Haid datang disaat yang tidak tepat? Inilah obat apotik untuk menghentikan darah haid

obat apotik untuk menghentikan darah haid

Beberapa wanita mengalami situasi yang mana haid datang diwaktu yang tidak tepat, seperti akan ada acara penting, berlibur, honeymoon dan lainnya. Oleh sebab itu, salah satu caranya adalah mengonsumsi obat apotik untuk menghentikan darah haid tersebut.

Apa Obat untuk Menghentikan Darah Haid?

Apa Obat untuk Menghentikan Darah Haid?

Karena alasan tersebut, akan muncul pertanyaan, Apa obat untuk menghentikan darah haid? Berikut beberapa obat yang dapat kita konsumsi untuk menghentikan darah haid yang datang disaat tidak tepat.

  • Pil KB kombinasi

Pil KB merupakan metode kontrasepsi yang didalamnya mengandung hormon sintetis, bisa berupa kombinasi hormon estrogen atau progesteron, atau mungkin hanya progesteron saja.

Dengan metode ini, haid dapat kita hentikan sementara, karena hal itu dapat menekan ovulasi dan menjaga lapisan rahim.

Perlu kita ketahui, bahwa pil KB terdiri dari pilihan paket 28 hari, yang mana  21 pil hormon aktif dan 7 pilnya merupakan pil tiruan (plasebo). Ketika mengonsumsi pil plasebo, akan terjadi perdarahan seperti pada periode menstruasi.

Jadi, cara untuk menghentikan haid yang datang pada saat yang tidak tepat, bisa dengan cara mengonsumsi pil aktif dan melewatkan pil plasebo, atau memulai paket baru sebagai gantinya. Saat kamu terus mengonsumsi pil aktif ini, maka kamu tidak akan mengalami haid hingga kamu menghentikan konsumsi pil KB aktif ini.

  • Pil KB berkelanjutan

Selain pil KB kombinasi, juga terdapat pil KB berkelanjutan (extended-cycle pill). Tentunya obat ini memang dirancang untuk mengurangi siklus menstruasi.

Tergantung pada merek yang kita gunakan, menstruasi dapat terjadi setiap 3 bulan atau 12 bulan sekali. Tetapi, penggunaan pil KB berkelanjutan ini harus di bawah pengawasan dokter.

  • Norethisterone

Norethisterone merupakan progesteron sintetis dan mirip dengan hormon progesteron yang kita produksi secara alami. Pada saat siklus menstruasi, tingkat hormon progesteron menurun yang menyebabkan lapisan rahim luruh, sehingga terjadi haid. Ini adalah obat yang dapat menghentikan haid dan sebaiknya kita konsumsi setelah berkonsultasi dengan dokter.

Obat ini biasanya dikonsumsi 3-4 hari sebelum haid, sehingga dapat menunda menstruasi selama jangka waktu tersebut. Jadi, setelah kamu berhenti minum obat, sekitar 2 sampai 3 hari haid akan datang.

  • Ibu profen

Ibu profen adalah golongan obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID), ini termasuk obat apotik untuk menghentikan darah haid. Jadi, obat anti-inflamasi seperti ibu profen ini dapat mengurangi prostaglandin.

Prostagladin adalah bahan kimia yang memicu rahim berkontraksi serta melepaskan endometrium (lapisan rahim) setiap bulannya.

Ibu profen hanya dapat menunda haid tidak lebih dari satu atau dua hari. Selain dapat menghentikan haid, ibu profen juga dapat membantu untuk memperlambat aliran menstruasi yang berat, yakni sebesar 10 samapi 20 persen. Mengonsumsi obat ini juga perlu konsultasi dengan dokter.

Obat Apa yang Bisa Menghentikan Haid di Apotik?

Apa Obat untuk Menghentikan Darah Haid?

Selain obat-obatan yang tertulis, ada juga beberapa obat yang bisa menghentikan haid yang ada di apotik, obat apa yang bisa menghentikan haid di apotik?

Asam traneksamat merupakan obat apotik untuk menghentikan darah haid, yang berfungsi mengatasi perdarahan berlebih saat menstruasi. Asam traneksamat atau tranexamic acid merupakan obat yang berfungsi untuk menghentikan perdarahan. Obat inilah yang paling sering para ladies gunakan untuk menghentikan darah yang keluar berlebihan saat haid.

Selain untuk gangguan menstruasi, obat ini juga dapat kalian gunakan untuk mengatasi kondisi lainnya. Berikut hal-hal yang dapat diatasi oleh obat ini.

  • Mimisan yang parah
  • Perdarahan setelah cabut gigi (dengan obat kumur yang mengandung asam traneksamat)
  • Angiodema herediter atau pembengkakan kulit
  • Mengurangi risiko perdarahan sebelum operasi

Bagaimana cara agar darah haid cepat berhenti?

Bagaimana cara agar darah haid cepat berhenti?

Siklus menstruasi yang normal berlangsung antara 21–35 hari, dengan durasi haid sekitar 2–7 hari lamanya. Siklus menstruasi dapat berubah dan bisa menjadi lebih singkat atau lebih teratur seiring bertambahnya usia. Selain hal tersebut, ada hal-hal lain yang juga dapat memengaruhi lamanya waktu haid, yaitu seperti stres, kadar hormon dalam tubuh dan juga berat badan.

Terkadang kita ingin masa haid segera berhenti karena kita memiliki rencana lain, seperti berlibur, haji atau hal lainnya. Lalu, bagaimana cara agar darah haid cepat berhenti?

Berikut merupakan beberapa teknik yang bisa kalian lakukan untuk membuat siklus haid cepat berakhir.

Obat-obatan

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, ada beberapa obat apotik untuk menghentikan darah haid. Ini merupakan cara pertama yang dapat kalian lakukan agar haid cepat berhenti. Namu dalam penggunaannya perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu supaya hal-hal yang tidak kita inginkan dapat kalian hindari.

Konsumsi Vitamin C

Saat mengonsumsi vitamin C maka kadar progesteron akan berkurang dan peluruhan lapisan rahim pun akan lebih cepat, sehingga dapat mempersingkat masa menstruasi. Tapi perlu kita perhatikan dosis dalam mengonsumsi vitamin C, karena jika berlebihan akan menimbulkan diare.

Aktivitas Seksual

Aktivitas ini adalah salah satu cara agar haid cepat selesai karena saat berhubungan seksual maka akan mengalami orgasme. Hal itulah yang dapat memicu kontraksi otot rahim, sehingga membantu rahim untuk mengeluarkan darah haid lebih cepat dan mempersingkat siklus haid.

Rutin Berolahraga

Dengan berolahraga, kita dapat mengurangi masa menstruasi dan mengurangi rasa sakit yang dialami saat menstruasi.

Hindari Stres

Ada baiknya kita menghindari stress karena hal ini dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Lakukan hal-hal yang membuat stress hilang, misalnya berjalan-jalan dipagi hari dan menghirup udara segar atau yoga.

Itulah beberapa ulasan tentang obat apotik untuk menghentikan darah haid dan juga tips agar darah haid cepat berhenti. Semoga bermanfaat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.