Cara Perkecil Ukuran JPG Paling Mudah!

Perkecil Ukuran JPG

Format berkas gambar adalah cara terstandarisasi untuk mengatur dan menyimpan gambar digital.  Tentunya kita sering mengirimkan, menyimpan, atau meng-edit gambar secara digital lewat smartphone ataupun komputer kita. Umumnya, gambar-gambar digital ini memiliki format yang berbeda-beda. Format yang paling umum kita jumpai adalah format PNG, JPEG, dan GIF. Selain itu, kita juga kenal dengan format gambar JPG. Gambar-gambar JPG ini terkadang perlu kita perkecil. Dalam artikel ini, akan kita bahas cara perkecil ukuran JPG. Kita akan membahas bagaimana memperkecil ukuran file JPEG? Apa itu format file JPEG? Kita juga akan membahas tentang perbedaan JPG dan JPEG.

Apa itu Format File JPEG?

Apa itu Format File JPEG?

JPEG adalah ekstensi file gambar yang pertama kali muncul. Kepanjangannya adalah Joint Photographic Experts Group, dan format berkas ini kita temukan pada tahun 1992 sebagai standar ISO. JPEG merupakan skema kompresi file bitmap.

Awalnya, file yang menyimpan hasil foto digital memiliki ukuran yang besar, sehingga akan memakan memori yang banyak. Dengan format ini, hasil foto yang besar tersebut dapat kita kompres sehingga ukurannya lebih kecil. 

Bagaimana Memperkecil Ukuran File JPEG?

Bagaimana Memperkecil Ukuran File JPEG?

Untuk kecil ukuran JPEG, ada beberapa metode yang efektif. Salah satunya adalah mengkompres file JPEG tersebut. Compress adalah istilah yang mengartikan untuk mengecilkan ukuran sebuah gambar melalui beberapa proses. Tujuan dari perkecil ukuran JPG ini adalah untuk memudahkan seseorang dalam mengunggah gambar di website agar tidak terjadi kegagalan.

Selain itu, perkecil ukuran JPG juga bertujuan untuk menghindari loading yang terlalu lama saat mengunggah attachment pada email dan menghemat memori penyimpanan. Cara untuk perkecil ukuran JPG ini dapat melalui tiga cara, yaitu offline dengan komputer, website, dan aplikasi android.

Umumnya, jika kita mengecilkan ukuran gambar melalui website, kita juga dapat menggabungkan, memotong, dan mengubah file gambar yang kita punya menjadi format lain. Apabila ingin secara offline, langkahnya lebih sedikit dan dapat menghemat kuota internet.

Beberapa aplikasi dan website yang dapat kita gunakan untuk mengecilkan ukuran gambar adalah melalui Adobe Photoshop, MS Paint, Tinyjpg, Compressjpg, aplikasi Resize MyPic, dan masih banyak lagi.

Untuk menggunakan Adobe Photoshop, kita harus menginstall aplikasinya terlebih dahulu, dan aplikasi ini berbayar atau harus kita beli. Oleh karena itu, orang-orang biasanya tidak menggunakan cara ini. Untuk mengecilkan ukuran gambar secara gratis, kita dapat menggunakan website-website yang ada. Cara ini adalah cara yang paling umum dan mudah kita gunakan.

Format JPEG dan JPG Apakah Sama?

Format JPEG dan JPG Apakah Sama?

Untuk orang-orang yang tidak mengenal dengan format gambar, pasti akan menganggap JPEG dan JPG adalah format yang sama. Lalu, format JPEG dan JPG apakah sama? Untuk mengerti perbedaannya, mari kita simak asal usul JPEG.

Seperti yang telah kita jelaskan sebelumnya, JPEG adalah ekstensi file gambar yang pertama kali muncul. Kepanjangannya adalah Joint Photographic Experts Group, dan format berkas ini ditemukan pada tahun 1992 sebagai standar ISO. Pada saat itu, format file gambar umumnya menggunakan JPEG dan kamera-kamera pada saat itu memiliki format JPG untuk setiap hasil potretnya.

Jadi, JPEG merupakan format gambar yang umum kita gunakan, terlebih lagi dengan kualitas foto dan campuran warna yang bagus. Kekurangan dari JPEG adalah hasil yang kurang bagus untuk gambar-gambar dengan warna yang tajam. Warna yang terlihat pada gambar menjadi sedikit kabur, dan hal ini disebabkan oleh metode kompresi yang disebut lossy compression (teknik mengecilkan ukuran file, sekaligus juga menurunkan kualitas file tersebut).

Saat JPEG pertama kali muncul, ada dua sistem operasi komputer yang paling umum, yaitu Windows dan Macintosh. Saat itu, hanya sistem operasi Macintosh yang dapat membaca gambar dengan format JPEG.

Hal ini karena saat itu, Windows hanya dapat membuka file dengan ekstensi tiga huruf saja. Contoh file format 3 huruf lainnya adalah pdf. Biasanya orang orang juga mencari cara untuk memperkecil pdf. Oleh karena itu, JPEG diubah menjadi JPG, dan tetap berlanjut sampai sekarang. Jadi, perbedaan JPG dan JPEG hanyalah dalam jumlah huruf ekstensi format file saja. Dari segi kualitas, kedua format gambar ini tidak ada bedanya. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.