Inilah 9 Sayuran dan Buah Yang Mengandung Vitamin D

BUAH YANG MENGANDUNG VITAMIN D

Setiap harinya manusia memerlukan nutrisi agar tetap sehat dan tidak terkena penyakit. Salah satu nutrisi yang kita butuhkan adalah Vitamin D. Apakah teman-teman tahu Vitamin D ada di buah dan sayur apa? Mari lihat bersama sayuran dan buah yang mengandung Vitamin D

Vitamin D pada umumnya kita dapatkan melalui matahari. Fungsi dari nutrisi ini adalah untuk memelihara kesehatan tubuh terutama pada tulang dan gigi, karena dapat membantu tubuh untuk menyerap kalsium.

Vitamin D Terdapat pada Makanan Apa Saja?

Vitamin D ada di buah dan sayur apa

Selain dari matahari, Vitamin D dapat kita temukan pada makanan. Makanan yang mengandung nutrisi ini adalah ikan salmon, tuna kalengan, jamir, kuning telur, dll. Nutrisi ini juga ada di dalam buah dan sayuran loh. Pasti penasaran bukan sayuran dan buah yang mengandung Vitamin D ada apa saja

Vitamin D ada di buah dan sayur apa? Berikut daftarnya:

1.  Jeruk

Memang jika kita mendengar buah jeruk pasti yang terlintas pertama kali adalah Vitamin C. Namun jeruk juga mengandung Vitamin D juga loh. Sehingga mengkonsumsi jeruk akan sangat baik untuk tubuh

2. Jamur

Jamur mengandung nutrisi ini juga. Jamur mengandung Vitamin D2 yang didapatkannya dengan mengubah ergosterol di membrannya melalui reaksi fotokimia. Cara ini juga tubuh kita lakukan ketika sinar matahari mengubah kolesterol menjadi Vitamin D3.

3. Pisang

Walaupun pisang tidak termasuk buah yang mengandung vitamin D. Pisang mengandung magnesium dalam jumlah yang besar, yang dimana magnesium berfungsi untuk mengaktifkan Vitamin D yang ada di dalam tubuh.

4. Kiwi

Kiwi juga dapat membantu tubuh kita mendapatkan Vitamin D yang cukup, serta dapat meningkatkan imun di dalam tubuh kita.

5. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran yang memiliki nutrisi ini. Selain itu bayam mengandung kalsium, serat, asam folat, dll yang sangat baik untuk tubuh juga.

6. Brokoli

Sayuran ini mengandung Vitamin D dan Vitamin K yang bagus untuk tulang dan darah. Serta sayuran ini dapat membuat tubuh menjadi lebih kebal dari penyakit.

7. Kedelai

Jika setiap hari teman-teman memakan tahu atau tempe, secara tidak langsung teman-teman mendapat Vitamin D juga loh. Selain itu susu kedelai juga memiliki manfaat yang sama.

8. Kale

Kale adalah sayuran yang tidak mengandung Vitamin D, namun kaya akan magnesium sama seperti pisang. Sehingga tidak buruk untuk mengkonsumsi kale karena kale juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

9. Kubis

Kubis juga bukanlah sayuran yang mengandung nutrisi ini. Namun kubis mengandung magnesium juga dan memiliki nutrisi yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

Vitamin D terdapat pada makanan apa saja

Itulah daftar sayuran dan buah yang mengandung Vitamin D. Jadi teman-teman tidak harus khawatir lagi jika kekurangan Vitamin D harus makan apa.

Jika kita kekurangan Vitamin D, maka kita akan mengalami hal-hal berikut :

  • Munculnya penyakit jantung
  • Menderita skizofrenia
  • Nyeri tulang
  • Mood yang berubah-ubah
  • Mudah terkena infeksi

Jadi perlu kita memakan sayuran dan buah yang mengandung Vitamin D agar tidak terkena hal-hal tersebut.

Namun kita tidak perlu pusing lagi Vitamin D terdapat pada makanan apa saja atau jika kita kekurangan Vitamin D harus makan apa. Karena selain dari sinar matahari dan makanan, pada saat ini terdapat juga suplemen yang membantu tubuh memiliki nutrisi yang cukup.

Tentu lebih baik jika kita mendapatkan nutrisi tersebut secara langsung secara alami, namun pada beberapa orang mungkin saja tidak dapat melakukannya sehingga mengkonsumsi suplemen tidak buruk juga, selama tidak berlebihan dan dengan tujuan menjaga kesehatan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.