Iklan Yang Penyebarannya Melalui Media Elektronik disebut Sebagai Strategi? Apa Benar?

Iklan Yang Penyebarannya Melalui Media Elektronik disebut

Iklan yang penyebarannya melalui media elektronik disebut iklan elektronik. Iklan elektronik terdiri dari beberapa jenis, yaitu iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet. Dan untuk iklan internet masih terbagi menjadi beberapa jenis lagi, antaranya yaitu banner, iklan baris, iklan display, dan lain-lain.

Iklan yang penyebarannya melalui media elektronik disebut iklan elektronik memiliki cara ekonomis beriklan untuk terhubung satu dengan yang lainnya, baik dengan menggunakan jaringan media atau sumber daya media sosial seperti televisi atau Internet.

Ada berbagai jenis iklan elektronik untuk menyiarkan berbagai hal untuk promosi dan juga peemasan. Adapun jenis-jenis iklan elektronik adalah sebagai berikut:

Iklan Radio

Iklan radio adalah jenis iklan dari media elektronik dengan menggunakan perangkat radio. Karena bentuknya berupa audio, jadi iklan di radio hanya bisa kita dengarkan, karena bentuknya hanya berupa audio (suara). Adapun contoh iklan radio yaitu Ad-lib, spot, dan sponsor program.

Karakteristik iklan radio adalah hanya suara. Dapat kita lihat dari perangkatnya, maka karakteristik iklan radio adalah bisa kita dengarkan melalui suara saja. Suara atau audio yang kita dengar bisa berupa musik, sound effect, dan suara manusia yang teratur.

Iklan Televisi 

Jenis iklan dengan menggunakan perangkat televisi biasa kita kenal sebagai iklan televisi. Iklan di televisi bukan hanya berbentuk audio, tapi juga berbentuk teks dan visual. Adapun contohnya yaitu live action, stop action, animation, sponsor program, music, credit title, running text, Ad-lib, promo-Ad, backdrop, dan superimposed.

Iklan Film

Jenis iklan dengan menggunakan film biasa kita sebut dengan iklan film. Pada saat apa kita bisa melihat iklan film? Kota bisa melihat iklan film di bioskop. Biasanya, iklan kita tampilkan sebelum pemutar film di bioskop. Adapun contohnya yaitu live action dan endorsement.

Iklan Media Digital

Jenis iklan dengan menggunakan media online atau internet yang populer dan memiliki banyak pengunjung ini disebut iklan internet atau iklan media digital. Adapun contohnya yaitu website, banner & button, sponsorship, SEO (search engine marketing), email marketing, social media marketing, classified ads, dan lainnya.

Apakah Perbedaan Antara Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik?

Apakah Perbedaan Antara Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik?

Penyebaran iklan dapat kita lakukan melalui dua jenis media, yakni media cetak dan media elektronik. Jadi apakah perbedaan antara iklan media cetak dan iklan media elektronik? Sebelum mengetahui jawabanya, kita harus tau terlebih dahulu apa itu pengertian dari iklan media cetak dan iklan media elektronik. 

Iklan media cetak merupakan iklan yang kita sebar di media cetak. Iklan pada media cetak ini bersifat tertulis. Contoh dari iklan media cetak adalah seperti iklan-iklan yang ditampilkan dan biasa kita temui di majalah, koran, tabloid, dan surat kabar.

Sedangkan iklan yang penyebarannya melalui media elektronik disebut iklan media elektronik. Iklan ini dapat kita dengar maupun kita lihat, dan bahkan perpaduan dari keduanya. Contohnya seperti iklan yang ada di radio, televisi, videotron, dan internet.

Perbedaan Iklan Media Cetak dan Media Elektronik adalah sebagi berikut ;

  • Iklan Media Cetak:
  • Sifatnya nyata dan tertulis
  • Bisa kita simpan dan bisa kita baca kapan saja
  • Dapat manusia tangkap hanya melalui indra pengelihatan
  • Tertulis menggunakan bahasa formal
  • Menggunakan kata-kata yang singkat
  • Tersajikan dalam bentuk tulisan dan gambar diam
  • Tersebarkan melalui media cetak

Iklan Media Elektronik:

  • Sifatnya maya dan tidak tertulis
  • Iklan kita tampilkan secara langsung pada saat itu saja
  • Dapat kita tangkap melalui indra pengelihatan dan pendengaran
  • Bahasa yang kita gunakan bisa formal dan non formal
  • Menggunakan kalimat narasi yang cukup panjang
  • Tersajikan menggunakan suara dan gambar bergerak
  • Tersebarkan melalui media elektronik

Dimana Iklan Elektronik ditampilkan?

Dimana Iklan Elektronik ditampilkan?

Berdasarkan ulasan diatas maka dapat menjawab pertanyaan, dimana iklan elektronik ditampilkan? Setelah membaca artikel diatas maka kita dapat mengetahui jika iklan yang penyebarannya melalui media elektronik disebut iklan elektronik.  Iklan elektronik ini terpampang atau kita siarkan di media elektronik, seperti televisi, radio dan internet.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.