Iklan yang Dicetak Biasanya Diterbitkan di Mana Aja?

Iklan yang Dicetak Biasanya Diterbitkan di

Istilah iklan sudah sering sekali kita dengar. Kita sering menjumpai iklan di banyak media, seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, dan media yang paling sering kita gunakan sekarang yaitu media online. Iklan yang dicetak biasanya diterbitkan di koran, majalah, poster, baliho, stiker, dan lain-lain. Sedangkan iklan eketronik menggunakan media elektronik atau online, seperti televisi, radio, atau media sosial.

Iklan merupakan hal yang sangat umum karena tujuannya adalah untuk menyampaikan pesan ke publik dengan tujuan untuk mempengaruhi keputusan khalayak, seperti mengajak membeli suatu produk atau menggunakan jasa tertentu. Berdasarkan medianya, iklan terdiri atas dua jenis, yaitu iklan cetak dan iklan elektronik. Iklan cetak merupakan iklan yang dibuat dengan cara dicetak.  

Iklan Cetak

Jaman sekarang, iklan yang dicetak biasanya diterbitkan di brosur-brosur. Iklan yang dicetak biasanya diterbitkan di banner media cetak juga. Sudah mulai jarang masyarakat melihat iklan cetak dalam koran ataupun majalah. Iklan biasanya berfungsi untuk mempromosikan sebuah bisnis, contoh bisnis konter pulsa rumahan.

Setidaknya, iklan yang dicetak biasanya diterbitkan di poster-poster atau billboard yang sampai sekarang masih digunakan untuk mempromosikan barang produk atau jasa. Iklan memiliki struktur dan bagiannya tersendiri.

Bagian dari sebuah iklan adalah sebagai berikut:

  • Judul Iklan (headline) 
  • Ilustrasi (gambar) 
  • Badan Iklan (body copy) 
  • Foto Produk 
  • Logo, slogan, atau nama perusahaan (baseline) 

Hal yang Bukan Termasuk Bagian Iklan adalah

Hal yang Bukan Termasuk Bagian Iklan adalah

Teks iklan harus mengandung fakta dan opini. Fakta merupakan kejadian nyata, sedangkan opini adalah pernyataan untuk menarik minat calon pembeli. Opini harus terdukung dengan fakta-fakta yang ada dalah produk atau jasa yang kitatawarkan. Umumnya opini yang kita tuliskan adalah yang menjelaskan keunggulan dari produk atau jasa tersebut.

Oleh karena itu, hal yang bukan termasuk bagian iklan adalah kelemahan produk. Kelemahan produk sangat tidak boleh untuk kita tulis dalam iklan. Karena tujuan utama iklan adalah membujuk. Kelemahan produk tidak akan membujuk calon konsumennya dalam menggunakan produk atau jasanya.

Selain itu, yang bukan lagi adalah testimoni negatif dari konsumen-konsumen sebelumnya. Hal ini dapat merusak image perusahaan dan produk atau jasa yang mereka promosikan.

Kalimat Iklan yang Dimuat dalam Media Cetak Umumnya

Kalimat Iklan yang Dimuat dalam Media Cetak Umumnya

Teks iklan harus mengandung kalimat yang bersifat persuasif  dan berima. Kalimat iklan yang dimuat dalam media cetak umumnya berupa kalimat-kalimat persuasif, dengan tujuan untuk meyakinkan calon konsumen dengan penawaran dari iklan tersebut. Kalimat iklan umumnya juga mengandung rima. Rima adalah bunyi berulang yang berselang.

Tujuan dari rima adalah untuk menarik perhatian masyarakat dan memberi kesan, yang merupakan salah satu hal penting dalam periklanan. Kesan adalah salah satu hal yang penting dalam periklanan, karena kesan dapat membuat masyarakat mengingat terus terhadap iklan yang mereka lihat, sehingga mereka terbujuk dan teryakini untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang kita promosikan.  

Iklan yang Bertujuan untuk Memberikan Penerangan Tentang Suatu Hal Dinamakan

Iklan yang Bertujuan untuk Memberikan Penerangan Tentang Suatu Hal Dinamakan

Selain untuk menawarkan produk atau jasa, masyarakat juga sering menjumpai iklan yang bertujuan untuk memberikan penerangan tentang suatu hal dinamakan iklan layanan masyarakat. Selain membujuk, iklan ini juga bertujuan untuk mendorong, memerintah, melarang, atau meminta kepada masyarakat akan hal-hal tertentu.

Contoh-contoh dari iklan layanan masyarakat adalah iklan keluarga berencana, global warming, bahaya merokok dan/atau narkoba, penghematan sumber daya alam, dan lain-lain. Iklan Penerangan contohnya iklan layanan masyarakat karena tujuan dari iklan ini adalah untuk memperbaiki hal-hal demi kebaikan masyarakat secara keseluruhan.

Iklan untuk produk atau jasa umumnya lebih kita gunakan untuk mempromosikan produk atau jasa yang mereka tawarkan, agar perusahaan tersebut dapat mendapatkan pendapatan dan berkembang.  

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.