Cara Mendapatkan Bantuan Pemerintah Lewat Online! Mudah dan Cepat!

Cara Mendapatkan Bantuan Pemerintah Lewat Online

Masa pandemi tahun 2020 lalu, pemerintahan memberikan bantuan berupa bansos (bantuan sosial) kepada masyarakat. Bansos dapat berupa uang atau sembako pokok, yang sifatnya tidak terus menerus melalui pemilihan secara selektif, yang bertujuan untuk mensejahterahkan masyarakat, terutama pada masa maraknya wabah covid 19. Tidak hanya melalui secara langsung diberikan, bisa juga melewati online. Tetapi kebanyakan orang masih kesulitan mengenai cara mendapatkan bantuan pemerintah lewat online, oleh sebab itu, simak penjelasan dibawah ini.

Bagaimana Cara Mendapatkan Bansos Secara Online

Bagaimana Cara Mendapatkan Bansos Secara Online

Bansos telah tertujukan dan terberikan kepada masyarakat yang kurang mampu terhadap resiko sosial saat ini. Biasanya berupa uang, barang atau jasa. Bagaimana cara mendapatkan bansos secara online? Masyarakat harus terdaftar lebih dahulu ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos, setelah terdaftar, masyarakat akan mendapatkan bansos secara online. 

Cara mendapatkan bantuan pemerintah lewat online ini, lebih memudahkan para masyarakat untuk mendaftarkan diri dan ikut tertera dalam list pemberian bansos pertahun. 

Daftar Bansos Online

Daftar Bansos Online

Daftar bansos online bisa melalui BPNT 2022 dengan menggunakan aplikasi Cek Bansos. Terlebih dahulu download aplikasi cek bansos di Play Store. Berikut cara mendapatkan bantuan pemerintah lewat online ;

  1. Download aplikasi dahulu, kemudian buka aplikasi cek bansos lakukanlah registrasi pembaruan akun dengan klik “Buat Akun Baru”.
  2. Setelah itu, isi data diri dari kartu KK dan KTP masukkan ke kolom yang telah sudah tersedia.
  3. Siapkan lampiran dua jenis foto yakni foto KTP dan swafoto dengan KTP lalu tambahkan ke dalam lampiran yang tersedia.
  4. Jika semua sudah selesai, mulai dari pengisian data diri sampai dengan pengiriman dua buah lampiran foto, cek kembali apakah sudah benar atau belum. Kemudian klik “Buat Akun Baru”.
  5. Setelah registrasi sudah lengkap, selanjutnya pilih menu “Daftar  Usulan”.
  6. Kemudian, tekan menu “Tambah Usulan” dan isilah data yang telah BPNT minta.

 

Pendaftaran telah selesai, maka selanjutnya anda dapat mengecek apakah tahun ini mendapatkan bansos atau tidak. Jika tidak terdaftar dalam list bansos, kemungkinan waktu berikutnya anda akan mendapatkannya.

 

Cek Bansos

Cek Bansos

Untuk pengecekan mendapatkan bansos atau tidak, dapat melalui situs resmi cekbansos.kemensos.go.id. Dengan cek bansos, dapat memasukan nama lengkap dan alamat wilayah sesuai domisili dari KTP. Berikut cara pengecekan bansos online :

  1. Untuk pertama, yang harus kita lakukan yakni kunjungi website cekbansos.kemensos.go.id
  2. Selanjutnya, masukkan alamat kelurahan atau desa, kecamatan, kabupaten atau kota dan provinsi.
  3. Masukkan nama penerima manfaat sesuai yang tertera di KTP.
  4. Kemudian, ketik 8 kode huruf dan angka, yang ada didalam kotak kode.

Jika huruf yang ada dalam kotak kode kurang jelas, maka bisa klik “Refresh” untuk mendapatkan kode huruf dan angka baru.

  1.   Langkah terakhir, klik menu “Cari Data”. Disitulah anda dapat mengetahui akan mendapatkan bansos atau tidak.

Bansos layak untuk masyarakat yang kurang mampu seperti halnya pedagang kaki lima, nelayan,pemilik warung, ibu rumah tangga, pengangguran, tukang becak, kuli bangunan dan sebagainya, tetapi sekarang banyak orang mampu yang juga ingin mendapatkan bansos. 

Bantuan bansos memang cukup lumayan untuk menunjang kehidupan masyarakat, oleh karena itu warga berbondong-bondong untuk mendaftarkan diri.

Cara mendapatkan bantuan pemerintah lewat online

Cara mendapatkan bantuan pemerintah lewat online lebih praktis dan simple dijangkau, hanya bermodalkan hp dan kuota data saja, jika terdaftar mendapatkan bansos, maka bersyukurlah kita pada saat itu. Apapun yang kita dapat harus bersyukur kepada Tuhan YME.

 

Demikian artikel mengenai cara mendapatkan bantuan pemerintah lewat online, hanya sedikit yang bisa saya sampaikan saat ini. besar harapan semoga bermanfaat dan selamat mencoba! 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.