Hewan Nokturnal, Apa Itu Nokturnal?

apa itu nokturnal

Umumnya makhluk hidup beraktivitas pada pagi hingga sore kemudian istirahat pada malam hari. Namun terdapat beberapa hewan yang beraktivitas pada malam hari. Berikut penjelasan apa itu nokturnal dan makhluk nokturnal adalah?

Apa Arti Kata dari Nokturnal?

Apa Arti Kata dari Nokturnal?

Apa itu nokturnal secara umum adalah golongan hewan yang aktif pada malam dan tidur atau beristirahat pada siang. Hal ini merupakan cara bagi hewan-hewan tertentu dalam mempertahankan hidupnya dari predator.

Apa itu nokturnal menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah hewan-hewan yang memiliki sifat atau kebiasaan untuk aktif dalam malam hari.

Tahukah teman-teman bahwa hewan nokturnal memiliki beberapa keistimewaan yang biasa dimilikinya, hal-hal tersebut berupa kemampuan pendengaran, penglihatan atau penciuman yang tajam. Selain itu bisa saja memiliki kemampuan-kemampuan lain yang luar biasa

Apa Lawan Kata Nokturnal?

Apa Lawan Kata Nokturnal?

Setiap hal tentu memiliki lawan katanya. Kata yang merupakan apa lawan kata nocturnal adalah diurnal. Diurnal memiliki arti sifat atau kebiasaan yang dimiliki oleh hewan-hewan yang aktif pada siang dan beristirahat atau tidur pada malam.

Apa Saja Hewan Nokturnal?

Apa Saja Hewan Nokturnal?

Ketika mendengar apa itu nokturnal tentu teman-teman pasti langsung terlintas akan kelelawar. Namun ternyata tidak hanya kelelawar loh. Berikut contoh makhluk nocturnal adalah :

  • Kelelawar

Hewan ini tentu tidak siang karena identik dengan malam. Terdapat alasan mengapa kelelawar aktif pada malam hari adalah untuk menghindari predator. Kelelawar juga mempunyai kemampuan ekolokasi sehingga mudah mengidentifikasi sesuatu walaupun di dalam kegelapan

  • Burung hantu

Burung hantu memiliki mata yang besar, penglihatan dan pendengaran dari burung hantu termasuk tajam. Pada saat melihat sesuatu cahaya akan masuk ke dalam bagian belakang mata. Kemudian akan dipantulkan oleh tapedum lucidum, akan terjadi pemantulan cahaya yang membuat mata burung hantu terlihat seperti memancarkan sinar

  • Koala

Siapa sangka bahwa koala termasuk salah satu dari hewan jenis ini. Koala biasanya menghabiskan waktu 18 sampai 20 jam setiap harinya, sehingga koala menghabiskan waktunya di siang hari untuk tidur sedangkan pada malam beraktivitas.

  • Katak

Jangan salah teman-teman, katak dan kodok berbeda. sebagian dari katak termasuk golongan nocturnal, yang dimana pada malam hari katak akan memanfaatkan kemampuan kamuflasenya untuk mencari makan dan pada siang akan bersembunyi. Selain itu katak lebih aktif pada malam hari karena tingkat kelembapan yang terjadi berbeda.

  • Tarsius

Mungkin terdengar asing bagi teman-teman. Tarsius merupakan hewan terkecil yang ada di dunia dan hidup di pulau sulawesi. Hewan ini sendiri terdiri dari sebelas jenis yang dimana tersebar di dalam hutan rimba sulawesi. Tarsius termasuk nocturnal yang memanfaatkan penglihatannya yang tajam walaupun tidak memiliki tapedum lucidum.

  • Musang

Musang juga termasuk hewan nocturnal. Musang sering dibenci oleh para peternak, karena pada malam hari musang seringkali memangsa hewan ternak. Hal tersebut membuat musang menjadi predator pada malam dan bergerak pasif pada siang.

  • Landak

Hewan yang memiliki duri di punggungnya ternyata merupakan golongan nocturnal juga loh. Landak lebih aktif dalam beraktivitas pada malam hari seperti menjelajahi lingkungan tempat landak tinggal. Pada siang hari, biasanya landak akan bersembunyi di sarang mereka yang berada di semak-semak

Teman-teman telah menyimak mengenai apa itu nokturnal. Tidak perlu bingung lagi apa arti kata dari nocturnal hingga hewan apa saja yang termasuk golongan tersebut. Menarik bukan, ternyata pada saat teman-teman beristirahat terdapat hewan-hewan yang bersiap melakukan aktivitas mulai dari mencari makan hingga menjelajahi lingkungan tempat tinggal mereka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.