Fenomenologi Adalah Apa? Mari Cari Tahu Bersama!

Fenomenologi Adalah

Fenomenologi merupakan salah satu metode penelitian. Ini tercetuskan sebagai filsafat pertama kali oleh Edmund Husserl (1859-1938), sehingga Husserl sering sebagai Bapak Fenomenologi. Namun metode ini kemudian kita kembangkan kembali martin heidegger yang kita gunakan untuk mempelajari pengalaman hidup manusia. Menurut husserl ada beberapa definisi mengenai fenomenologi adalah tentang pengalaman subjektif atau fenomenologikal, studi tentang kesadaran dan perspektif seseorang.

Jadi ilmu metode juga dapat kita artikan sebagai studi ilmu yang menganalisis secara deskriptif mengenai kesadaran manusia dengan pengalamannya dalam berbagai aspek baik moral, inderawi, religius maupun estetis.

Merupakan kata yang kita ambil dari gabungan kata yang berasal dari bahasa Yunani Phainomenon yang memiliki arti menampakan diri dan Logos yang berarti ilmu. Jadi dapat kita artikan fenomenologi adalah ilmu yang berkaitan dengan fenomena, pengalaman hidup seseorang secara subjektif.

Metode ini adalah ilmu yang berkaitan dengan penampakan suatu objek atau peristiwa atau fenomena dalam persepsi kita. Oleh karena itu fenomenologi berarti membiarkan realitas, fenomena dan pengalaman tersebut dapat membukanya sendiri.

Kapan Fenomenologi Digunakan?

Kapan Fenomenologi Digunakan?

Pendekatan metode ini merupakan kajian filsafat sosiologi yang sering kita gunakan dalam sebuah penelitian mengenai fenomena sosial. Jika ada yang bertanya kapan fenomenologi digunakan? Pada awal lahirnya metode ini, Edmund Husserl berkeinginan metode ini akan melahirkan ilmu yang bermanfaat untuk manusia.

Setelah terjadi krisis kemudian fenomenologi kita gunakan sebagai metode penelitian yang kita terapkan dalam berbagai penelitian ilmu sosial. Fenomenologi kita gunakan untuk menggali dan mengkaji lebih dekat mengenai fenomena tertentu pada manusia tanpa melihat penyebabnya

Apa itu Metode Penelitian Fenomenologi?

Apa itu Metode Penelitian Fenomenologi?

Dalam suatu penelitian, metode ini merupakan salah satu metode yang sering kita gunakan, namun apa kalian sudah tau apa itu metode penelitian fenomenologi? Metode penelitian fenomenologi adalah jenis penelitian yang kita gunakan untuk melihat dan menggali lebih dekat mengenai pemahaman individu maupun kelompok berdasarkan pengalamannya.

Penelitian yang menggunakan metode biasanya menggunakan jenis penelitian kualitatif dan tidak menggunakan hipotesis selain itu metode penelitian metode ini juga tidak mempunyai tujuan untuk menguji teori dari fenomena yang sedang diteliti. Penelitian metode ini akan langsung melakukan penelitian terhadap objek yang kita teliti dalam hal ini individu untuk mendapatkan data sesuai pengalaman yang ada.

Contohnya penelitian mengenai budaya komunikasi pada masyarakat tertentu.  Mereka akan langsung melakukan pengamatan secara tanpa mengajukan hipotesis terlebih dahulu.

Menurut Creswell pendekatan metode ini yakni menunda semua penilaian tentang sikap hingga bisa menemukan dasar tertentu.  Istilah menunda ini sering kita sebut dengan Apoche (jangka waktu). Konsep dari Apoche yaitu dapat membedakan wilayah data atau subjek dengan interpretasi peneliti.

Apoche kita gunakan untuk menyusun dugaan awal mengenai pengamatan terhadap fenomena yang kita teliti untuk mengerti tentang apa yang telah responden katakan.

Menurut Creswell, dalam melakukan penelitian tentang metode ini harus memperhatikan langkah langkah sebagai berikut

  1. Peneliti harus menemukan rumusan masalah yang sesuai dengan metode ini.
  2. Dalam melakukan penelitian, peneliti harus menanyakan fenomena itu bagi individu yang mengalaminya.
  3. Peneliti tidak boleh mencampurkan pengalaman pribadinya dengan fenomena yang sedang kita teliti pada individu tertentu.

Apa Tujuan dari Fenomenologi?

Apa Tujuan dari Fenomenologi?

Metode ini merupakan ilmu yang mempelajari pengalaman manusia sebagai pengalaman dari sudut pandang orang pertama. Jika ada yang bertanya Apa tujuan dari fenomenologi? Tujuan dari metode ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai fenomena dan pengalaman yang terjadi baik pada individu ataupun kelompok.

Dan juga untuk memahami struktur dari fenomena yang terjadi tersebut. Selain itu juga bertujuan untuk menggali kesadaran mengenai fenomena atau pengamalan pada suatu peristiwa yang akan diteliti.

Penutup

Berikut merupakan artikel yang mengulas tentang fenomenologi adalah apa, semoga penjelasan diatas dapat menambah informasi dan bermanfaat untuk kalian yang sudah membaca. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.