lambung merasa mual hingga muntah-muntah, dan lagi penyakit ini bisa memicu depresi, susah tidur, dan juga stress. Tentu saja hal ini dapat membuat tubuh kita kelelahan dan membuat badan kita merasa lemas. 

Apa Saja Gejala Lambung Umum dan Cara Mencegahnya?

Seperti yang sudah Mimin jelaskan, penyakit asam lambung ini dapat menyebabkan berbagai macam gejala, mulai dari gejala asam lambung naik ke kepala, membuat badan lemas, bahkan bisa membuat penderitanya sesak nafas. Kira-kira, ada apa saja gejala lambung umum? Berikut Mimin berikan daftarnya, yaitu:

  1. Dada terasa panas seperti terbakar
  2. Mulut menjadi bau
  3. Suara menjadi serak dan sering bersendawa
  4. Sakit tenggorokan dan sakit saat menelan
  5. Perut merasa mual dan ingin muntah
  6. Batu ttidak berdahak, khusunya di malam hari

Kalian tidak perlu khawatir, penyakit asam lambung ini dapat kita cegah dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup yang sehat sejatinya dapat mencegah kita dari segala macam penyakit ya teman-teman, dan pola hidup yang sehat. Ini sangat mudah untuk kita terapkan, seperti tidur cukup waktu, rajin dan teratur berolahraga, hindari minuman berakohol dan soda, serta menjaga pola makan kita yang cukup.

Demikianlah penjelasan mimin mengenai penyakit asam lambung, semoga dengan kita senantiasa menjaga pola hidup yang sehat. Baca juga ciri ciri asam lambung naik lainnya. semoga kita dapat terhindar dari segala macam bentuk penyakit, stay healthy semuanya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.