Cara Mengecek Tagihan Air, Tidak Perlu Repot! Silahkan Simak!

Cara mengecek tagihan air

Air adalah unsur terpenting dalam kehidupan sehari-hari manusia. Jika tidak ada air, maka kita sebagai makhluk hidup yang hampir 70% membutuhkan air, tidak akan bertahan hidup lebih lama. Guna fungsi air selain sebagai air minum, juga sebagai aktifitas rumah tangga contoh mencuci baju, mengepel, memasak,dan sebagainya. 

cara mengecek tagihan air

Indonesia mempunyai perusahaan untuk mengatur jalannya air, penyediaan air bersih untuk para masyarakat, perusahaan tersebut kita kenal dengan PDAM. 

PDAM singkatan dari Perusahaan Daerah Air Minum, salah satu perusahaan milik pemerintah yakni BUMD atau Badan Usaha Milik Daerah. Perusahaan ini berdiri mulai tahun 1920, semasa Indonesia belum merdeka dan dikuasai pertama kali oleh Belanda dengan nama Waterleiding

PDAM memiliki jasa pelayanan kepada masyarakat, bisa melalui langsung ke cabang kantor maupun tidak langsung (Online). Disini akan membahas cara mengecek tagihan air. Berikut penjelasannya.

Bagaimana mengecek pembayaran PDAM

Bagaimana mengecek pembayaran PDAM

Pertanyaan ini mungkin tidak asing lagi pada telinga kita, biasanya si penanya baru saja menggunakan PDAM yang sebelumnya menggunakan sumur  atau baru pertama kali membayar PDAM. Nah, Bagaimana mengecek pembayaran PDAM?

Mengecek pembayaran PDAM dapat mudah dicek dari hp melalui aplikasi seperti shopee, m-Banking, Tokopedia, Buka lapak dan yang lainnya. Saat ini saya akan memberitahu cara cek pembayaran PDAM di Bukalapak :

  1. Untuk yang pertama, download dulu aplikasi bukalapak di play store. Setelah terpasang di ponsel, kemudian kalian buka.
  2. Di beranda aplikasi bukalapak, pilihlah menu “e-Voucher dan Tiket”.
  3. Kemudian, anda pilih opsi pembayaran PDAM air.
  4. Disitu anda akan dimintai nomor pelanggan PDAM, dimohon untuk pengecekan ulang agar tidak salah dalam pembayaran.
  5. Setelah memsukkan nomor pelanggan, informasi mengenai pembayaran air akan muncul pada layar hp anda. Dan itulah cara mengecek tagihan air melewati media online.

Dimana letak nomor pelanggan PDAM 

Bagaimana mengecek pembayaran PDAM

Dimana letak nomor pelanggan PDAM ? letak nomor pelanggann PDAM ada pada posisi tutup meteran atau bagian meteran yang terlindung kaca. 

Jika kamu masih tidak mengetahui letak id pada meteran, maka ada cara lain melalui situs resmi. Selain mengecek id pelanggan, bisa juga mngetahui cara mengecek tagihan air di situs resmi website PDAM. Tetapi setiap daerah memiliki situs sendiri-sendiri, tidak seperti listrik yang hanya mempunyai satu situs resmi dari PT. PLN.

Cek Tagihan PDAM Bulan Sebelumnya

Bagaimana mengecek pembayaran PDAM

 

Jika kita ingin mengetahui lagi atau lupa dengan tagihan PDAM bulan sebelumnya, maka simak cara cek tagihan PDAM bulan sebelumnya, berikut tipsnya :

  1. Tidak pelu mendatangi kantor PDAM, hanya dengan melalui online, kita bisa mengetahui cara mengecek tagihan air sekaligus tagihan air bulan sebelumnhya.
  2. Langkah pertama dengan memasuki website Hotelmurah.com dengan link https://www//hotelmurah..com/tagihan/cek-tagihan-pdam. Tenang saja, website ini aman, walaupun bukan dari situs resmi PDAM.
  3. Kemudian masukkan nama kota tempat tinggalmu sekarang pada kolom yang telah tersedia.
  4. Pada bawahnya, anda akan mengisi nomor pelanggan PDAM, kemudian masukkan idnya.
  5. Setelah memasukkan nama kota dan nomor id PDAM, pilihlah opsi cek tagihan.
  6. Kemudian akan muncul tagihan air dari bulan sebelumnya.

Itulah cara cek tagihan PDAM pada bulan sebelumnya, biasanya hal itu kita lakukan untuk mengira-ngira lebih banyak mana, penggunaan air bulan ini dengan bulan yang lalu, benarkan?

 

Demikian sekilas info dari artikel, cara mengecek tagihan air yang bisa saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.