Beberapa Obat Batuk Berdahak Tradisional Untuk Dewasa

obat batuk berdahak tradisional untuk dewasa

Ada banyak obat batuk berdahak yang bisa dapat kita temui di apotik. Namun selain obat apotik, ada juga bahan herbal yang bisa berkhasiat menyembuhkan batuk, baik batuk kering maupun berdahak. Batuk merupakan penyakit yang mudah menyerang siapa saja saat kondisi tubuh buruk. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui obat batuk dari bahan herbal agar bisa langsung mengambil tindakan saat batuk terjadi. Obat herbal sangat mudah kalian temui dan cara membuatnya juga mudah. Apa saja obat batuk berdahak tradisional untuk dewasa?

Sebelum mengetahui itu, kita harus tau terlebih dahulu apa penyebab dari batuk. Penyebab batuk bisa dikarenakan infeksi virus atau bakteri, alergi, asam lambung atau bisa jadi karena gejala penyakit tertentu.

Secara umum, batuk yang menyerang terbagi menjadi dua jenis, yaitu batuk berdahak dan batuk kering.

Tentunya, obat batuk kering berbeda dengan obat batuk berdahak. Tapi pada artikel ini, Beritanew akan berbagi informasi tentang obat batuk berdahak tradisional untuk dewasa?

Minum Apa Supaya Batuk Berdahak Cepat Sembuh?

Minum Apa Supaya Batuk Berdahak Cepat Sembuh?

Saat batuk kita pasti ingin cepat sembuh karena batuk sangat mengganggu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Jadi, Minum apa supaya batuk berdahak cepat sembuh?  Untuk meredakan batuk berdahak dan supaya cepat sembuh, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan :

  • Obat-obatan di apotik

Selain obat batuk berdahak tradisional untuk dewasa, ternyata obat-obatan di apotik juga penting jika batuk tidak kunjung reda. Banyak obat batuk yang bisa kita temui dengan mudah di apotik. Jenis obat dapat kalian sesuaikan dengan jenis batuk yang kita alami.

  • Minum air putih hangat

Air putih hangat dapat meredakan batuk karena dengan meminum air putih hangat tenggorokan kita akan lega.

  • Mandi air hangat

Cara menangani batuk berdahak lainnya adalah dengan mandi air hangat. Ternyata, uap air hangat bisa membantu melegakan tenggorokan dan meredakan batuk berdahak.

  • Menggunakan humidifier

Menghirup udara yang lembab ternyata dapat meringankan batuk berdahak, karena dahak dapat menjadi lebih encer dan mudah untuk dikeluarkan.

  • Berkumur air garam

Berkumur air garam adalah cara yang mudah untuk meredakan batuk berdahak karena bahan ini mudah kita dapatkan dirumah. Ternyata air garam dapat mengencerkan dahak dan mengeluarkan dahak yang menempel pada tenggorokan. Selain itu, air garam juga dapat membunuh kuman yang ada pada mulut.

Batuk Berdahak Obat Herbalnya Apa?

Batuk Berdahak Obat Herbalnya Apa?

Terdapat beberapa obat batuk dari herbal. Jadi, Batuk berdahak obat herbalnya apa? Berikut merupakan obat herbal yang dapat meredakan batuk berdahak.

Jahe

Siapa yang tidak tau dengan rempah-rempah yang satu ini. Selain sebagai bahan masakan, jahe juga bahan herbal yang berfungsi untuk meredakan batuk. Caranya dengan mencampurkan jahe kedalam air hangat atau teh hangat.

Madu

Madu adalah salah satu obat alami yang bisa kita gunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit karena kandungannya yang sehat, madu juga dapat meredakan batuk. Caranya dengan mengonsumsinya secara langsung atau bisa mencampurkan madu kedalam susu hangat dan perasan lemon.

Mint

Daun mint dikenal sebagai bahan alami yang dapat menyegarkan tubuh. Karena baunya yang segar dan dingin, daun mint sering digunakan untuk berbagai produk seperti pasta gigi, permen dan juga teh. Ternyata, selain digunakan diberbagai produk, daun mint juga berfungsi untuk meredakan batuk. Caranya, masukan daun mint dalam air hanyat dan kemudian tunggu beberapa saat, kemudian diminum.

Lemon

Bauh yang satu ini ternyata memiliki manfaat untuk meredakan batuk. Kandungan vitamin C dalam lemon dapat membasmi infeksi virus dan bakteri penyebab batuk. Caranya, campuran satu sendok perasan lemon dan satu sendok teh madu, kemudian minum beberapa kali dalam sehari.

Kunyit

Selain jahe, ternyata kunyit juga dapat meredakan batuk. Kunyit mengandung curcumin yang memiliki sifat anti radang yang gunanya untuk melawan pertikel asing penyebab sakit tenggorokan hingga batuk. Caranya, hancurkan kunyit menhadi bubuk halus kemudian kita campurkan kedalam susu.

Obat Apa yang Bisa Menyembuhkan Batuk Berdahak?

Obat Apa yang Bisa Menyembuhkan Batuk Berdahak?

Dapat disimpulkan jika banyak obat-obat mulai dari obat di apotik maupun obat herbal yang dapat menyembuhkan batuk berdahak, Jadi obat apa yang bisa menyembuhkan batuk berdahak?

Beberapa contoh obat apotik yang dapat menyembuhkan batuk berdahak adalah Woods Expectorant, Bisolvon Extra, Siladex Mucolytic & Expectorant, OBH Combi Batuk Berdahak, Komix OBH, Bodrex Flu dan Batuk Berdahak, Prospan Cough Syrup, dan masih banyak lainnya.

Sedangkan untuk obat herbal yang dapat menyembuhkan batuk berdahak adalah seperti yang telah jelaskan diatas, yaitu ada jahe, madu, mint, lemon, kunyit, garam, nanas, dan tentunya masih ada banyak herbal lainnya yang bisa menyembuhkan batuk. Itulah beberapa obat batuk berdahak tradisional untuk dewasa yang perlu kita ketahui.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.