Alasan Mengapa Hutan Bakau Dapat Mencegah Abrasi Pantai Karena Beragam Macam Fungsinya!

Hutan bakau dapat mencegah abrasi pantai karena

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki garis pantai, yang pada sekitarnya banyak tertanam tanaman bakau untuk mencegah terjadinya abrasi laut. Hutan bakau dapat mencegah abrasi pantai karena dapat melindungi dataran serta garis pantai dari ombak laut.

Pada Indonesia, hutan bakau terbesar dan terluas berada pada Sunda dan Kalimantan, karena disana masih adanya muara sungai dan dilestarikan juga sebagai tempat wisata. Pada seksi ini kita akan membahas tentang  tanaman bakau atau  hutan Mangrove, simak dengan seksama yuk!

Pengertian Hutan Bakau

Pengertian Hutan Bakau

Pengertian hutan bakau yakni tanaman yang tumbuh pada sekitar pantai atau rawa-rawa berair yang memiliki fungsi dapat mencegah terjadinya erosi dan abrasi.

Biasanya tanaman ini dapat tumbuh pada sekitaran muara sungai, walaupun air sungai memiliki arus yang tenang daripada lautan. Hutan bakau dapat mencegah abrasi pantai karena sebagai pelindung dari pasang surutnya air laut sehingga termasuk kategori tanaman yang  penting untuk kita lestarikan.

Fungsi Dari Hutan Bakau

Hutan bakau merupakan tanaman yang beragam fungsinya bagi kehidupan  manusia dan biota laut. Oleh karena itu kita akan membahas beberapa fungsi dari hutan bakau :

  1. Point utama, hutan bakau dapat mencegah abrasi pantai karena sebagai pelindung dari pasang surutnya air laut.
  2. Sebagai tempat tinggal biota laut dan  sekaligus menjadi sumber makanannya.
  3. Kayu dari tanaman bakau dapat dijadikan sebagai mata pencaharian masyarakat, terutama dalam bidang pekerjaan nelayan dan petani tambak yang ada disekitar hutan bakau tersebut.
  4. Hutan bakau dapat menjadi sumber rantai makanan bagi larva dari daun bakau yang jatuh ke air dan terurai oleh mikroorganisme
  5. Tidak hanya sebagai tempat tinggal biota laut, hutan bakau dapat digunakan sebagai habitat para hewan lain yakni monyet, ular air, burung, buaya dan  lain- lain.

Ekosistem Hutan Bakau Dari Segi Manfaat

Ekosistem Hutan Bakau Dari Segi Manfaat

Hutan bakau  termasuk ekosistem terpenting di Indonesia terutama pada daerah  yang memiliki garis pantai dan muara sungai. Berikut ini beberapa  ekosistem  hutan bakau dari segi manfaat :

  • Akar pada tanaman bakau dapat menstabilkan pantai dengan cara menangkap sisa bahan organik dan disterilkan untuk para biota laut.
  • Buah bakau yang jatuh dalam air, akan menumbuhkan calon tanaman bakau yang baru dan membuat pulau sendiri.
  • Akar tanaman ini mempunyai akar yang lebat dan dapat memberikan nutrisi pada biota laut.
  • Tanaman bakau bisa dijadikan untuk obat yang memiliki kegunaan dapat meredakan gatal-gatal pada bagian kulit yang iritasi, sebagai penetralisir gigitan ular, obat gangguan pencernaan dan masih banyak lagi khasiat obat dari tanaman bakau.

Pada negara Indonesia banyak sekali hutan mangrove. Hutan mangrove sendiri berpotensi sebagai tempat wisata yang menarik bagi para wisatawan untuk mereka kunjungi bersama keluarga. Mengajarkan tentang pengetahuan hutan bakau dapat mencegah abrasi pantai karena berfungsi untuk melindungi daratan garis pantai.

Dalam kunjungan tersebut, kalian akan mendapatkan teori dan praktik secara langsung mengenai cara penanaman bibit tanaman bakau. Alias sebagai tanaman yang penting untuk ekosistem lingkungan hidup, baik bagi manusia maupun biota laut. Semakin banyak tanaman bakau yang kita tanam, maka semakin terjaga daratan garis pantai  dari abrasi laut.

Dari sinilah kita dapat mempelajari dan mengenal dengan baik. Selain fungsi hutan bakau dapat mencegah abrasi pantai, hutan bakau sendiri juga berfungsi sebagai pencegah abrasi pada area pantai. Tanaman ini ternyata beragam fungsi manfaatnya, maka seharusnya peran kita, yakni melestarikan tanaman bakau tersebut sebagai ekosistem pada garis pantai. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.