Hutan Bakau Dapat Mencegah Abrasi Pantai Karena Apa?

Hutan bakau dapat mencegah abrasi pantai karena

Indonesia terkenal memiliki banyak pulau yang luas dan terkenal sebagai negara maritim yang akan banyak pulau. Oleh karena itu, indonesia otomatis memiliki banyak lautan dan pantai. Negara kita tercinta melestarikan banyak tanaman mulai dari yang umum dan langkah. Biasanya, sekitar pantai yang ada di Indonesia mempunyai tanaman atau hutan bakau dapat mencegah abrasi pantai karena melindungi dataran dari ombak lautan yang sedang maupun kecil.

Pada Indonesia tanaman atau hutan bakau terbesar dan terluas ada terdapat pada daerah Sunda dan Kalimantan. Daerah Sunda dan Kalimantan masih banyak muara sungai yang masih terjaga kelestariannya, sehingga dapat menjadi tempat wisata. Pada seksi ini kita akan membahas atau mengulas tuntas mengenai tanaman bakau/hutan mangrove. 

Pengertian Hutan Bakau

Pengertian Hutan Bakau

Pengertian hutan bakau yakni tanaman yang tumbuh disekitar pantai atau rawa-rawa air yang memiliki fungsi dapat mencegah terjadinya erosi dan abrasi, biasanya tanaman ini dapat tumbuh disekitar muara sungai juga walaupun sungai tidak memiliki ombak. Hutan bakau termasuk tanaman yang penting dilestarikan karena hutan bakau dapat mencegah abrasi pantai karena untuk melindungi dari ombak laut.

Ada fungsi dari hutan bakau .

Fungsi hutan bakau atau dikenal dalam bahasa inggris yakni hutan Mangrove :

  1. Hutan bakau dapat mencegah abrasi pantai karena untuk melindungi dari ombak laut
  2. Sebagai tempat tinggal hewan laut kecil dan menjadi sumber makanan untuk biota laut
  3. Kayu dari tanaman bakau bisa menjadi mata pencaharian masyarakat. Terutama dalam bidang pekerjaan nelayan dan petani tambak ikan yang ada pada area sekitar hutan bakau tersebut.
  4. Selain hutan bakau dapat mencegah abrasi pantai karena ombak, dapat juga untuk mencegah erosi laut.
  5. Tidak hanya sebagai tempat tinggal biota laut, dapat digunakan sebagai habitat para hewan lain yakni monyet, ular air, burung, buaya, ulat dan lain lain.

Ekosistem Dari Hutan Bakau dari Segi Manfaat

Ekosistem Dari Hutan Bakau dari Segi Manfaat

Ekosistem dari hutan bakau dari segi manfaat yakni dapat sebagai mata pencaharaian masayarakat disekitar hutan bakau dengan memanfaatkan kayu untuk dijual atau untuk keperluan yang lainnya

tanaman bakau atau hutan bakau dapat mencegah abrasi pantai karena dari ombak laut dan mencegah abrasi sebagai pelindung garis laut, tanaman bakau bisa dijadikan untuk obat pada manusia yang memiliki kegunaan dapat meredakan gatal gatal pada bagian kulit yang iritasi,

sebagai penetralisir gigitan ular, sebagai obat gangguan pencernaan dalam dan masih banyak lagi khasiat obat dari tanaman bakau.

Banyaknya hutan bakau di indonesia menjadikan sebagai tempat pariwisata para masyarakat yang jauh dari hutan bakau atau yang tinggal di kota bisa juga yang tidak pernah melihat tanaman bakau secara langsung.

Oleh karena itu banyak pecinta pariwisata datang berbondong-bondong untuk menikmati bagaimana bentuk dan rupa tanaman bakau. Mengetahui mengenai apa itu tanaman bakau, mulai dari bentuk hingga ukuran. Kemungkinan itulah yang terpikirkan orang orang sebelum mengetahui dan melihat secara langsung tanaman bakau tersebut.

Karena banyaknya pariwisatawan datang berkunjung. Maka pemerintahan melaksanakan pelestarian dan perhatian lebih pada tanaman bakau. Hasil dari uang yang dapat dari para wisatawan yang berkunjung, mereka gunakan untuk pelestarian.

Pelestarian tersebut bisa melalui dengan cara menjaga kualitas dan kuantitas bibit tanaman bakau itu dilakukan secara khusus oleh tim pelestarian hutan bakau. Penanaman kembali hutan bakau yang dilakukan para pariwisatawan juga dipandu oleh guide yang menjaga pelestarian kehutanan terutama pada tanaman bakau atau dikenal dengan hutan Mangrove.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.