Jelaskan Apa yang dimaksud Dengan Pola irama?

Apa yang dimaksud Dengan Pola irama

Mungkin sebagian dari kalian ada yang belum tahu, tentang apa yang dimaksud dengan pola irama. Adalah sekelompok bunyi dengan susunan tertentu dalam satu atau beberapa birama yang muncul secara berulang  dan teratur dalam komposisi lagu. Dalam aransemen musik membutuhkan beberapa komposisi nada agar tecipta musik yang indah. Selain agar terdengar seirama membutuhkan ketelitian dalam menciptakan suatu nada yang sefrekuensi.

Apa yang dimaksud Dengan Pola Irama Pola Irama Adalah Panjang Pendeknya Sebuah Nada?

Apa yang dimaksud Dengan Pola Irama Pola Irama Adalah Panjang Pendeknya Sebuah Nada?

Dalam sebuah lagu Apa yang dimaksud dengan pola irama pola irama adalan panjang pendeknya sebuah nada? Kasus ini sering di tanyai, apa yang dimaksud dengan pola irama. Di sebuah aransemen musik diperlukan keselarasan melodi agar mendapatkan keseimbangan musik. Atau juga bias di sebut sebagai alur agar mendapatkan nyawa pada lagu tersebut. Contoh jika lagu di tulis dengan alur yang datar, mungkin pendengarnya akan merasa bosan tidak ada nyawa pada lagu tersebut.

Pola Irama Apa Saja?

Pola Irama Apa Saja?

Irama sebuah lagu umumnya terdiri atas beberapa polanya.  Apa yang dimaksud dengan Pola irama tersebut dapat sama ataupun berulang, serta bisa juga berbeda sedikit maupun sangat berbeda. Berikut adalah perbedaan  jenis  Pola irama apa saja ? Adalah ;

  • Polanya yang sama disebut ritme rata, yaitu bentuk pola dan disusunan panjang pendek bunyinya terbagi rata atau sama.
  • Polanya yang tidak sama panjang disebut ritme tidak senada, yaitu bentuk rimanya yang disusun panjang pendek bunyinya tidak terbagi rata atau tidak sama pola tersebut.
  • Polanya yang berulang disebut ostinato ritme, yaitu bentuk rima yang dibunyikan atau terdengar berulang sama.

Contoh Pola Irama

Contoh Pola Irama

Dalam sebuah musik apa yang dimaksud dengan pola irama adalah unsur yang harus ada di dalam musik tersebut. Walau begitu alur ini bukan menjadi satu satunya unsur dalam musik dan masih ada beberapa unsur penting lainnya. Contoh pola  irama dan beberapa unsur musik lainnya adalah ;

  1. Harmoni

Harmoni adalah sekumpulan nada yang saat dimainkan bersamaan  akan menghasilkan bunyi yang selaras untuk didengar. Dengan kata lain harmoni menjadi sebuah bentuk paduan yang serasi antara nada atau bunyinya.

  1. Tangga Nada

Tangga nada sendiri  tersusun membentuk susunan yang merupakan serangkaian ritme. Biasanya dalam tangga nada akan terdapat satu nada yang menjadi dasar atau akan menjadi acuan dan akan diikuti oleh nada yang lain. nada tersebut dengan pola interval tertentu yang menyesuaikan bisa rendah atau tinggi dari sebuah ritme. Tangga nada tersebut terbagi menjadi dua :

  • Tangga nada diatonik adalah tangga nada yang terdiri dari 7 nada dengan 2 jenis jarak yaitu jarak 1/2 dan 1
  • Tangga nada pentatonik merupakan tangga nada yang hanya memiliki 5 nada pokok dasarnya.
  1. Melodi

Melodi adalah tingkatan dalam sebuah alunan musik baik tinggi dan rendah dan panjang atau pendek suatu ritme. Dengan adanya melodi ini dapat membuat musik menjadi lebih berwarna dan hidup

  1. Dinamika

Dinamika merupakan sebuah tanda memainkan nada dengan volume nyaring atau lembutnya ritme.  Dinamika berfungsi untuk menonjolkan nuansa hidup dalam sebuah lagu, seperti dinamika dengan nuansa bahagia, melow, marah, dan flat.

  1. Timbre

Timbre adalah beda sifat dua nada dalam aransemen instrumen yang sama kuat dan sama tinggi nada alurnya. Dalam seni musik timbre dapat diartikan sebagai kualitas atau warna bunyi yang dipengaruhi oleh sumber bunyi serta alat music untuk menciptakjan lagu.

Mungkin sekian dari artikel kali ini, terima kasih atas waktunya dan sampai jumpa di lain waktu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.