Fakta Menarik dari Warna Nila Pelangi, Kalian Harus Tau!

Warna pelangi nila seperti apa?

Apakah teman-teman pernah melihat warna nila pelangi? Warna seperti apa itu?

Nila merupakan salah satu dari warna pelangi, yaitu warna setelah biru dan sebelum ungu. Nila ini sebenarnya di bawa oleh sang penjajah yang bernama Marco Polo pada tahun 1289. Warna nila ini tepat di tengah antara warna violet dan biru.

Warna nila atau biasa kita sebut dengan sebutan indigo ini merupakan kelas warna berasal dari sebuah tanaman. Tanaman tersebut kita kenal dengan nama indigofera tinctoria.

Itu merupakan tanaman dalam keluarga kacang-kacangan. Nama lain dari indigofera adalah tarum, yaitu merupakan tumbuhan yang menghasilkan warna biru alami.

Warna ini sering digunakan untuk pewarna pakaian, terutama pada pembuatan kain tenun dan batik. Kacang-kacangan tersebutlah yang menjadi inspirasi dari warna nila ini.

Pada artikel ini, Beritanew akan membahas tentang fakta menarik dari warna nila pelangi. Berdasarkan fakta yang kita ketahui bersama, bahwa warna nila telah banyak kita digunakan pada beberapa produk, mulai dari cat rumah, perlatan elektronik, pakaian, dan lain sebagainya.

Namun, apakah warna yang diterapkan tersebut sudah sesuai dengan ciri khas warna nila yang memiliki kode standar. Oleh sebab itu, jika warnanya cerah atau gelap sedikit saja, maka itu bukan lagi tergolong masuk kedalam warna nila.

Warna pelangi nila seperti apa?

Warna pelangi nila seperti apa?

Untuk mengetahui lebih jauh tentang warna nila pelangi ini, maka kita harus mengetahui warna pelangi nila seperti apa?  Nila atau indigo (atau spektral indigo) merupakan warna pada spektrum yang panjang gelombangnya antara 450 sampai 420 nanometer, terletak di antara biru dan ungu.

Warna nila pelangi merupakan sebuah warna pada pelangi yang warnanya seperti biru tua yang sangat gelap. Warna nila ini juga terbentuk dari warna ungu dan hijau, oleh sebab itu warnanya sangat gelap.

Berikut merupakan macam-macam warna nila pelangi

Warna nila sebenarnya juga memiliki 4 nada warna :

1) Nila standar yang memiliki kode hex #4B0082.

2) Nila listrik (Electric indigo) adalah warna nila terang dan cerah. kode Hex #6F00FF

3) Nila Muda (Deep indigo) merupakan jenis warna nila yang cerah, namun tidak secerah nila elektrik. kode Hex #8A2BE2

4) Nila Tropis (Tropical indigo) kode Hex #9683EC

5) Indigo Dye merupakan warna nila hampir mirip seperti biru tua, kode hex #091F92

6) Nila tua, kode hex #2A0D5D

Apa perbedaan warna nila dan ungu?

Apa perbedaan warna nila dan ungu?

Mungkin kita bingung membedakan antara warna nila dan warna ungu, jadi apa perbedaan warna nila dan ungu?

Ungu atau purple merupakan warna antara ungu dan merah atau warna merah terlihat lebih dominan sedangkan nila atau indigo merupakan warna antara ungu dengan biru atau warna biru lebih dominan. Warna ungu tidak termasuk dalam spektrum dan hanya sebuah campuran warna merah dengan biru sedangkan nila adalah warna yang sebenarnya dan bagian dari spektrum cahaya.

Warna nila campuran dari warna apa saja?

Warna nila campuran dari warna apa saja?

Setelah mengetahui apa itu warna nila pelangi, maka kita harus mengetahui campuran warna. Jadi warna nila campuran dari warna apa saja?

Dilihat dari penjelasan diatas bahwa warna nila merupakan warna yang sebenarnya atau bagian dari spektrum antara warna ungu dan biru dengan warna biru yang lebih dominan. Warna nila termasuk warna sekunder, oleh sebab itu warnanya didapatkan dari mencampurkan warna primer dengan kadar dan komposisi yang berbeda. Jadi, dapat disimpulkan jika warna nila terbentuk dari campuran warna merah dengan biru, lebih tepatnya warna merah magenta dan biru cyan.

Itulah pembahasan mengenai warna nila yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.