Biji Buah Kelor Mengandung Suatu Zat yang Berguna untuk Kesehatan? Betulkah?

Biji Buah Kelor Mengandung Suatu Zat yang Berguna untuk

Kelor adalah tanaman yang biasanya kita gunakan sebagai obat alami oleh masyarakat. Hampir setiap bagian dari tanaman kelor dapat kita manfaatkan, mulai dari pohonnya, daunnya, bunganya, dan bahkan bijinya. Kali ini kita akan membahas tentang biji kelor. Benarkah biji buah kelor mengandung suatu zat yang berguna untuk kesehatan? Yep! Tentu saja. Biji kelor ini memiliki kandungan nutrisi tersendiri berupa vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, protein, lemak, kalsium, dan magnesium.

Biji Kelor Gunanya Untuk Apa?

Biji Kelor Gunanya Untuk Apa?

Ternyata kerap dikonsumsi oleh masyarakat. Perlu kita ketahui jika biji buah kelor mengandung suatu zat yang berguna untuk kesehatan, biasanya kita olah menjadi menu masakan atau dipanggang. Selain rasanya yang lezat, ternyata biji buah kelor banyak memiliki manfaat untuk kesehatan bila kita konsumsi secara rutin. Lantas, biji kelor gunanya untuk apa?

Inilah manfaat biji kelor untuk kesehatan yang perlu diketahui.

  • Menurunkan gula darah

Manfaat dari biji kelor untuk mengurangi kadar gula dalam darah, oleh sebab itu, biji ini baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  • Menurunkan kolesterol

Biji buah kelor mengandung suatu zat yang berguna untuk menurunkan kolesterol tinggi, yaitu flavonoid. Biji ini pun mengandung oksalat yang gunanya untuk menjaga kesehatan jantung.

  • Menurunkan darah tinggi

Darah tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung dan bahkan sroke. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengonsumsi biji buah kelor ini, karena biji ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya dengan meminum rebusan biju buah kelor ini secara rutin

  • Tidur lebih nyenyak dan nyaman

Biji buah kelor juga dapat membantu untuk tidur nyenyak bagi mereka yang kesulitan tidur nyenyak. Caranya adalah dengan minum air rebusan biji buah kelor setu jam sebelum tidur.

  • Mempercantik kulit

Kulit sehat dan canti adalah impian dari semua orang. Biji buah kelor mengandung suatu zat yang berguna untuk mempercantik kulit yang berupa antioksidan yang terdapat dalam biji kelor dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Selain itu, biji ini pun dapat berfungsi sebagai pelembab alami yang dapat membuat kulit menjadi lembut, halus dan bercahaya.

Apa Manfaat Biji Kelor Dalam Proses Penjernihan Air?

Apa Manfaat Biji Kelor Dalam Proses Penjernihan Air?

Selain bermanfaat bagi kesehatan, biji buah kelor juga bermanfaat untuk menjernihkan air. Bagaimana bisa? Dan apa manfaat biji kelor dalam proses penjernihan air?

Biji kelor dapat menggantikan bahan kimia yaitu aluminium sulfat sebagai penjernih air. Serbuk biji kelor bermanfaat untuk menjernihkan air di sungai secara cepat dan sederhana. Dalam metode penyaringan air ini, penilitian mengatakan bahwa tidak hanya mengurangi polusi air, tapi juga mengurangi bakteri berbahaya dalam air. Ternyata selain biji buah kelor mengandung suatu zat yang berguna untuk kesehatan, biji kelor juga dapat menjernihkan air.

Apa Fungsi Biji Buah Kelor Pada Teknik Pengendapan?

Apa Fungsi Biji Buah Kelor Pada Teknik Pengendapan?

Seperti dijelaskan diatas, biji buah kelor ternyata memiliki banyak kegunaan. Lalu, apa fungsi biji buah kelor pada teknik pengendapan? Jawabannya tentu saja untuk menjernihkan air. Air yang jernih sangat dibutuhkan oleh mereka yang tinggal di daerah bekas rawa, bekas persawahan, atau daerah yang kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Teknik pengendapan menggunakan biji kelor ini sangat bermanfaat. Biji kelor dapat menjernihkan air karena di dalam biji buah kelor terdapat kandungan protein bermuatan positif yang berperan sebagai polielektrolit kationik dan penting sebagai zat penjernihan air.

Itulah beberapa pengetahuan tentang biji kelor, semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.