Hak dan Kewajiban Harus Dijalankan Dengan Penuh Rasa Tanggung Jawab

Hak dan kewajiban harus dijalankan dengan penuh

Hak dan kewajiban adalah satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan karena bersifat saling terkait satu sama lain. Hak dan kewajiban harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab dan seimbang karena manusia tidak hanya menuntut haknya tetapi juga mempunyai kewajiban yang ia jalankan.

Jika kedua hal ini tidak terlaksanakan dengan seimbang maka akan menimbulkan ketidakadilan bagi orang lain.

Mengapa Harus Dilakukan Dengan Penuh Tanggung Jawab?

Mengapa Harus Dilakukan Dengan Penuh Tanggung Jawab?

Setiap orang mempunyai hak dan kewajibannya masing-masing, dalam hal ini kewajiban dapat berartikan sebagai tugas aturan yang harus ia jalankan dengan penuh rasa tanggung jawab oleh setiap manusia.

Mungkin sebagaian orang belum mengetahui, mengapa harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab? Setiap aturan pastinya harus kita jalankan dan taati, sama seperti hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban harus dijalankan dengan penuh rasa tanggung jawab karena hidup jika tidak akan timbul berbagai permasalahan hingga konflik karena berperilaku sewenang-wenang.

Apa Akibat Jika Hak dan Kewajiban Tidak Seimbang?

Apa Akibat Jika Hak dan Kewajiban Tidak Seimbang?

Hak dan kewajiban manusia merupakan hubungan sebab akibat. Yakni jika seseorang telah menjalankan kewajibannya dengan penuh rasa tanggung jawab maka orang tersebut akan mendapatkan haknya. Contoh sederhana seperti seorang murid yang telah memenuhi kewajibannya saat di sekolah seperti rajin belajar, menaati tata tertib di sekolah akan mendapatkan haknya seperti mendapatkan fasilitas yang baik dari sekolah, mendapatkan ilmu dari guru.

Nah apa kalian tahu, apa akibat jika hak dan kewajiban tidak seimbang? Jika hak dan kewajiban tidak jalan dengan seimbang akan teranggap sebagai pelanggaran yang menimbulkan berbagai pesoalan seperti kekacuan, pertikaian, permusuhan dan hidup menjadi tidak tentram dan harmonis. Maka dari itu Hak dan kewajiban harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab dan seimbang.

Kewajiban Harus Dilaksanakan Dengan Penuh

Kewajiban Harus Dilaksanakan Dengan Penuh

Kewajiban merupakan segala sesuatu yang harus kita laksanakan dengan penuh tanggung jawab. Semua orang mempunyai kewajiban mulai dari anak hingga orang tua, kewajiban di rumah, di lingkungan maupun negara. Kewajiban harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab karena kewajiban dapat diartikan juga sebagai tugas manusia sebagai makhluk sosial yang harus dilaksanakan.

Kita sebagai manusia harus menjalankan kewajiban terlebih dahulu daripada menuntut hak kita. Setiap orang mempunya kewajiban yang berbeda, berikut ini merupakan contoh kewajiban kita sebagai manusia mulai dari keluarga, sekolah, maupun sebagai warga negara yang harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Kewajiban Sebagai Anak Di Rumah

Dalam sebuah keluarga setiap anggotanya mempunyai hak dan kewajibannya masing-masing dalam menjalakan kehidupannya. Hak dan kewajiban harus kita laksanakan dengan penuh tanggung jawab walau pada lingkup keluarga sekalipun. Contoh Kewajiban sebagai anak di rumah adalah sebagai berikut.

  1. Menghormati orang tua dan menaati peraturan dalam keluarga, setiap keluarga pastinya mempunyai peraturan tersendiri yang telah tersepakati sebelumnya.
  2. Menjaga kebersihan rumah, menjaga kebersihan rumah merupakan kewajiban setiap anggota keluarga tak terkecuali anak.

Kewajiban Saat Di Sekolah

  1. Wajib menaati tata tertib yang ada di sekolah. Setiap sekolah pasti ada tata tertib yang wajib kita jalankan oleh semua warga sekolah
  2. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Dalam menjaga kebersihan bukan hanya tugas kebersihan melainkan kewajiban setiap warga sekolah seperti membuang sampah pada tempatnya.

Kewajiban Sebagai Warga Negara

  1. Menaati hukum dan peraturan yang telah pemerintah buat.
  2. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang telah pemerintah selenggarakan seperti pemilu.

Uraian tersebut merupakan penjelasan mengenai hak dan kewajiban harus dijalankan dengan penuh rasa tanggung jawab. Jika hal itu tidak kita lakukan maka terjadi berbagai permasalahan dan hidup akan menjadi kacau dan tak tentram.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.