Contoh Teknik Pengumpulan Data yang Perlu Diketahui

contoh teknik pengumpulan data

Kegiatan yang harus kalian lakukan dalam sebuah penelitian adalah mengumpulkan data. Dalam proses mengumpulkan data, kita akan mendapatkan data yang kemudian dapat kita olah dan proses supaya menjadi sebuah informasi yang valid dan berguna untuk mendukung hasil penelitian. Oleh sebab itu, seorang peneliti perlu belajar tentang apa itu pengumpulan data, bagaimana teknik dan metodenya? Dalam artikel ini akan gw jelaskan tentang apa itu teknik pengumpulan data dan bagaimana contoh teknik pengumpulan data?

Apa itu Teknik Pengumpulan Data dan Contohnya?

Apa itu Teknik Pengumpulan Data dan Contohnya?

Dalam pengumpulan data juga terdapat tekniknya. Teknik pengumpulan data ini perlu kita lakukan agar penelitian menjadi terkendali dan terarah. Jadi, apa itu teknik pengumpulan data dan contohnya?

Teknik pengumpulan data adalah metode atau langkah yang wajib kalian gunakan untuk mengumpulkan data yang akan kalian teliti nantinya. Dengan demikian, sangat kalian perlukan langkah yang strategis dan sistematis dalam teknik pengumpulan data, supaya data yang kalian dapat merupakan data valid dan data yang sesuai dengan keinginan. Contoh teknik pengumpulan data adalah sebagai berikut :

  1. Hasil Observasi atau catatan lapangan

Hasil catatan bisa menjadi contoh teknik pengumpulan data. Saat melakukan penelitian maka kita akan mendapatkan sebuah catatan yang berupa hasil observasi. Catatan ini dapat kita dapatkan melalui wawancara, kuesioner, atau bahkan studi literatur.

  1. Lembaran Hasil Angket

Data kita terima dalam bentuk jawaban responden yang terdapat dalam lembaran angket (questioner), jawaban inilah yang disebut dengan data penelitian.

  1. Rekaman hasil wawancara

Menggunakan rekaman dalam wawancara juga sangat penting karena manusia memiliki memori yang terbatas untuk mengingat semua informasi yang kita dapat dari narasumber. Jika ada kesalahan data, maka hasil rekaman wawancara ini sangatlah berperan penting.

Apa Saja Teknik Pengumpulan Data Aalam Penelitian Kualitatif?

Apa Saja Teknik Pengumpulan Data Aalam Penelitian Kualitatif?

Dalam mengumpulkan data untuk sebuah penelitian kita bedakan menjadi 2 jenis, yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Tentu saja, keduanya memiliki metode yang berbeda dalam mengumpulkan sebuah data. Lantas, apa saja teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif? Penelitian kualitatif kita lakukan untuk menganalisis peristiwa, fenomena, dinamika sosial, sikap kepercayaan, dan persepsi seseorang atau kelompok terhadap sesuatu. Teknik pengumpulan data kualitatif terbagi menjadi 5, yaitu :

  • Interview (Wawancara)

Interview atau wawancara merupakan suatu kejadian atau suatu proses interaksi antara pewawancara  dan sumber informasi atau orang yang di wawancarai melalui komunikasi langsung (Yusuf, 2014).

  • Observasi

Ini merupakan bagian dari teknik pengumpulan data. Pengumpulan data ini dilakukan langsung di lapangan (Semiawan, 2010)

  • Metode Dokumentasi

Metode dokumentasi berguna untuk mengumpulkan dan menelusuri data historis. Dokumen tentang orang atau sekelompok orang, peristiwa, atau kejadian dalam situasi sosial yang sangat berguna dalam penelitian kualitatif (Yusuf, 2014).

  • Angket (Questioner)

Angket fungsinya sama seperti wawancara, namun berbeda dalam implementasinya. Angket merupakan teknik pengumpulan data secara tidak langsung dengan memberikan sejumlah pertanyaan yang harus responden jawab.

  • Forum Group Discussion (FGD)

FGD kita gunakan sebagai diskusi terfokus pada suatu grup dalam membahas masalah tertentu. Diskusi ini kalian lakukan dalam suasana informal dan santai.

Metode Pengumpulan Data Ada Berapa?

Metode Pengumpulan Data Ada Berapa?

Saat melakukan pengumpulan data, kita harus mengetahui metode pengumpulan data. Lalu, metode pengumpulan data ada berapa? Ada 4 metode pengumpulan data yang perlu kita ketahui, yaitu :

  • Angket

Biasanya disebut kuesioner, merupakan teknik pengumpulan data dengan cara memberikan beberapa pertanyaan kepada responden untuk dijawab.

  • Wawancara

Biasanya disebut dengan interview, merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mengajukan pertanyaan langsung kepada narasumber atau responden.

  • Observasi

Observasi merupakan teknik pengumpulan data dengan cara mengamati secara langsung objek yang ingin diteliti dan dapat juga melalui percobaan (eksperimen).

  • Dokumentasi

Dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang paling mudah karena jika ada kekeliruan sumber datanya tetap. Objek yang diamati pada metode ini adalah benda mati yaitu berupa dokumen-dokumen.

Itulah penjelasan dan contoh teknik pengumpulan data yang perlu kita ketahui saat melakukan sebuah penelitian. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.