Budaya Lokal Umumnya Bersifat Apa? Yuk Kita Pahami!

Budaya Lokal Umumnya Bersifat

Budaya lokal adalah hasil kebudayaan dari daerah masing-masing yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Dengan secara alami terbentuk dari norma dan nilai lokal daerah. Budaya lokal umumnya berupa pola pikir, seni dan adat kebiasaan di daerah tersebut. Budaya lokal umumnya bersifat tradisional, Indonesia sendiripun memiliki banyak budaya kesenian, seperti tarian, adat istiadat, permainan tradisional setiap daerah dan masih banyak lagi. 

Adat ini berasal dari nenek moyang terdahulu. Oleh sebab itu sepatutnya kita harus melestarikan budayanya agar tidak hilang seiring berjalannya waktu.  

Suku Budaya Daerah yang Dipertunjukkan Dalam

Suku Budaya Daerah yang Dipertunjukkan Dalam

Suku budaya daerah yang dipertunjukkan dalam negeri sebagai bentuk simbol atau lambang dari negara Indonesia. Budaya lokal memiliki 2 jenis yakni kebudayaan lokal dari material atau benda dan non material.  

Contoh dari kebudayaan material yakni seperti pakaian daerah, senjata tradisional dan bentuk rumah adat masing-masing daerah. Sedangkan non material seperti upacara adat, cerita rakyat atau legenda rakyat, dan masih banyak lagi. 

Budaya lokal umumnya bersifat tradisional, maka banyak masyarakat Indonesia terutama daerah pedalaman seperti papua, kehidupan sehari-harinya masih menggunakan barang tradisional karena disana masih melestarikan budaya dari nenek moyang secara turun menurun. 

Budaya Lokal Apa Saja?

Budaya Lokal Apa Saja? 

Indonesia memiliki banyak suku dan budaya beragam dari nenek moyang. Sehingga membuat bangsa Indonesia akan kaya keanekaragaman budayanya seperti tarian daerah, rumah adat, pakaian adat dan senjata tradisional. Budaya lokal umumnya bersifat tradisional, maka kita akan membahas, budaya lokal apa saja? Yang ada di Indonesia.Yuk simak penjelasannya. 

  • Pakaian adat – Pakaian adat memiliki nama dan ciri khas berbeda dalam setiap daerah. Contoh dari pakaian adat Jawa Timur yakni kebaya, baju mantenan, baju pesa’an dari Madura dan masih banyak lagi. 
  • Tarian adat – Tarian adat sebagai simbol dan memiliki filosofi yang terkandung di dalamnya. Contoh tarian adat dari jawa timur yakni tarian reog ponorogo, tarian remo dari jombang, tarian gandrung dari banyuwangi, tarian jaranan banyuwangi. 
  • Senjata adatSenjata berfungsi untuk melindungi diri dari segala bahaya yang mengancam. Tetapi senjata adat tradisional guna untuk alat hiasan dan simbol dari daerah masing-masing. Contoh senjata tradisional dari jawa timur yakni clurit dari madura, caluk atau golok, senjata kudi memilliki bentuk hampir sama dengan senjata kujang. 
  • Rumah adatRumah menjadi tempat tinggal untuk manusai. Tetapi selain fungsi  sebagai tempat tinggal, ada nilai hias dan simbol daerah. Contoh rumah adat aceh : rumah krong bade, rumah adat jambi : rumah panggung, rumah adat jawa tengah : rumah joglo, rumah adat kalimantan barat : rumah panjang dan masih banyak rumah adat di Indonesia. 

Apa Saja Ciri-Ciri Budaya Lokal?

Apa Saja Ciri-Ciri Budaya Lokal?

Kita akan membahas Apa saja ciri-ciri budaya lokal? yang ada di Indonesia.  

  • Menjadi kesatuan dan persatuan yang kokoh sebagai ciri kebudayaannya – Memiliki rasa kesatuan dan persatuan inilah, yang dapat mempertahankan kebudayaan kita dari datangnya kebudayaan barat. Dengan menyatukan kekuatan, kebudayaan Indonesia akan terus dapat kita lestarikan dan turunkan pada anak cucu kita di masa mendatang. 
  • Sebagai identitas setiap daerah – Identitas sangat penting sebagai tanda pengenal, apalagi sebagai identitas daerah lebih penting agar orang dapat mengenal daerah tersebut. 

Penutup

Budaya lokal umumnya bersifat konserfatif, yang bermakna budaya lokal dapat bertahan dan tetap kokoh pada pendirian sebagai nilai dan pola pikir yang telah dianutnya. 

Fungsi budaya lokal sebagai pembentuk pola sikap karena budaya lokal termasuk kumpulan sikap dan norma daerah. Budaya lokal sebagai identitas sosial, budaya lokal sebagai pengikat  dalam hubungan sosial.  

Demikian artikel mengenai budaya lokal umumnya bersifat tradisional di Indonesia. Terima kasih. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.