Contoh Media Cetak yang Digunakan Untuk Menyampaikan Sebuah Iklan

Contoh Media Cetak yang Digunakan Untuk Menyampaikan Sebuah Iklan

Siapa yang pernah membuat iklan menggunakan media cetak? media cetak untuk mempromosikan sebuah produk adalah cara yang sudah sangat lazim banyak orang sejak dulu lakukan. Kali ini Mimin akan membahas apa saja contoh media cetak yang digunakan untuk menyampaikan sebuah iklan yang pastinya penting. Pengen tahu juga iklan ini biasanya kita terbitkan di mana? Baca di mana saja iklan cetak kita terbitkan!

Sebelumnya, iklan sendiri merupakan kegiatan upaya mempromosikan suatu barang atau jasa kepada seseorang atau sekelompok orang untuk mau membeli suatu produk atau menggunakan suatu jasa dengan memanfaatkan media yang ada. Pada kesempatan kali ini, Mimin akan membahas media cetak yang bisa digunakan untuk melakukan suatu pengiklanan dengan baik dan benar

Apa Saja Jenis Jenis Media Cetak?

Apa Saja Jenis Jenis Media Cetak?

Media cetak merupakan media yang sifatnya statis dan mengutamakan pesan visual kepada pembacanya. Dalam media ini memuat sejumlah kata, gambar atau foto. Ada banyak sekali contoh media cetak yang diunakan untuk menyampaikan sebuah iklan dan media ini terdiri dari beberapa jenis loh! Lalu, ada apa saja jenis jenis media cetak? Berikut Mimin berikan penjelasannya:

  1. Surat Kabar Harian, media cetak ini biasanya terbit setiap hari kecuali pada hari-hari tertentu seperti hari raya ataupun libur nasional. Biasanya surat ini berisikan berita-berita harian dan iklan-iklan produk.
  2. Surat Kabar Mingguan, surat kabar ini biasanya juga bernama dengan tabloid. Terbit setiap minggu dan berisikan berita-berita tentang liputan yang mendalam dan juga berisikan beberapa iklan.
  3. Majalah, biasanya iklan-iklan banyak terbit melalui majalah ini, karena majalah sudah memiliki tinta yang berwarna, jadi bisa membuat para pembacanya lebih tertarik.
  4. Brosur, banyak kita gunakan sebagai media periklanan karena bentuknya yang simple, yaitu hanya selembar kertas yang memuat iklan dengan warna.

Manakah Yang Termasuk Iklan Media Cetak?

Manakah Yang Termasuk Iklan Media Cetak?

Sejatinya iklan bisa menggunakan berbagai macam media, seperti media cetak, iklan radio, iklan televisi, iklan internet, iklan bioskop dan iklan luar ruang seperti ultravision dan billboard. Lalu, manakah yang termasuk iklan media cetak?

Di luaran sana banyak contoh media cetak yang digunakan untuk menyampaikan sebuah iklan, dan tentu saja iklan yang termasuk media cetak harus memiliki ciri-ciri dari media cetak itu sendiri, berikut adalah ciri-ciri dari iklan media cetak:

  1. Hanya bisa kita tangkap oleh indera pengelihatan saja
  2. Dapat berbentuk tulisan saja, atau bahkan bisa juga kita tambahkan dengan gambar
  3. Tulisannya bahasa yang persuasif dan juga sugestif
  4. Kalimat iklan dapat kita buat panjang dan rinci
  5. Sebarannya melalui media cetak
  6. Pemasangannya terbatasi oleh kolom dan baris

3 Contoh Media Cetak Untuk Pengiklanan

3 Contoh Media Cetak Untuk Pengiklanan

Setelah kita mengetahui jenis-jenis dan juga ciri-ciri dari iklan media cetak itu sendiri, kini saatnya Mimin akan memberi kalian 3 contoh media cetak untuk pengiklanan, sebagai berikut:

  1. Koran, banyak sekali iklan-iklan yang dapat kita temukan pada koran atau surat kabar ini. Biasanya kita dapat menemukan iklan baris dan juga iklan kolom pada koran yang biasanya lebih menjual kepada suatu produk.
  2. Brosur, biasanya kita lebih suka melihat iklan yang ada di brosur, Karena biasanya brosur itu hanya selembar kertas yang mudah kita bawa kemana-kemana dan juag berwarna. Sehingga kita lebih tertarik membaca iklan-iklan yang ada di brosur ini.
  3. Spanduk, media cetak ini memiliki ukuran yang sangat besar dan biasanya kita gantung di pinggir-pingir jalan. Sehingga memungkinkan bagi siapa saja untuk melihat iklan yang ada di spanduk kamu tersebut, namun mohon kita ingat pemakaian iklan spanduk itu ada aturannya loh. 

Sebenarnya masih banyak lagi contoh media cetak yang digunakan untuk menyampaikan sebuah iklan seperti majalah, banner, flyer dan lain-lain.

Penutup

Demikianlah penjelasan mimin mengenai contoh media cetak yang kita gunakan untuk menyampaikan sebuah iklan. Semoga artikel ini dapat membantu kalian semua yang ingin menngunakan media cetak untuk mengiklankan produk maupun jasa yang kalian jual.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.