Berapa sih Harga Melon 1 Kg? Penasaran kan?

Harga Melon 1 Kg

Kita semua pasti pernah mengonsumsi buah melon. Supermarket ataupun pedagang buah di pasar tradisional pasti menjual buah melon. Nama Latin Melon adalah Cucumis melo L. Nama ini merupakan nama buah dan tanamannya sekaligus, yang menghasilkan buah yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Umumnya buah ini dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian yang dikonsumsi adalah daging buahnya (mesokarp). Tekstur dari melon lunak dan warnanya putih sampai merah. Pasti para pembaca penasaran dengan harga melon 1 kg di pasaran. Oleh karena itu, topik pembahasan pada artikel kali ini adalah harga melon 1 kg, berat rata-rata buah melon, dan berapa lama buah melon tumbuh. 

Berapa Harga Buah Melon?

Berapa Harga Buah Melon? 

Sebelum kita mengetahui harga buah melon, ada baiknya kita mempelajari tentang manfaat dari buah melon itu sendiri. Melon mengandung vitamin C yang cukup tinggi. 

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan, sehingga mampu meningkatkan sistem imunitas. Melon juga mengandung vitamin A, B6, D, dan B12. Buah ini cocok untuk orang-orang yang mempunyai masalah kolesterol, karena buah ini tidak mempunyai kandungan kolestrol yang tidak baik untuk tubuh. 

Melon juga bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit diabetes, meredakan panas dalam, serta membantu melancarkan proses pencernaan. Oleh karena itu, sering-seringlah mengonsumsi buah melon. 

Nah, lalu berapa harga buah melon? Harganya berbeda-beda, tergantung dengan jenis melon yang kita beli. Ada 9 jenis melon yang dijual di Indonesia. Berikut adalah jenis-jenis melon serta harga melon 1 kg atau per buah. 

  1. Melon Sky Rocket – Rp15.000/kg 
  2. Golden Melon – Rp85.000/kg 
  3. Melon Yubari King – Rp750.000-Rp15.000.000/kg 
  4. Melon Hijau – Rp10.000-Rp15.000/kg 
  5. Melon Bertanduk – Rp62.500/buah 
  6. Rock Melon – Rp21.000/kg 
  7. Melon Golden Langkawi – Rp22.000/kg 
  8. Korean Melon – Rp12.000/buah 
  9. Melon Jepang – Rp156.000/buah 

Berapa Berat Rata-rata Buah Melon?

Berapa Berat Rata-rata Buah Melon? 

Nah, berapa berat rata-rata buah melon? Seperti pada pembahasan tentang harga melon 1 kg, berat buahnya pun berbeda-beda, tergantung dengan jenis melonnya.  

Untuk melon hijau, beratnya adalah sekitar 1,5-2 kg. Untuk melon golden, per buah beratnya sekitar 800 gr-1 kg.  

Kedua melon ini merupakan melon yang paling umum kita jumpai. Oleh karena berat melon yang umumnya mencapai 1 kg, berarti harga yang telah disebutkan sebelumnya bisa dibilang juga merupakan harga buah melon untuk satu buahnya.  

Berapa Lama Buah Melon Tumbuh?

Berapa Lama Buah Melon Tumbuh? 

Pasti pembaca juga penasaran tentang pembahasan kita selanjutnya. Berapa lama buah melon tumbuh? Umumnya, budidaya melon siap dipanen setelah berumur 3 bulan.  

Ciri-ciri melon yang siap panen untuk jenis reticulatis, atau sering juga kita kenal dengan golden melon, antara lain serat jala pada permukaan kulit tampak jelas dan kasar, permukaan kulit sekitar tangkai terlihat retak-retak, warna kulit buahnya hijau kekuningan, dan sudah mengeluarkan aroma.  

Sebaiknya, buah melon dipetik pada tingkat kematangan 90%, atau sekitar 3-7 hari sebelum matang penuh. Hal ini berguna untuk memberikan waktu pada saat distribusi ke konsumen. 

Pemetikan ini juga kita lakukan dengan cara memotong tangkai buah dengan pisau atau gunting. Tangkai kita potong seperti huruf T, sehingga bagian yang kita potong adalah yang mengarah pada daun, bukan pada buah.  

Pemetikan buah melon sebaiknya dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 8-11, dan dilakukan secara bertahap. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.