Hipoksemia Adalah Penyakit Apa sih? Mari Disimak!

Hipoksemia Adalah

Hipoksemia adalah kondisi yang terjadi ketika kadar oksigen dalam darah rendah. Oksigen menjadi kebutuhan penting dalam tubuh manusia. Oksigen berguna untuk menjaga jaringan dan organ-organ penting dalam tubuh, seperti jantung, ginjal, otak, dan lainnya. Pemeriksaan fisik dan tes darah harus kita lakukan untuk mendeteksi hipoksemia.

Hipoksemia adalah suatu kondisi yang serius yang perlu penderitanya berikan penanganan medis. Karena hipoksemia akan menyebabkan gagalnya fungsi organ tubuh jika tidak penderita tangani dengan segera. Kondisi hipoksemia yang berlarut-larut dapat mengkhawatirkan akan memicu suatu penyakit yang serius.

Hipoksemia biasanya menandakan adanya suatu masalah yang berkaitan dengan sirkulasi pernapasan. Adapun kondisi yang kita kenal sebagai hipoksia, yaitu kondisi rendahnya oksigen dalam jaringan tubuh. Hipoksia dapat terjadi akibat dari hipoksemia dalam jangka waktu yang lama.

Hipoksemia dan hipoksia belum tentu terjadi secara bersamaan. Hipoksia tidak akan pernah terjadi, jika hipoksemia dapat ditangani dengan cepat dan tepat. Begitu pula hipoksia juga tidak selalu terjadi karena hipoksemia.

Hipoksemia adalah kondisi yang tertandai dengan beberapa gejala. Gejala tersebut dapat berupa sakit kepala, batuk yang tak kunjung berhenti, sesak napas, jantuk berdebar, kejang, dan turunnya kesadaran. Jika hipoksemia terjadi, maka Anda harus segera melakukan pemeriksaan dokter.

Pemeriksaan yang dapat penderita lakukan untuk mendeteksi hipoksemia adalah dengan analisis gas darah., yaitu dengan menggunakan sampel darah dari arteri. Kedua, oksimetri nadi, penderita lakukan dengan menjepit jari kaki, jari tangan, ataupun daun telinga dengan menggunakan suatu alat. Ketiga, dengan melakukan tes pernapasan dengan cara menghembuskan napas dalam-dalam ke dalam tabung oksigen yang terhubung dengan komputer sehingga akan dapat kita lihat hasilnya

Apa Penyebab Kekurangan Oksigen dalam Tubuh?

Apa Penyebab Kekurangan Oksigen dalam Tubuh?

Apa penyebab kekurangan oksigen dalam tubuh? Penyebab adalah dapat berupa karena gangguan pernapasan, syok, sepsis, anemia, asidosis (tidak seimbangnya asam basa dalam tubuh), efek samping obat tertentu, cacat jantung bawaan hingga keracunan.

Selain itu, bisa juga penyebabnya karena faktor kondisi lingkungan, seperti karena sedang berada di ketinggian di atas 400 meter atau lebih di atas permukaan laut, menjadi perokok pasif, adanya polusi udara, dan menghirup gas beracun yang dapat mengganggu kinerja dari paru-paru.

Apa yang Terjadi Jika Kadar Oksigen Rendah?

Apa yang Terjadi Jika Kadar Oksigen Rendah?

Apa yang terjadi jika kadar oksigen rendah? Ketika kadar oksigen dalam tubuh kite rendah atau di bawah angka normal, kita akan mengalami sesak napas, sakit kepala, kegelisahan, hingga hilangnya kesadaran. Maka dari itu, segeralah melakukan penanganan jika kondisi ini terjadi. 

Kemungkinan komplikasi yang mungkin saja bisa terjadi adalah, aritmia jantung, perubahan kondisi mental seperti koma, hipoksemia serebral hingga henti jantung. Penyakit ini benar-benar tidak dapat kita sepelekan.

Berapa Tekanan Oksigen Normal?

Berapa Tekanan Oksigen Normal?

Berapa tekanan oksigen normal? Normalnya, tekanan arteri normal adalah berkisar 75 hingga 100 mmHg. Jika di bawah angka tersebut, maka seseorang memerlukan oksigen tambahan. Dari skala yang ditunjukkan oksimeter. Kondisi normal biasanya adalah persentase antara 95% sampai 100%.

Hipoksemia dapat kita tangani dengan beberapa upaya seperti, pemberian obat. Biasanya dokter akan memberikan inhaler dan membiarkan pasien untuk menghirup hingga paru-paru. Cara yang kedua adalah dengan melakukan terapi oksigen. Hal ini dapat kita lakukan pada penderita hipoksemia yang parah. 

Untuk memenuhi kebutuhan oksigen, beberapa faktor yang diperlukan adalah  kita harus memastikan ada oksigen yang cukup di udara. Kita juga harus dapat mengenali kondisi tubuh kita sendiri, misalnya fungsi paru-paru berjalan dengan baik. Yang terakhir adalah aliran darah yang membawa oksigen dari paru-paru harus diedarkan ke seluruh tubuh.

Penutup

Oksigen sangat penting untuk menjaga kesehatan kita. Jika kalian ingin tahu penyait yang berhubungan dengan ini lagi bisa check penyakit yang disebabkan oleh polusi udara. Selalu perhatikan kondisi kesehatan Anda, agar selalu sehat. Semoga membantu!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.