Buah Matoa Berasal Dari Mana?

buah matoa berasal dari

Teman-teman pasti tahu leci bukan? Atau kelengkeng. Namun bagaimana dengan matoa, apakah teman-teman tahu buah matoa berasal dari mana?

Buah sendiri adalah salah satu cara kita mendapatkan nutrisi dan vitamin. Dengan adanya nutrisi dan vitamin tersebut, kita akan selalu sehat. Setiap buah memiliki nutrisi dan vitamin yang berbeda-beda, rasa dan bentuk juga berbeda salah satunya adalah matoa.

Buah Matoa Berasal dari Mana?

Apa manfaat dari buah matoa

Matoa adalah buah yang mirip dengan leci atau kelengkeng. Berwarna hijau kemerahan, dengan warna dagingnya putih membuatnya terlihat mirip leci atau kelengkeng.

Buah matoa berasal dari papua, hal ini membuatnya tidak begitu familiar. Matoa termasul buah eksotis dan juga langka serta memiliki banyak manfaat.

Apa Manfaat dari Buah Matoa?

Berapa harga buahatoa per kg

Jika ditanya apa manfaat dari buah matoa? Terdapat beberapa manfaatnya, yaitu :

  1. Melawan infeksi bakteri dan virus

Matoa mengandung Vitamin C dalam jumlah yang besar, hal ini membuatnya dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Lalu terdapat juga antioksidan yang membuat bakteri ataupun virus tidak dapat menyerang tubuh.

  1. Bagus untuk kulit

Kandungan Vitamin C dan Vitamin E pada buah ini dapat membuat kulit menjadi elastis, lembab dan terlihat lebih muda. Serta dipercaya dapat juga memperbaiki kulit yang telak rusak akibat paparan sinar ultraviolet (UV) yang berasal dari matahari.

  1. Menyembuhkan disentri

Walaupun belum terdapat riset atau penelitian yang telah membuktikannya, namun sejak lama masyarakat lokal telah menggunakannya sebagai obat untuk disentri.

  1. Penghilang stress

Jika teman-teman sedang merasa stress atau tidak nafsu makan. Matoa sangat cocok untuk dimakan, karena dapat meningkatkan nafsu makan dan menghilangkan stres, serta bagus bagi teman-teman yang ingin menambah berat badan.

  1. Mencegah jerawat

Karena dapat mencegah bakteri atau virus, hal ini membuatnya dapat mencegah jerawat tumbuh. Serta Vitamin C dan Vitamin E nya dapat membuat kulit menjadi lebih bagus dan bersih.

Berapa Harga Buah Matoa per Kg

berapa harga buah matoa per kg nya

Jika teman-teman ingin mencoba atau mengambil manfaat buah ini. Teman-teman bisa membeli buah matoa berasal dari tanah papua langsung dengan harga sekitar Rp 42.000 – 70.000 untuk setiap kilogram.

Harga tersebut turun, karena pada tahun 2019 kisaran Rp 60.000 – 70.000 untuk setiap kilogram (bahkan pernah menembus sampai Rp 115.000 untuk satu kilogram).

Pada tahun 2020 harganya meningkat menjadi Rp 80.000 – 160.000 untuk setiap kilogram. Harga memuncak pada tahun 2021, yang dimana harganya sekitar Rp 85.000 – 166.000 untuk setiap kilogram.

Jika ingin menanamnya sendiri, teman-teman dapat membeli bibitnya dengan harga mulai dari Rp 35.000 setiap 800 gram. Sedangkan harga untuk bibit pohonnya memiliki harga sekitar Rp 25.000 dengan ketinggian 30 cm.

Apa Efek Samping Makan Buah Matoa

Selain manfaat-manfaatnya yang beragam, ternyata terdapat beberapa efek sampingnya yang perlu diperhatikan. Berikut efek samping jika mengkonsumsi matoa secara berlebihan :

  • Menyebabkan mual, pusing dan muntah
  • Kadar glukosa yang tinggi sehingga meningkatkan kadar gula di dalam tubuh
  • Rasanya yang unik dapat menyebabkan ketagihan atau kecanduan

Itulah efek sampingnya, diharapkan teman-teman dapat berhati-hati dan memberitahu kepada keluarga, teman atau siapapun yang ingin memakan buah ini tentang apa efek samping makan buah matoa jika berlebihan.

Itulah seputar buah matoa, dari buah matoa berasal dari mana, apa manfaatnya hingga berapa harga buah matoa per kg nya. Bagi teman-teman yang penasaran atau ingin manfaatnya dapat langsung mencobanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.