Contoh Bentuk Daun Pepaya, Unik Bangetkan?

Bentuk Daun Pepaya

Mungkin kalian sudah tahu mengenai bentuk daun pepaya.  Ya secara kasat mata mirip dengan tumbuhan singkong. Tapi mereka dua tanaman yang berbeda.

Bentuk daun pepaya memiliki tekstur yang lebih kasar dan tebal. Dan bentuk daun pepaya memiliki ciri-ciri menjari panjang, tangkainya juga berongga seperti pipa.

Maksud dari bentuk daun pepaya menjari yaitu mirip dengan telapak tangan manusia, jika di lipat kedua sisinya akan sama rata. Apa kalian bisa membedakan dengan tumbuhan singkong? Selain lebih tebal dan kasar. Bentuk daun pepaya jika di petik akan mengeluarkan getah.

Apa Warna dan Bentuk Daun Pepaya?

Apa Warna dan Bentuk Daun Pepaya?

Kalian pasti tahu, Apa warna dan bentuk daun pepaya? Yaa, memiliki warna hijau. Kenapa  ber hijau ? Karena menghasilkan klorofil atau zat hijau daun yang di hasilkan dari fotosintesis. Tulang daunnya panjang, lebih tebal, bertekstur kasar dan. Jangan salah walaupun seperti itu banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Kaya akan serat serta vitamin D yang baik untuk tulang.

Mungkin bisa dikatakan tumbuhan ini adalah sayuran yang baik untuk kesehatan. Adakah yang sudah mencoba sayuran ini? Ya ada banyak olahan dari sayuran ini. Akan tetapi pastikan mengolahnya dengan benar agar rasa pahit dari tumbuhan ini dapat hilang. Gunakan garam saat merebusnya, setelah air mendidih masukan sayuran ini setelah kalian cuci.

Mengapa sayuran ini bisa terasa pahit saat diolah? Karena sayuran ini kaya akan nutrisi papain, tapi jangan salah nutrisi ini sangat baik untuk tubuh sebagai penambah nafsu makan yang alami.  Jika kalian mengolahnya gunakan baking soda supaya membuatnya cepat empuk.

Bagaimana Bentuk Batang Pepaya?

Bagaimana Bentuk Batang Pepaya?

Bukan hanya bentuk daun singkong yang unik, tapi batangnya juga berbeda. Bagaimana bentuk batang pepaya? Secara kasat mata wujudnya panjang lurus dan kaku. Memiliki rongga di dalamnya seperti pipa, kenapa bisa di katakan kaku? Karena jika di sentuh menyerupai pipa kecil. Selain daunnya batang pepaya juga bisa di olah sebagai makanan. Tapi perlu di ingat jika saat masih berumur muda, biasanya hanya bagian atas tumbuhan yang makan. Tentu rasanya juga pahit tapi jika diolah dengan benar kadar pahit itu akan hilang.

Kenapa batangnya berongga? Karena bertujuan untuk menampung sumber makanan, serta sebagai jalannya air agar masuk ke seluruh tumbuhan agar diserap. Tanaman pepaya juga tidak bercabang, tumbuh lurus tinggi, sekitar 6-8 m. Bunganya juga bisa di konsumsi, bahkan buahnya yang masih muda bisa di jadikan bahan masakan.

Apa Klasifikasi Daun Pepaya?

Apa Klasifikasi Daun Pepaya?

Mungkin kalian belum mengerti tentang, Apa klasifikasi daun pepaya?

  1. Kingdom: plantae(tumbuhan)

Yang memiliki arti semua yang menghasilkan klorofil termasuk dalam ini

  1. Divisi: Spermatopyta(tumbuhan berbiji)

Masuk dalam kelompok  kormophyta yaitu memiliki batang, akar dan daun serta perkembang biakannya  dengan biji

  1. Sub-divisi: Angiosperma (bijinya tertutup) Tumbuhan berbiji tertutup menghasilkan biji di dalam bakal buah. Memiliki akar tunggang, cabangnya memiliki ruas . Berkembang biak berupa bunga. Helai dauni memiliki tulang .
  2. Kelas: Dicotyledonae( bijinya berkeping dua )

Ciri khususnya ialah wujud daun yang mirip lembaga,  dan lebar.

  1. Ordo: caricales
  2. Famili: caricaceae

Bagian apa saja yang dapat diolah :

  • Buahnya, banyak orang menyukainya dikarenakan rasanya manis dan gampang untuk dicerna. Selain buahnya yang matang, buah mentah pun dapat konsumsi sebagai masakan.
  • Daun dan batangnya, bagian ini biasanya digunakan untuk campuran olahan, tumis atau gulai.
  • Bunganya, siapa sangka bagian ini juga dapat di konsumsi, bentuknya yang kecil berwarna putih tersimpan kaya akan nutrisi di dalamnya.

Sekian artikel ini, terima kasih dan sampai jumpa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.