Indigosol Adalah Zat Warna, Benakah?

Indigosol Adalah

Indigosol adalah pewarna untuk pembuatan kain batik yang terbuat dari jenis zat bejana yang terlarut dalam air. Jenis pewarna ini termasuk pewarna sintetis, yang mana ketika kita larutkan kedalam air, akan tetap jernih.

Indigosol adalah jenis zat warna yang mana saat kain celupkan, tidak ada perubahan apapun. Jadi, indigosol bukan pewarna? Jika pewarna, bagaimana cara memunculkan warna tersebut?

Untuk memunculkan warna indigosol pada kain batik, setelah kita celupkan kedalam larutan tersebut, jemurlah kain dibawah terik matahari. Dari situlah, warna dari indigosol akan muncul dengan sendirinya. Sangat menarik untuk dicoba bukan?

Indigosol Adalah

Indigosol Adalah

Indigosol adalah pewarna untuk proses pembuatan kain batik, terutama pada daerah yang banyak memproduksi kain batik yaitu kota Solo di Jawa Tengah.

Kain batik sendiri menjadi ciri khas dari negara Indonesia yang diminati oleh mancanegara. Kain yang biasa kita gunakan adalah jenis kain yang terbuat dari serat alam.

Untuk proses pewarnaan pada kain batik menggunakan indigosol, dengan teknik celup atau colet (lukis). Sifat pewarna jenis indigosol adalah mudah terlarut dalam air dingin dan tidak bisa larut kedalam air panas.

Pewarna indigosol mempunyai keuntungan yakni lebih tahan awet dan hasil dari kainnya menjadi bagus daripada pewarna yang lain. Indigosol temasuk pewarna yang mudah untuk kita gunakan dalam proses pembuatan kain batik.

Apakah naptol terbuat dari pewarna alami?

Naptol termasuk kategori pewarna sintetis, sama dengan indigosol. Berbeda dengan indigosol yang mudah terlarut air, sedangkan naptol tidak bisa terlarut dalam air.  Nah, apakah naptol terbuat dari pewarna alami?

Naptol adalah pewarna kain batik yang terbuat dari bahan kimia, bukan terbuat dari bahan alami. Pewarna ini sering dipakai oleh para perajin batik karena dalam teknik celup yang cepat dan menghasilkan warna yang kuat. Karena naptol tidak bisa terlarut kedalam air, maka ada campuran tambahan untuk memunculkan warna naptol. Biasanya menggunakan campuran air mendidih dan costic soda.

Nah, itu sedikit kesimpulan dan penjelasan dari pewarna naptol untuk kain batik.

Bahan Pewarna Alami Apa Saja?

Setelah membahas tentang indigosol dan pewarna naptol, selanjutnya, saya akan membahas tentang pewarna alami. Kira-kira, bahan pewarna alami apa saja? Yang biasa mereka gunakan untuk proses membatik. Berikut penjelasannya :

  • Indigo

Pewarna ini berasal dari tanaman indigofera, yang menghasilkan warna biru pada kain batik. Warna ini termasuk warna yang sering kita butuhkan.

  • Daun mangga

Selain buahnya yang memiliki rasa manis, ternyata daun mangga dapat kita gunakan untuk bahan pewarna kain batik. Daun mangga menghasilkan warna hijau.

  • Kunyit

Bumbu dapur yang satu ini sangat beragam manfaatnya, mulai dari kesehatan, kecantikan dan dapat kita gunakan sebagai bahan pewarna, karena kunyit tidak asing lagi memiliki warna apa didalamnya, pastinya menghasilkan warna kuning.

  • Kulit manggis

Manggis memiliki rasa manis dan asam, selain dari buahnya yang bisa kita konsumsi, kulitnya pun dapat kita gunakan untuk pewarna alami. Kulit manggis menghasilkan warna merah.

  • Soga

Jika anda tidak tahu soga, maka kenalkan, tanaman yang satu ini berasal dari daerah Papua Nugini. Soga ternasuk tanaman kategori polong-polongan, sama dengan kacang tanah dan sebagainya. Soga menghasilkan warna coklat.

Nah, itulah beberapa ulasan tentang bahan pewarna alami. Dari sini, dapat kita simpulkan pewarna naptol dan indigosol adalah pewarna sintetis yang berbahan dasar kimia. Batik tidak mudah untuk proses pembuatannya, diperlukan ketelitian dan ketekunan dalam pengerjaanya.

Tetapi, bahan kimia seperti naptol, indigosol, remasol dan yang lain, memang tidak ramah untuk lingkungan. Bahan tersebut juga berbahaya bagi manusia, terutama banyaknya pencemaran air yang disebabkan oleh beberapa bahan kimia tersebut.

Maka dari itu, ketika membatik sebaiknya dianjurkan menggunakan bahan pewarna alami dari pada bahan kimia, walaupun hasilnya tidak sebagus bahan kimia, tetapi kita lebih memilih bahan yang ramah untuk lingkungan.

Demikian artikel mengenai pewarna indigosol adalah. Semoga dapat bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.