Ini Lo! Makanan dan Buah untuk Menurunkan Tensi

Buah untuk Menurunkan Tensi

Tensi atau tekanan darah adalah ukuran untuk mengecek kondisi kesehatan jantung serta memantau sirkulasi darah yang mengalir di dalam tubuh. Tekanan darah (tensi) yang normal pada orang dewasa yakni sekitar 120/80 mm Hg, bila melewati batas tersebut, maka dapat dikatakan tekanan darah tidak normal. Ada makanan seperti sayur dan buah untuk menurunkan tensi.

Ada ukuran tensi untu anak-anak dan bayi. Jika anak memasuki usia remaja, memiliki ukuran tensi sekitarĀ  66-80 mm Hg. Sedangkan bayi memiliki ukuran tensi sekitar 20-60 mm Hg.

Tensi memiliki waktu yang baik untuk memeriksa kondisi darah yakni waktu dipagi hari selesai mandi dan dianjurkan sebelum makan. Untuk mengukur tekanan darah tidak perlu setiap hari, cukup satu bulan sekali secara rutin sebagai pengecek kesehatan jantung.

Buah untuk menurunkan tensi seperti halnya anggur, delima, pisang dan masih banyak lagi. Buah tersebut memiliki kandungan L-citrulline, polifenol, kalium, vitamin C, E dan Folat, baik untuk menurunkan kadar tekanan darah tinggi. Jadi, asupan makanan berperan penting untuk mengendalikan tekanan darah, tetapi tetap cermat dalam pemilihan makanan tersebut.

Darah Tinggi Harus Makan Buah Apa?

Darah Tinggi Harus Makan Buah Apa?

Jika anda mempunyai penyakit darah tinggi, maka mulailah mengonsumsi makanan dalam bentuk buah atau sayur. Kira-kira, darah tinggi harus makan buah apa? Simak ulasan dibawah ini.

Darah tinggi adalah penyakit umum di kalangan semua orang. Hal itu bisa terjadi, karena cenderung dari gaya pola makan yang salah. Tenang saja, ada beberapa macam buah untuk menurunkan tensi yakni :

  • Kiwi

Kiwi adalah salah satu buah untuk menurunkan tensi, yang mengandung sumber nutrisi seperti vitamin A, E, K, C, kalsium, asam amino dan folat. Manfaat buah kiwi yakni dapat memperlancar sistem pencernaan, meningkatkan daya kualitas tidur, menjaga kesehatan mata, dapat mengurangi penyakit asma, dapat mencegah dari penyakit stroke, jantung dan paru-paru.

  • Buah bit

Buah bit memiliki kandungan nitrat yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tetapi buah ini jarang ditemukan di pasar tradisional, kemungkinan diperjual belikan di supermarket tertentu.

  • Pisang

Buah ini memiliki kandungan kalium sehingga dapat mengontrol tekanan darah.

Makanan Apa Yang Cepat Menurunkan Tensi Tinggi?

Makanan Apa Yang Cepat Menurunkan Tensi Tinggi?

Makanan apa yg cepat menurunkan tensi tinggi? Ini merupakan termasuk salah satu sumber penyebab darah tinggi, tetapi ada beberapa makanan sebagai penghambat penyakit tersebut. Berikut ulasannya.

  • Sayuran hijau

Sayuran mengandung banyak nutrisi di dalamnya dan dapat meredakan penyakit tersebut seperti sayur bayam, kubis, selada, lobak hijau dan bit hijau.

  • Buah beri

Buah beri memiliki beberapa varian bentuk seperti stroberi, blackberry, blueberi, raspberi, cranberi, bilberi, dan blackcurrant. Buah tersebut memiliki beragam vitamin dan nutrsi di dalamnya.

  • Wortel

Selain untuk bahan masakan, wortel dapat kita makan langsung dan kita jadikan sebagai penurun tensi tinggi.

Apa Pantangan Darah Tinggi?

Apa Pantangan Darah Tinggi?

 

Ada beberapa makanan yang harus di hindari agar tensi tidak bertambah parah. Apa Pantangan darah tinggi? Berikut ini pantangannya :

  • Acar

Jangan terlalu banyak mengonsumsi acar, karena tidak baik untuk penderita penyakit tersebut. Mengapa tidak boleh dikonsumsi? Karena acar memiliki garam sebagai pengawet, nah, garam tersebutlah yang harus dihindari.

  • Gorengan

Gorengan adalah makanan yang diproses melalui teknik digoreng. Menggoreng menggunakan minyak, tidak baik untuk penyakit darah tinggi.

  • Garam

Garam adalah rival dari penyakit darah tinggi. Garam dapat meningkatkan volume darah, jika kita konsumsi berlebihan akan kambuh lagi penyakit tersebut.

 

Demikianlah artikel mengenai macam buah untuk menurunkan tensi. Terima kasih dan sehat selalu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.