Buah Pisang Mengandung Vitamin dan Karbohidrat

Pisang Mengandung Vitamin

Buah pisang adalah buah eksotis yang tumbuh di daerah tropis yakni di Indonesia. Pisang mudah kita temuka pada segala tempat, tetapi setiap daerah memiliki jenis dan rasa yang berbeda. Pisang mengandung vitamin A,C serta karbohidrat.

Buah pisang memiliki tekstur yang halus dan lembut, cocok sebagai makanan gizi bagi balita. Kandungan gizi pada pisang dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Pisang termasuk kategori buah yang dapat kita konsumsi kapan saja dan dimana saja, tidak mengandung banyak air, kering dan praktis untuk kita makan setiap hari.

Jika kalian merasa bosan dengan memakan nasi terus menerus, pisang dapat menggantikan nasi juga, karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.

Pisang dapat kita gunakan sebagai pengganti air putih untuk menelan obat dan menjadi bahan dasar untuk program diet anda. Pisang mengandung vitamin dan karbohidrat tinggi, maka sarapan dengan buah pisang sebagai pengganti nasi diperbolehkan. Tetapi jangan terus menerus untuk mengonsumsinya, tubuh juga memerlukan nasi untuk proses pencernaan.

Pisang Vitamin Apa Ya?

Pisang Vitamin Apa Ya?

Kira-kira, pisang vitamin apa ya? Pisang memiliki beberapa kandungan vitamin seperti Vit C, A dan B6. Selain itu, pisang memiliki antioksidan yang tinggi guna untuk menjaga sel tubuh dari radikal bebas. Apa radikal bebas itu? Radikal bebas adalah sel-sel yang rusak dan lepas dari inti molekul utama. Biasanya dapat menyebabkan mempercepat penuaan dini.

Radikal bebas terdapat pada produk kimia yang sering kita gunakan setiap harinya, terpapar langsung sinar matahari atau polusi udara. Nah, buah pisang ini bermanfaat sekali untuk mencegah sel tersebut benar bukan.

Buah tersebut mengandung vitamin B6 yang berfungsi untuk menurunkan berat badan, mengobati penyakit diabetes, memperbanyak produksi sel darah puith, meringankan sakit peradangan dan penguatan sistem saraf pada tubuh.

Komoditas ini dapat kita olah berbagai macam seperti, dapat kita kukus, jus atau dapat kita makan langsung. Pisang saat kita makan langsung lebih banyak kandungan yang akan masuk ke tubuh karena tidak tercampur oleh bahan apapun, intinya lebih alami.

Pisang Apa Yang Banyak Mengandung Vitamin C?

Pisang Apa Yang Banyak Mengandung Vitamin C?

Berbagai macam jenis pisang yang ada di Indonesia, misalnya :

  • Pisang ambon

Komoditas ambon memiliki rasa yang manis, mengandung asam folat untuk ibu hamil, menjaga kesehatan pencernaan usus dan memiliki aroma khas tersendiri.

  • Pisang mas

Pisang yang satu ini memiliki bentuk yang kecil daripada jenis ambon. Pisang mas berfungsi untuk mencegah tekanan darah, mengandung mineral dan sodium yang rendah, dan mencegah terjadinya penyakit jantung serta stroke.

  • Pisang raja

Jenis ini memiliki bentuk hampir sama dengan pisang ambon, hanya bedanya tidak memiliki aroma khas. Pisang mengandung vitamin C yang tinggi, baik untuk antioksidan tubuh. Pisang raja lebih nikmat jika kita makan langsung tanpa kita olah apapun.

  • Pisang kepok

Jenis komoditas kepok memiliki tekstur keras, sedikit berkapur, dan mengandung serat yang tinggi. Jika pisang yang lain lebih nikmat jika terhidang langsung, beda dengan pisang kepok yang nikmat jika kita jadikan gorengan.

Setelah mengetahui beberapa jenis macam pisang, maka dapat saya simpulkan pisang apa yang banyak mengandung vitamin C? Jawabannya yakni pisang raja. Dari beberapa pisang, pisang raja lah yang mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi.

Apa Manfaat dari Makan Pisang?

Apa Manfaat dari Makan Pisang?

Beragam manfaat buah pisang yang terkandung padanya untuk meningkatkan kesehatan dan metabolisme tubuh, maka dari itu, apa manfaat dari makan pisang? Simak lebih detailnya.

  • Pisang sebagai sumber energi dan dapat meningkatkan stamina dalam tubuh.
  • Cocok digunakan untuk program diet.
  • Dapat digunakan sebagai pengganti nasi dan cukup untuk memenuhi porsi sarapan di pagi hari.
  • Melancarkan sistem pencernaan terutama baik untuk organ usus.
  • Menjaga sistem imun tubuh.
  • Memperlancar jaringan darah yang disalurkan ke seluruh tubuh.
  • Memenuhi kebutuhan zat besi, asupan magnesium, mangan yang diperlukan tubuh.

Itulah beberapa manfaat mengenai buah pisang, tetapi jangan terlalu banyak untuk mengonsumsinya, karena dapat mengganggu kesehatan bagian tubuh kita yang lain.

Sekian artikel mengenai buah pisang mengandung vitamin dan karbohidrat yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.