Ini Daftar Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil!

Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Anemia merupakan penyakit yang sangat rentan sekali menyerang para ibu hamil, oleh karena itu para ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan penambah darah untuk ibu hamil.

Anemia sendiri merupakan penyakit kurangnya sel darah merah atau hemoglobin yang ada di dalam sel tubuh kita. Sehingga dapat membuat sakit kepala, badan menjadi mudah lelah dan lesu.

Seperti yang kita ketahui, sel darah merah sangat berperan penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh kita. Biasanya jenis anemia yang biasanya menyerang ibu hamil adalah anemia defisiensi zat besi.

Apa Penyebab Kurang Darah pada Ibu Hamil?

Apa Penyebab Kurang Darah pada Ibu Hamil?

Biasanya kadar hemoglobin atau sel darah pada ibu hamil memang lebih sedikit daripada wanita umumnya. Hal ini memang bersifat wajar dan tidak terlalu berbahaya, ibu hamil dikatakan kekurangan darah apabila kadar hemoglobin yang ada di dalam dirinya di bawah dari 11 g/dL. Nah, kira-kira apa penyebab kurang darah pada ibu hamil? Ada banyak penyebab kurangnya darah pada ibu hamil, yaitu:

  1. Kurangnya Zat Besi
    Kurangnya asupan-asupan nutrisi seperti zat besi, vitamin B12, atau asam folat bisa menjadi penyebab kurangnya darah pada wanita yang sedang mengandung. Oleh karena itu mereka dianjurkan untuk mengonsumsi makanan penambah darah untuk ibu hamil yang tinggi akan kandungan zat besinya.
  2. Penyakit Tertentu
    Faktor kekurangan darah yang kedua adalah penyakit tertentu yang diderita oleh sang perempuan hamil, seperti Thalasemia. Penyakit ini menyebabkan sel darah merah yang ada di dalam tubuh menjadi cepat rusak, sehingga dapat mengakibatkan penurunan kadar darah yang amat drastis.

Ibu Hamil Kurang Darah Makan Buah Apa?

Ibu Hamil Kurang Darah Makan Buah Apa?

Seperti yang sudah Mimin sebelumnya, bahwa anemia yang para wanita yang mengandung derita dapat sembuh dengan menkonsumsi makanan penambah darah untuk ibu hamil yang memiliki banyak nutrisi, salah satunya adalah buah-buahan. Lalu, ibu hamil kurang darah makan buah apa? Berikut Mimin berikan daftarnya, yaitu:

  1. Kurma
    Kurma merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk makanan penambah darah untuk ibu hamil. Alasannya adalah karena kurma mengandung magnesium, kalsium, vitamin A, vitamin B, dan tentu saja zat besi. Selain itu Kurma juga berkhasiat untuk memberikan energi bagi tubuh untuk beraktivitas.
  2. Pisang
    Buah yang satu ini memang sudah terkenal akan kandungannya yang kaya akan kalium, zat besi, vitamin, serta mineral yang baik untuk tubuh yang dapat mengoptimalkan proses regenerasi hemoglobin.

Makanan Apa yang Bisa Menaikan Darah Untuk Ibu Hamil?

Makanan Apa yang Bisa Menaikan Darah Untuk Ibu Hamil?

Selain buah-buahan, juga terdapat beberapa macam makanan penambah darah untuk ibu hamil yang mengandung banyak zat besi dan tentunya sehat untuk dikonsumsi. Jadi, makanan apa yang bisa menaikan darah untuk ibu hamil adalah sebagai berikut:

  1. Sayuran Berdaun Hijau
    Seperti yang kita ketahui, banyak sayuran berdaun hijau yang kaya akan zat besi, seperti bayam dan brokoli. Selain tinggi akan besi, sayuran-sayuran ini juga mengandung segudang khasiat yang baik untuk tubuh terutama untuk wanita yang sedang mengandung.
  2. Daging
    Daging juga tak luput dari daftar makanan yang tinggi zat besi, terutama merah seperti sapi dan kambing. Hal ini dikarenakan daging merupakan makanan yang mengandung zat besi yang paling tinggi daripada yang lainnya.

Penutup

Itu dia penjelasan Mimin mengenai makanan ytinggi zat besi yang baik untuk ibu hamil. Semoga artikel ini dapat membantu kalian semua mengetahui lebih dalam tentang anemia yang dapat para wanita yang sedang mengandung alami ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.