Contoh Makanan yang Diawetkan Dengan Cara Jangka Pendek Adalah

Contoh makanan yang diawetkan dengan cara jangka pendek adalah

Pastinya kalian pernah kan mengalami kejadian di mana makanan kalian membusuk, pasti rasannya kesel kan? Tenang kawan kawan kali saya akan membantu kalian semua tentang cara pengawetan makanan. Carannya mudah dan simpel lho teman teman. Sebelum kita ke contoh makanan yang diawetkan dengan cara jangka pendek adalah apa saja, kita harus tahu terlebih dahulu tentang pengawetan jangka pendek.

Pengawetan Jangka Pendek Adalah

Pengawetan Jangka Pendek Adalah

Jenis pengawetan jangka pendek memang terdengar membingungkan tetapi jangalah bingung teman teman, karena nyatannya tidaklah serumit itu. Pengawetan Jangka Pendek Adalah salah satu metode yang kita gunakan untuk menjaga makanan tetap awet dan tahan lama, agar makanan kita dapat bertahan mingguan bahkan juga bulanan atau bahkan ada juga yang sampai tahunan.

Apa Yang Dimaksud Pengawetan Jangka Pendek?

Apa Yang Dimaksud Pengawetan Jangka Pendek?

Seperti penjelasan di atas tadi pengawetan jangka pendek adalah metode pengawetan makanan agar makanan makanan kita dapat bertahan lebih lama, agar kalian tidak bingung aku akan memberi contoh metode metode pengawetan makanan jangka pendek

Aku akan memberi kalian contoh metode pengawetan jangka pendek dan juga Contoh makanan yang diawetkan dengan cara jangka pendek adalah sebagai berikut:

1.) Penggulaan

Penggulaan kita lakukan dengan cara menggunakan gula. Kita menggunakan gula karena Bakteri tidak dapat berkembang biak pada larutan gula, konsentrasi  gula 65 %. Pemakaian gula, kurang lebih 1,5 kali banyaknya buah yang kita awetkan. Biasannya kita gunakan untuk mengawetkan manisan, jelly, selai.

2.) Pengasapan
pegasapan ini digunakan untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang tidak diinginkan dalam bahan makanan yang memiliki kadar air yang normal atau biasa saja. Suhu yang digunakan kurang lebih 60 derajat celcius. Bahan bakar yang kita gunakan itu bisa dengan kayu keras yang tidak mengeluarkan bau. Biasannya kita gunakan untuk mengawetkan biji jagung,ikan asap, daging asap, sale pisang.

3.) Pengeringan
Pengeringan ini kita lakukan dengan cara menggunakan sinar matahari dengan suhu 35 – 45 derajat. Pengawetan ini berguna untuk mengurangi kadar air pada bahan makanan dan menghambat pertumbuhan mikro organisme sehingga bias lebih awet dan tahan lama.
biasannya kita gunakan untuk pengawetan gaplek, kerupuk, ikan asin.

Jadi itulah teman teman beberapa metode pengawetan makanan jangka pendek dan kalau ada yang bertannya ke kalian Apa yang dimaksud pengawetan jangka pendek? kalian tidak perlu bingung lagi guys.

Teknik Pengawetan Pada Dendeng Adalah

Teknik Pengawetan Pada Dendeng Adalah

Nah, setelah kalian tahu beberapa metode metode pengasinan kalian akan aku beri tahu Contoh makanan yang diawetkan dengan cara jangka pendek adalah dendeng.

Pengawetan dendeng tidaklah sulit kawan kawan jadi kalian tidak perlu bingung carannya simpel kok. Pengawetan dendeng ini menggunakan metode pengawetan pengeringan, dan carannya sangat mudah dan simple berikut caranya :

  1. Rebus daging terlebih dahulu selama 3-5 menit untuk membunuh semua bakteri yang tidak kita inginkan atau yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.
  2. Setelah itu keringkan daging terlebih dahulu.
  3. Lalu keringkan dendeng di dalam oven dengan suhu yang rendah selama 8 jam, atau jika kalian tidak memiliki oven, kalian juga bisa menjemurnya di sinar matahari selama 8 jam.

teknik pengawetan pada dendeng adalah salah satu pengawetan yang mudah untuk kita lakukan. setelah proses pengawetan dendeng selesai, jangan lupa kalian juga harus memperhatikan tempat penyimpana dendeng juga, kalian dapat menyimpan dendeng di dalam kulkas selama 2 minggu. Jika kalian ingin dendeng kalian lebih tahan lama, kalian bisa menaruh dendeng di tempat kedap udara seperti kantong plastic klip.

Penutup

Jadi kalian sudah tau contoh makanan yang diawetkan dengan cara jangka pendek adalah apa kan? Simpel kan carannya? Ya itulah informasi tentang pengawetan makanan jangka pendek. Semoga artikel saya bermanfaat dan dapat membantu kawan kawan sekalian. Sekian terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.