Benteng Marlborough Terdapat Di Provinsi Mana sih?

Benteng Marlborough Terdapat Di Provinsi

Benteng Marlborough adalah bangunan yang ada sejak jaman penjajahan. Bangunan kuno abad 18 merupakan salah satu peninggalan Inggris. Benteng Marlborough terdapat di provinsi Bengkulu, Sumatera Selatan. Konstruksi tersebut dibuat pada abad 17 oleh East India Company (EIC). Dengan kepemimpinan oleh gubernur Joseph Callet.

Mengapa Benteng Marlborough terdapat di provinsi Bengkulu? Karena bangunannya terletak di atas bukit, yang dimana bukit tersebut menghadap kota bengkulu dan membelakangi samudera hindia. Selanjutnya, masyarakat bengkulu juga pernah membakar bangunannyai sehingga banyak penduduk yang harus menetap di Madras. Konstruksi yang  satu ini juga berfungsi untuk defense atau penjagaan pada masa penjajahan hindia belanda yang terjadi pada tahun 1825-1942.

Untuk lebih mengetahui sejarah tentang bangunan ini, yuk kita simak bersama-sama mengenai penjelasannya.

Berapa Luas Benteng Marlborough Bengkulu?

Berapa Luas Benteng Marlborough Bengkulu?

Seperti yang kita ketahui, Benteng Marlborough terdapat di provinsi Bengkulu, merupakan situs yang sudah ditetapkan menjadi cagar budaya oleh depdikbud pada tahun 1977. Namun, teman-teman semua tau gak sih Berapa Luas Benteng Marlborough Bengkulu?

untuk wilayah bengkulu sendiri memiliki luas sebesar 151,7 km. Sedangkan luas tanah konstruksi tersebut adalah 44.000 m2. Wah, Itu baru luas tanahnya aja ya sobat! Belum dengan bangunan aslinya. Gedung  berbentuk segitiga pada atapnya dan memiliki lahan atau lapangan luas yang berada di tengah. Lalu, untuk ukuran fisiknya sekitar 240 x 170 m. dengan memiliki ketinggian tembok atau dinding sekitar 8 meter dan ketebalan dinding 3 meter. Didalamnya juga terdapat beberapa peninggalan salah satunya adalah meriam. Jumlah meriam yang ditinggali oleh mereka sekitar 70-72 buah meriam. Dulunya, gedung ini juga digunakan untuk kantor, penjara, dan sebagainya.

Peninggalan tersebut menjadi saksi perjuangan para pahlawan dan rakyat indonesia untuk merebut hak dan keadilan mereka. Saat jepang mengaku kalah pada tahun 1948, gedung tersebut sudah menjadi markas untuk polri dan juga TNI-AD. Hingga pada akhirnya, gedung tersebut sekarang sudah beristirahat dan menjadi situs cagar budaya.

Kapan Benteng Marlborough?

Kapan Benteng Marlborough?

Oke teman-teman, setelah kita membahas banyak mengenai deskripsi singkat dari Konstruksi Marlborough. Yuk kita bahas tentang  Kapan Benteng Marlborough? dibuat.

Objek wisata bersejarah tersebut didirikan pada tahun 1714-1719. Konstruksi ini pertama kali dibuat oleh pasukan inggris. Namun sayangnya, pada tahun 1949-1950 peninggalan ini dapat diambil alih oleh belanda dan pada akhirnya peninggalan ini dapat direbut kembali dan menjadi warisan sejarah miliki indonesia

Wisata Benteng Marlborough

Wisata Benteng Marlborough

Nah, setelah kita mengetahui sejarah panjang cagar budaya peninggalan kolonial inggris. Wisata Benteng Marlborough bisa menjadi opti untuk mengajak keluarga kalian liburan sambil belajar sejarah di peninggalan pada masa penjajahan yang tentunya tidak kalah keren lho!

Wisata ini memiliki nilai sejarah dan juga edukasi yang sangat tinggi. Di kota asalnya cagar budaya peninggalan penjajah inggris tersebut masih dijaga dan dirawat agar anak serta cucu kita dapat melihat langsung perjuangan bangsa kita demi merebut kemerdekaan.

Untuk berkunjung kesini teman-teman hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp.3.000.00 perkunjungan. Oleh sebab itu, jika kalian berada di bengkulu sangat wajib untuk berkunjung kesini. Selain harga yang murah, Benteng Marlborough terdapat di provinsi Bengkulu ini juga mempunya spot foto yang menarik dan pastinya instagramable

Yuk tunggu apa lagi? ajak keluarga, saudara dan teman-teman kalian kesini ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.