Ekstemporan Adalah? Buat Kamu yang Ingin Mahir Berpidato

Ekstemporan adalah

Ekstemporan adalah teknik berpidato di mana satu atau lebih penjelasan biasanya proses penyampaiannya menggunakan catatan kecil. Isi dari catatan tersebut ialah inti dari isi materi yang akan disampaikan pada saat berpidato.

Cara ini sederhana, terutama bagi mereka yang memiliki pengalaman berpidato. Karena hal ini dapat membantu proses berjalannya penyampaian pidato dengan singkat namun tetap sesuai dengan isi pidato tersebut.

Apa Kelebihan Dari Pidato Ekstemporan?

Apa Kelebihan Dari Pidato Ekstemporan?

Berikut beberapa kelebihan dari pidato ekstemporan beserta kekurangannya, antara lain adalah :

  • Dapat mengungkapkan perasaan tentang isi pidato dengan baik.
  • Dapat menciptakan interaksi dinamis antara pembicara dan audiens.
  • Materi dapat disampaikan secara sistematis dan lengkap.
  • Membuat pembicara terlihat keren karena dapat menyampaikan pidato dengan lancar tanpa menggunakan teks pidato.
  • Secara efektif dapat mengontrol suasana saat menyampaikan pidato, agar tidak kelihatan gugup

Sedangkan beberapa kekurangan dari metode pidato ekstemporan adalah:

  • Pembicara harus mengikuti garis besar yang telah dirancang. Jika kita tidak mengikuti garis besar, pidato tersebut kemungkinan akan tersesat dan bahkan kita bisa melupakan topik pidato.
  • Hanya berlaku untuk orang yang sangat percaya diri dan berani tampil di depan pendengar.
  • Untuk dapat berbicara dengan improvisasi dan lancar, kita harus sering berlatih secara intensif.

Metode Ekstemporan Adalah

Metode ekstemporan adalah metode penyampaian pidato tanpa menggunakan teks lengkap. Ekstemporan adalah metode yang biaasanya digunakan dengan membawa catatan kecil yang berisi poin-poin penting isi pidato, pembicara menggunakan wawasan pembicara untuk mengembangkan poin-poin perhatian mereka sendiri (garis besar). Tentunya apa yang disampaikan tidak ada kaitannya dengan topik yang sedang dibahas atau yang sedang  disampaikan kepada khalayak.

Semuanya dilakukan secara spontan kecuali yang disebutkan di atas. Salah satu hal yang harus orang pidato ekstemporan perhatikan, yaitu penampilan.

Metode Ekstemporan Adalah   

Contoh Pidato Ekstemporan

Ekstemporan adalah trik dimana pembawa pidato biasanya mencatat hal-hal penting yang ada di isi teks pidato. Biasanya disampaikan secara singkat, akan tetapi sesuai dengan isi pada pidato yang sebenarnya. Berikut adalah contoh pidato ekstemporan :

Pidato singkat tema Kebersihan Lingkungan

Assalamu’alaikum Wr.WB.

Pada kesempatan yang baik ini marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita, sehingga kita dapat berkumpul bersama dalam keadaan sehat hari ini.

Hadirin yang saya hormati,

Kali ini saya akan menyampaikan pidato yang menjelaskan tentang menjaga kebersihan. Allah SWT menyukai orang-orang yang bersih dan suka membersihkan segala sesuatu yang kotor dari mereka. Jadi mari kita mulai menjaga kebersihan dan menciptakan keselamatan dan kebaikan untuk diri kita sendiri dan orang lain.

Hadirin sekalian,

Jika kita menjaga kebersihan dan kemudian ditiru oleh anak-anak kita dan orang-orang di sekitar kita, maka kita akan mendapat manfaat juga. Jadi mari kita ajari anak-anak kita pentingnya menjaga kebersihan sedini mungkin agar mereka sehat, pintar, suka berbuat baik, dan suka menjaga lingkungan yang bersihdi kemudian hari.

Dengan mengajarkan anak-anak untuk tetap bersih, semoga mereka bisa mandiri dan terbiasa menghadapi hal-hal yang sulit, karena kita tahu masih banyak orang di luar sana yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungan dan membuatnya kotor.

Hadirin yang berbahagia,

Demikian pidato singkat yang dapat saya sampaikan pada hari ini, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat dan dapat kita laksanakan, dan saya mengucapkan banyak terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Wr.WB.

Contoh Pidato Ekstemporan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.