Ingin Tau Cara Cek Mode Online Plat Nomor AG? Simak Penjelasan ini

plat nomor AG

Sebelum kita masuk lebih dalam ke pemahaman plat nomor AG, disini saya akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu plat nomor itu sendiri. Plat nomor adalah salah satu jenis identifikasi kendaraan bermotor. Plat nomor juga disebut sebagai plat registrasi kendaraan, yang dikenal sebagai plat izin (license plate). Bentuknya berupa potongan pelat logam atau plastik yang dipasang pada kendaraan bermotor sebagai identifikasi resmi. Sudah adakah yang bisa menebak plat nomor AG, mencakup wilayah mana saja?

Apa Arti Plat Nomor AG

Arti plat nomor AG sendiri ialah plat yang diawali huruf AG digunakan kendaraan bermotor yang berasal dari daerah Kediri, Blitar, Nganjuk, Trenggalek, dan Tulungagung, yang masuk dalam kawasan jawa timur(jatim). Tetapi Kediri bukan satu-satunya wilayah yang mempunyai kode tersebut. Paling tidak ada 4 kabupaten lain yang juga memiliki plat nomor AG untuk kendaraan bermotor.

Contoh plat nomor AG kota Kediri.

plat nomor AG

Plat AG Meliputi Apa Saja

Ada juga 4 kabupaten lain yang juga memiliki plat nomor AG untuk kendaraan bermotor. Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai kode plat AG meliputi kota sebagai berikut.

  • Untuk wilayah kota Kediri plat nomor kendaraan dengan kode belakangĀ  A/B/C.
  • Sedangkan untuk kabupaten Kediri plat nomor kendaraannya dilengkapi dengan kode belakang D/E/F/G/H/J.
  • Wilayah kabupaten Blitar dengan plat nomor kendaraan dan kode belakang I/K/L/M/N.
  • Kabupaten Tulungagung memiliki plat nomor kendaraan dan kode belakang O/R/S/T.
  • Untuk plat nomor kendaraan wilayah kota Blitar adalah dengan kode belakang P/Q.
  • Kabupaten Nganjuk memiliki plat nomor dengan kode belakang U/V/W/X.
  • Sementara untukĀ kabupaten Trenggalek dengan kode belakang Y/Z.

Plat nomor kendaraan memiliki kode yang berfungsi untuk identifikasi. Ada dua jenis kode di dalam plat nomor kendaraan yaitu kode angka dan kode huruf.

Kode Angka, menunjukkan nomor registrasi kendaraan. Sementara kode huruf depan menunjukkan asal wilayah kendaraan tersebut. Pencatatan seri nomor plat di gunakai sebagai buki bahwa kendaraan kita resmi.

Contoh plat AG wilayah Kabupaten Nganjuk dan Tulungagung

Plat AG meliputi apa saja

Plat AG meliputi apa saja

Cek Mode Online Plat AG

Untuk melakukan pengecekan mode online plat AG, Anda bisa melakukannya dengan beberapa pilihan cara. Tentunya semakin canggih teknologi semakin mudah juga penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Kalian bisa bebas mengakses Website e-Smart Samsat Jatim (info.dipendajatim.go.id/esamsat/). Untuk mengecek, berikut adalah cara cek plat nomor online melalui e-samsat Website yang bisa kalian akses:

  • Buka situs e-samsat sesuai provinsi atau bisa akses langsung e-samsat.id (info.dipendajatim.go.id/esamsat/)
  • Masukkan nomor polisi atau plat nomor kendaraan yang akan kalian cek.
  • Isi kode keamanan dengan benar, pastikan huruf kapital dan urutannya sesuai.
  • Klik Cari untuk menemukan informasi.
  • Tunggu sebentar dan informasi mengenai kendaraan yang kalian cari akan muncul.

Cek mode online plat AG

Jika masih kesulitan, kalian bisa langsung ke samsat terdekat untuk melakukan pengecekan pajak tahunan, dan pajak 5 tahuan supaya lebih jelas. Dan juga pastikan pajak kendaraan kalian tidak mati, agar kalian tidak terkena denda atau tilang. Aset pajak kendaraan juga masuk ke aset negara sebagai pembenahan infrastruktur jalan. Orang bijak selalu membayar pajak tepat waktu. Mungkin sampai disini artikel pembahasan mengenai plat nomor kendaraan. Lebih dan kurangnya akan saya bahas di artikel selanjutnya, terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.