Buah Pisang Mengandung Vitamin Apa?

Pisang mengandung vitamin

Pisang adalah salah satu buah yang disukai dan sering dijadikan hidangan atau rasa untuk makanan penutup. Buah Pisang mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Mari kita lihat kandungan dan apa manfaat mengkonsumsi buah pisang setiap hari?

Pisang atau Musa Paradisiaca adalah buah dengan bentuk memanjang dan pada umumnya berwarna kuning. Pohon pisang sendiri berukuran besar dan daunnya memiliki bentuk yang memanjang. Buahnya tumbuh langsung dari tangkainya dan batangnya terbentuk dari lapisan pelesah yang lunak dan memanjang.

Apa Manfaat Mengkonsumsi Buah Pisang Setiap Hari?

apa manfaat mengkonsumsi buah pisang setiap hari

Sebelum masuk ke dalam manfaat, mari kita lihat kandungan di dalamnya terlebih dahulu. Berikut kandungannya pada 1 buah yang memiliki berat 118 gram dan panjang 18 sampai 20 cm :

  • Air : 88,4 gram
  • Energi : 105 kalori
  • Protein : 1,29 gram
  • Karbohidrat : 27 gram
  • Serat : 3,07 gram
  • Gula total : 14,4 gram
  • Kalsium : 5,9 miligram
  • Magnesium : 31,9 miligram
  • Fosfor : 26 miligram
  • Kalium 422 miligram
  • Vitamin C : 10,3 miligram

Buah pisang mengandung vitamin dan nutrisi tersebut, namun itu masih belum semuanya karena masih banyak lagi. Hal ini menunjukkan pisang sangat sehat untuk dikonsumsi setiap harinya.

Namun Pisang Apa Yang Banyak Mengandung Vitamin C?

pisang apa yang banyak mengandung vitamin C

Pisang memang memiliki banyak jenis, namun setiap jenisnya memiliki keunggulannya masing-masing. Pisang kepok memiliki protein yang lebih tinggi, sedangkan pisang ambon putih memiliki kadar kalium yang lebih tinggi.

Namun pisang apa yang banyak mengandung vitamin C? Jawabannya adalah pisang merah, jenis ini merupakah buah pisang mengandung Vitamin C dan Vitamin B6 yang lebih tinggin dibandingkan jenis lainnya, sehingga baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

Apa Manfaat Buah Pisang untuk Tubuh?

  1. Sumber energi

Di dalam satu buah pisang mengandung 27 grak karbohidrat. Hal ini membuat buah ini dapat menjadi sumber energi.

  1. Mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh

Kandungan antioksidan yang dimilikinya membuat pisang dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh. Hal ini membuatnya dapat mencegah kanker.

  1. Menjaga saluran pencernaan

Pisang mengandung serat dan merupakan sumber dari prebiotik. Kedua hal tersebut sangatlah baik untuk saluran pencernaan dan usus. Serta serat dapat mencegah sembelit dan kanker usus besar.

  1. Menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung serta menurunkan resiko batu ginjal

Setiap buahnya mengandung 422 miligram kalium yang dimana terhitung besar. Kalium sendiri berfungsi untuk membantu pembuluh darah mengangkut oksigen menuju otak, menurunkan tekanan darah dan menstabilkan detak jantung serta menurunkan resiko stroke.

Kalium menurut penelitian juga menurunkan resiko seseorang terkena batu ginjal, hal ini berlaku jika seseorang mendapatkan kalium yang cukup setiap harinya.

  1. Menurunkan berat badan

Karena kandungan seratnya, membuat seseorang yang mengkonsumsinya menjadi kenyang lebih lama dan menahan besar nafsu makan kita. Hal ini juga dijadikan alasan mengapa pada diet kebanyakan orang menggunakan pisang.

Apa manfaat buah pisang untuk tubuh

Jika teman-teman bosan mengkonsumsi secara langsung, maka teman-teman dapat membuatnya sebagai kue bolu, jus, smoothie, selai atau inovasi lainnya.

Itulah buah pisang mengandung vitamin apa, kandungan dan manfaatnya. Walaupun terlihat seperti buah yang biasa saja, ternyata memiliki yang manfaat yang luar biasa.

Jika keluarga, teman atau siapapun yang meremehkan pisang dan bertanya apa manfaat buah pisang untuk tubuh? Teman-teman dapat memberitahukan mereka betapa luar biasanya buah ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.