Glikogenolisis Adalah? Berikut Fakta Menariknya!

Glikogenolisis Adalah

Glikogenolisis adalah suatu proses pada tubuh, yang melakukan beberapa langkah untuk melindungi kadar jumlah gula darah atau Glukosa dengan jumlah yang normal. Tentunya proses ini dilakukan di dalam tubuh dengan fungsi masing-masing.

Kemudian, glikogenolisis adalah suatu sekresi yang dialami oleh hormon tertentu. nantinya hormon yang sudah mengalami sekresi akan menumbuhkan enzim yang baru, dimana hasilnya akan memecah glikogen dan menghasilkan glukosa

Glikogenolisis adalah prosedur yang dimana perubahan molekul glikogen menjadi zat yang dinamakan glukosa atau yang kita kenal sebagai gula darah. Lalu, apakah kalian tau apa itu glikogen? Glikogen adalah salah satu energi yang disimpan dan berbentuk rantai yang panjang.

Hm, pasti teman-teman masih sedikit bingung mengenai materi ini kan? Oleh sebab itu, agar kalian lebih memahaminya yuk kita simak penjelasan yang tertera di bawah ini.

Apa Itu Glikogenolisis Dan Glukoneogenesis?

Apa Itu Glikogenolisis Dan Glukoneogenesis?

Untuk kalian yang mungkin mengambil jurusan IPA di sekolah. Sudah tak asing dengan materi kelas 11 atau 12 ini. Namun mungkin dari kalian masih bingung nih tentang Apa Itu Glikogenolisis Dan Glukoneogenesis?

Seperti yang terdapat pada penjelasan sebelumnya jika glikogenolisis adalah  perubahan glikogen menjadi glukosa yang dibantu oleh enzim. Sedangkan suatu proses yang dimana bertujuan untuk membentuk glukosa dengan bantuan zat yang tidak mengandung karbohidrat. Glukoneogenesis banyak terjadi pada jamur, bakteri, hewan, dna tumbuhan. Manusia juga mengalami proses ini yang terjadi pada organ hati dan juga ginjal.

ATP merupakan salah satu zat energi yang dimana membawa energi untuk seluruh sel dalam tubuh. ATP dapat dihasilkan dari proses kimiawi. Manusia juga membutuhkan sumber energi utama dan kita bisa mendapatkanya pada gula.

Glikogenolisis Terjadi Dimana?

Glikogenolisis Terjadi Dimana?

setelah kita membahas tentang keduanya. Kalian tau gak sih proses Glikogenolisis Terjadi Dimana? Proses ini dapat terjadi sebanyak dua kali yaitu di otot dan di hati. Untuk tahap yang terjadi di otot berfungsi untuk menghasilkan energi, sedangkan yang terjadi di hati berfungsi untuk menjaga jumlah kadar gula dalam darah.

Berikut adalah proses atau tahap-tahap nya

  1. Pada tahap ini dibantu oleh enzim fosforilase glikogen. enzim tersebut akan memotong ikatan yang dimana menjadi penghubung antara glukosa dengan glikogen. Kemudian akan menggantinya dengan gugus fosforil dan akan menghasilkan glukosa-1-fosfat.
  2. Setelah itu dengan bantuan enzim phosphoglucomutase akan mengubah hasil sebelumnya menjadi glukosa-6-fosfat.
  3. Setelah itu, enzim yang berasal dari percabangan glikogen akan memindahkan molekul glukosa ke cabang lainnya.
  4. Terakhir pada tahap ini, enzim alfa-glukosidase akan menghilangkan keduanya.

Wah, ternyata cukup rumit ya teman-teman mengenai metabolisme yang satu ini. Oleh karena itu, kita harus tetap memenuhi kebutuhan gizi agar memudahkan proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh ya pastinya sobat. .

Kapan Proses Glikogenolisis Terjadi?

Kapan Proses Glikogenolisis Terjadi?

Mungkin dari sobat-sobat masih sedikit bingung, Kapan Proses Glikogenolisis Terjadi? Nah, proses dari Glikogenolisis ini akan terjadi ketika  kita menahan  lapar. Lalu, tidak terdapat asupan makanan yang bisa kita konsumsinya. Maka nantinya akan terjadi reaksi yaitu pemecahan molekul glikogen yang akan berubah menjadi glukosa. Nantinya, hasil dari penguraian atau pemecahan tersebut akan berfungsi untuk memproduksi energi kita kembali.

Oleh sebab itu, kita harus menyadari betul tentang materi ini karena tentunya memiliki berbagai fungsi yaitu untuk menjaga jumlah kadar gula seseorang agar tetap stabil dalam keadaan lapar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.