Ini Dia Obat Meriang Untuk Ibu Menyusui Pasti Ampuh!

Obat Meriang Untuk Ibu Menyusui

Setiap ibu yang mempunyai bayi pasti memberi asi bayi, mulai saat awal-awal kelahiran hingga berumur 2 tahun pada umumnya. Selama menyusui tentu terdapat beberapa hal yang terjadi pada ibu, seperti menggigil kedinginan. Apa penyebab ibu menyusui menggigil kedinginan saat menyusui? Dan apa obat meriang untuk ibu menyusui yang ampuh?

Menyusui adalah aktivitas seorang ibu memberikan air susu ibu (ASI) kepada bayi. Alasan melakukan aktivitas ini karena bayi belum mampu memakan makanan dan menurut penelitian, air susu ibu mengandung gizi yang sangat tinggal dan baik bagi bayi.

Saat memberikan asi, bunda terkadang merasakan kurang enak badan, menggigil ataupun merasakan sedikit demam. Sehingga biasanya minum obat meriang untuk ibu menyusui. Namun jika ibu menyusui sakit demam apakah berpengaruh pada bayi?

Apa Penyebab Ibu Menyusui Menggigil Kedinginan Saat Menyusui?

Apa Penyebab Ibu Menyusui Menggigil Kedinginan Saat Menyusui?

Mari kita ketahui terlebih dahulu alasan terjadinya ini dan merasa seperti meriang atau flu. Alasannya karena saat melakukan aktivitas memberikan asi, terjadinya peradangan atau infeksi pada jaringan payudara yang dinamakan mastitis.

Pada ibu yang menyusui, mastitis yang biasanya ibu ibu alami adalah puerperal mastitis sedangkan pada ibu yang tidak menyusui adalah periductal mastitis. Saat menderita mastitis, akan memunculkan gejala yang mirip seperti flu atau meriang, kurang enak badan dan merasa demam, sehingga terkadang memerlukan obat meriang untuk ibu menyusui. Penyebab mastitis itu sendiri adalah:

1.) Penyumbatan pada saluran susu.

Penyumbatan ini terjadi ketika air susu ibu tidak bisa keluar secara teratur sehingga air menjadi menumpuk dan di payudara muncul benjolan-benjolan yang lembut.

2.) Infeksi

Mastitis dapat terjadi karena masuknya bakteria di saluran susu sehingga mengakibatkan infeksi. Bakteri dapat masuk ketika puting susu yang pecah atau pemompaan yang buruk.

Jika Ibu Menyusui Sakit Demam Apakah Berpengaruh pada Bayi?

Jika Ibu Menyusui Sakit Demam Apakah Berpengaruh pada Bayi?

Jawabannya adalah tidak, karena seperti yang telah kita jelaskan bahwa demam, menggigil atau kondisi lainnya penyebabnya adalah mastitis karena penyumbatan pada saluran susu atau infeksi. Sehingga lebih baik untuk meneruskan memberikan asi, sama seperti ketika bunda batuk, diare, sakit tenggorokan, dll bunda tetap dapat memberikan asi kepada sang buah hati.

Setelah mengetahui penyebabnya, berikut cara-cara untuk perawatan terhadap bunda yang menyusui saat mengalami hal-hal tersebut :

1.) Secara alami

  • Meminum minuman hangat
  • Memberikan selimut untuk menghangatkan bunda dan memonitor kondisi bunda
  • Memperbanyak minum
  • Istirahat yang cukup
  • Melonggarkan bra
  • Tidak berhenti memberikan asi dan melakukannya secara rutin agar asi tidak menumpuk
  • Memasangkan masker oksigen jika kondisi yang pasien alami sudah intens

2.) Obat-obatan

  • Parasetamol (Acetaminophen)Jenis obat ini termasuk aman untuk bunda maupun bayi karena acetaminophen yang diteruskan kepada bayi berjumlah kecil sehingga tidak berbahaya untuk bayi
  • IbuprofenObat jenis ini dapat meredakan flu, meriang, sakit kepala, dll dan aman untuk bayi karena jumlahnya yang sedikit. Namun perlu kita perhatikan karena seseorang dengan asma atau maag tidak dianjurkan mengkonsumsi obat ini
  • Seng Glukonat – Obat ini berfungsi meredakan meriang dan flu. Obat ini dijual bebas, namun sebaiknya berkonsultasi dengan doktor terlebih dahulu. Karena obat ini berbentuk gel yang kita masukkan melalui hidung
  • Klorfeniramin dan Hidroksi Zin

Obat ini dapat mengobati pilek karena alergi, hidung tersumbat, meriang dan demam. Obat ini termasuk aman juga untuk bunda maupun bayi karena hanya sejumlah kecil yang akan bayi terima

Apa Merk Obat Demam untuk Ibu Menyusui

Apa Merk Obat Demam untuk Ibu Menyusui

Obat demam yang ibu pakai pada umumnya adalah sanmol, amoksan, fu tino dan cortidex. Namun merk obat demam untuk ibu menyusui fu tino dan cortidex memerlukan konsultasi pada dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau salah penanganan.

Nah itu dia yang dapat kita bahas dari topik obat ibu menyusui. Jika kalian tertarik dapat juga membaca apakah benar panadol untuk ibu menyusui itu aman? Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.