Berikan Contoh Dampak Positif Globalisasi Bagi Masyarakat

Berikan Contoh Dampak Positif Globalisasi Bagi Masyarakat

Globalisasi merupakan kata yang berasal dari kata “global” yang berarti secara keseluruhan atau meliputi dunia. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) globalisasi yaitu suatu proses masuknya menuju ruang lingkup dunia. Sudah pahamkah Anda tentang hal-hal yang menyangkut tentang globalisasi? Jika iya, berikan contoh dampak positif globalisasi bagi masyarakat! Jika belum, mari kita simak ulasan berikut ini!

Sebenarnya, globalisasi mulai masuk sudah lama sekali, yaitu sejak abad ke-15 Masehi, ketika Eropa menjajah Negara Indonesia. Jika Anda diminta untuk mencoba berikan contoh dampak positif globalisasi bagi masyarakat, tentu Anda perlu mengetahui ciri-cirinya juga, bukan? Globalisasi memanglah suatu proses yang tidak bisa dibendung oleh siapapun. Kemajuan teknologi membuat segala bidak harus mengikuti arus globalisasi.

Ciri-ciri yang dapat dilihat dari proses ini adalah semakin menipisnya batas negara, dimana perkembangan teknologi dan komunikasi membuat orang mudah mendapatkan informasi dari negara-negara lain. Kedua, mudahnya suatu informasi dapat menyebar, yaitu segala hal apapun, baik itu besar atau kecil tak butuh waktu lama untuk diketahui oleh banyak orang. Ketiga, memperluas perdagangan, hingga keluar negeri. Ulasan berikut ini akan berikan contoh dampak positif globalisasi bagi masyarakat

Dampak Globalisasi

Dampak Globalisasi

Proses yang begitu besar ini tidak mungkin tidak memberikan dampak bagi masyarakat. Tentunya globalisasi membawa perubahan besar bagi suatu negara. Dampak globalisasi dapat dirasakan secara negatif dan juga positif, yaitu:

Dampak Positif Globalisasi Bagi Indonesia

Dampak Positif Globalisasi Bagi Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara yang terdampak globalisasi. Dapat Anda lihat sendiri bagaimana berubahnya negara kita menjadi semakin modern dan mudah dalam hampir segala hal. Berikut adalah dampak positif globalisasi bagi Indonesia:

  1. Masyarakat menjadi semakin maju
  2. Meningkatnya semangat kerja
  3. Ruang sosial semakin terbuka lebar
  4. Pertukaran budaya dapat terjadi dengan mudah
  5. Meluasnya pasar

Itulah jawaban jika Anda diminta untuk berikan contoh dampak positif globalisasi bagi masyarakat Indonesia.

Apa Saja Dampak Negatif dari Globalisasi Bagi Masyarakat?

Apa Saja Dampak Negatif dari Globalisasi Bagi Masyarakat?

Tidak hanya dampak positif, namun tentunya dampak negatif juga akan kita rasakan sebagai akibat dari globalisasi. Kedua hal ini selalu menjadi hal yang hampir tak dapat dipisahkan Apa saja dampak negatif dari globalisasi bagi masyarakat? Dampak negatifnya adalah berikut ini:

  1. Semakin banyaknya produk impor yang masuk
  2. Meningkatnya ketergantungan terhadap negara maju
  3. Lapangan pekerjaan menyempit
  4. Terjadi kerusakan lingkungan
  5. Memudarnya nilai-nilai sosial

Beberapa contoh nyata dampak globalisasi dalam kehidupan sehari-hari adalah Anda dapat dengan mudah membeli suatu barang menggunakan kartu kredit, jual beli barang secara online, kegiatan ekspor dan impor meninggi, timbulnya kerja sama antar negara, dan adanya kebijakan perdagangan bebas yang semakin mudah.

Adapun dampaknya dalam bidang politik, yaitu meningkatkan hubungan dan kerja sama internasional, berpartisipasi untuk mencapai perdamaian dunia, dan mudah terbentuknya organisasi sosial.

Sedangkan dalam bidang pendidikan dapat memberikan dampak pertukaran pelajar, mudahnya mengakses internet untuk menunjang kegiatan belajar, dan menggunakan teknologi untuk kegiatan belajar dan mengajar.

Globalisasi yang memberikan dampak positif juga perlu untuk kita saring, karena dampak negatif seperti masuknya budaya barat dapat memasuki negara Indonesia dengan sangat mudah. Jika hal tersebut terjadi, maka akan berdampak pada moral generasi bangsa apabila hanya kita terima secara mentah-mentah. Akan lebih baik jika kita selalu mengambil sisi positif dari globalisasi.

Demikian adalah dampak globalisasi yang dapat dengan jelas Anda rasakan. Semoga membantu!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.