Jelaskan Hubungan Antara & dengan Makna Sila Kedua Pancasila

jelaskan hubungan antara & dengan makna sila kedua pancasila

Pada materi kali ini di jelaskan hubungan antara & dengan makna sila kedua pancasila adalah. Dalam Simbol rantai sila kedua Pancasila memiliki makna hubungan manusia yang sejajar seperti mata rantai dan saling memperkuat. Seperti simbol rantai itu, manusia harus rukun dan saling menguatkan dalam segala perbedaannya.

Apa Hubungan Antara & Makna dari Sila Kedua Pancasila?

Apa Hubungan Antara & Makna dari Sila Kedua Pancasila?

Menurut kalian, apa hubungan antara & makna dari sila kedua Pancasila?

Adapun di jelaskan hubungan antara & dengan makna sila kedua pancasila adalah, mata rantai yang saling berkaitan melambangkan hubungan manusia satu dengan yang lainnya yang perlu bersatu dan saling membantu sehingga menjadi kuat seperti arti rantainya. Mata rantai tersebut berbentuk segiempat  melambangkan pria, sedangkan mata rantai berbentuk lingkaran melambangkan wanita

Dan adapun contoh dari makna tersebut, adalah :

  • Menyayangi, menghormati dan menaati nasihat orang yang lebih tua
  • Menjaga nama baik keluarga di masyarakat umum
  • Setiap keluarga wajib mendapatkan hak dan kewajiban warga Negara
  • Saling membantu dalam lingkungan
  • Memberi amal kepada orang yang membutuhkan
  • Berlaku sopan kepada siapapun.

Nilai-nilai ini harus diamalkan dalam kehidupan sehari hari sehingga dapat tercapai kondisi masyarakat ideal untuk seluruh bangsa. Dipraktekkan dalam berbagai nilai kehidupannya, masyarakat sebenarnya sudah memiliki pegangan yang kuat secara mendasar dari Pancasila.

Contoh sikap pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam sila kedua Pancasila adalah sebagai adalah :

– Menempatkan sesama manusia sebagai makhluk Tuhan dengan segala martabat dan hak asasi mereka

– Memperlakukan sesama manusia secara adil dan beradab seperti memperlakukan dirinya.

– Memperlakukan sesama manusia sebagai manusia pribadi dan manusia sosial secara seimbang dan merata.

Jelaskan Apa Saja Makna yang Terdapat Dalam Pancasila Sila Ke-2?

Jelaskan Apa Saja Makna yang Terdapat Dalam Pancasila Sila Ke-2?

Di dalam kemasyarakatan di jelaskan apa saja makna yang terdapat dalam Pancasila sila ke-2 ?

Pancasila merupakan dasar utama yang dipegang bangsa Indonesia , sejak awal didirikannya bangsa Kemerdekaan. Memiliki lima sila yang ditunjukkan dengan lima lambang berbeda beda , makna yang dikandung juga berbeda mewakili masing-masing sila,adanya hal yang di jelaskan hubungan antara & dengan makna sila kedua Pancasila, yaitu :

Nilai yang terkandung didalamnya adalah nilai kemanusiaan . Lebih tinggi rasa, nilai yang terkandung dalam sila kedua yaitu nilai kemanusiaan , nilai keadilan dan nilai keadaban .

(kemanusiaan yang adil dan beradab) berisi cita cita kemanusiaan untuk dapat menjadi pelengkap, adil dan beradab dalam memenuhi seluruh hakikat manusianya. Kemanusiaan yang adil yang beradab adalah sifat keluhuran budi manusia Bangsa Indonesia. Seperti dikutip dari semboyan Pancasila.

Kemanusiaan yang adil dan beradab menjadikan setiap warga negara punya kewajiban dan hak yang setara, juga dijamin haknya serta kebebasannya terkait hubungan baik dengan Tuhan Yang Maha Esa, perorangan, negaranya, dan masyarakat umum.

Diliputi dan dijiwai oleh sila kesatu. Ini berarti, kemanusiaan yang adil dan beradab bagi bangsa Indonesia bersumber dari ajaran Tuhan yang Maha Esa. yaitu manusia merupakan makhluk pribadi sosial, anggota masyarakatnya.

Hakikat pengertian sila kedua Pancasila menjiwai pembukaan dan pasal dan didalam UUD 1945 seperti berikut ini,

– didalam alinea pertama Pembukaan UUD 1945 . (Bahwa Sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikeadilan dan perikemanusiaan)

– didalam Pasal 27 , 28 , 29 , 30 dan 31 UUD 1945 mengenai kemanusiaan makhluk sosial.

Apa Hubungan Antara Simbol dan Makna dari Sila Pertama Pancasila?

Apa Hubungan Antara Simbol dan Makna dari Sila Pertama Pancasila?

Lambang keNegaraan memiliki aspek pengertian masing masing. Di jelaskan hubungan antara & dengan makna sila kedua Pancasila . Dan mengenai apa hubungan antara simbol dan makna dari sila pertama pancasila ?  bunyi Pancasila ;

  • Ketuhanan Yang Maha Esa
  • Kemanusiaan yang adil dan beradab
  • Persatuan Indonesia
  • Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  • Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Simbol Pancasila

Perisai yang merupakan lambang perjuangan dan perlindungan ini terbagi atas lima bagiannya.

Dalam perisai menjelaskan, terdapat simbol simbol yang melambangkan sila silanya. Berikut ini 5 makna lambang Pancasila adalah

  1. Simbol gambar bintang

Gambar bintang berwarna kuning yang bersudut lima dengan latar belakang warna hitam terletak di tengah perisai dijadikan sebagai dasar Ketuhanan Yang Maha Esa .

  1. Simbol gambar rantai

Simbil rantai dengan latar belakang warna merah dijadikan sebagai dasar Kemanusiaan yang Adil dan beradab bagi seluruh masyarakat

  1. Simbol gambar pohon beringin

Simbol yang terletak di bagian atas sebelah kiri gambar bintang dijadikan sebagai dasar Persatuan Bangsa Indonesia.  Gambar pohon beringin ini dijadikan sebagai lambang untuk sila ketiga. Pohon beringin melambangkan sebagai tempat berteduh atau melindungi.

  1. Simbol gambar kepala banteng

Gambar kepala banteng terletak di sebelah atas gambar bintang. Pada gambar Kepala Banteng dijadikan sebagai dasar Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan Bangsa

  1. Simbol gambar padi dan kapas

Gambar padi dan kapas melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan Bangsa. Simbol gambar padi dan kapas dijadikan sebagai dasar Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Sekian dari artikel ini, semoga membantu dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.