Jelaskan Mengenai Pola Lantai Diagonal, Berikut Contohnya!

Jelaskan Mengenai Pola Lantai Diagonal

Apakah kalian disini suka menari? Kali ini aku akan membahas tentang jelaskan mengenai pola lantai diagonal. Dalam menarikan sebuah tarian daerah ada unsur yang disebut sebagai pola lantai. Corak lantai dalam tarian daerah dibagi menjadi dua kelompok pola lantai yaitu pola lantai garis lurus dan pola lantai garis lengkung. dalam pola lantai garis lurus ada yang dikreasikan menjadi ber zig zag atau berbelok belok. Pola lantai juga menentukan gerakan gerakan para penari. Pola lantai dan gerak tari juga saling mendukung dalam gerakan tarian. kali ini aku akan jelaskan mengenai pola lantai diagonal. pola lantai diagonal ini adalah pola lantai yang menyerupai garis miring.

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Pola Lantai Gerak Tari?

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Pola Lantai Gerak Tari?

Setelah aku jelaskan mengenai pola lantai diagonal. kali ini aku akan jelaskan apa yang dimaksud dengan pola lantai gerak tari? Pola lantai adalah suatu formasi atau barisan yang dibentuk atau digunakan oleh para penari ketika menampilkan gerak tarinya dalam suatu penampilan karya tari. Pola lantai ini digunakan dalam suatu penampilan karya tari ini untuk meningkatkan nilai keindahan dari penampilan karya tari tersebut secara menyeluruh.

Dalam menerapkan pola lantai di dalam suatu penampilan karya tari, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, berikut ini contohnya :

Jumlah penari

Setiap bentuk dari pola lantai akan membutuhkan jumlah penari yang cukup sehingga membuat tari kelompok bisa memiliki bentuk pola lantai yang lebih beragam dibandingkan dengan tari tunggal atau tari berpasangan.

Luas ruang

Bentuk dari pola lantai bisa memakan tempat secara banyak sehingga bentuk dari pola lantai harusĀ  disesuaikan dengan besaran panggung yang bisa digunakan oleh para penari.

Gerak tari

Setiap gerakan dari para penari membutuhkan ruang, dan pola lantai tidak boleh membuat para penari menjadi berhimpitan dan menghambat gerakan tari yang harus para penari gerakkan.

Apa Saja Jenis Jenis Pola Lantai?

Apa Saja Jenis Jenis Pola Lantai?

setelah kita bahas tentang apa itu pola lantai gerak tari, kali ini kita akan membahas Apa Saja Jenis Jenis Pola Lantai? Bentuk dari pola lantai sendiri bisa dibedakan menjadi 2 yaitu :

Pola lantai garis lurus

Jenis pola lantai ini adalah berupa garis bersudut yang akan dibentuk dengan para penari yang berbaris secara sejajar dan lurus.

Pola lantai garis lengkung

Jenis pola lantai yang berupa garis melingkar yang dibentuk oleh barisan para penari.

Pola Lantai Garis Lengkung

Pada pola lantai garis lengkung ini, posisi penari akan membentuk setengah lingkaran ke luar atau ke dalam. Pola lantai ini akan berbentuk cekung atau cembung jika dilihat dari depan. Dengan menggunakan pola lantai jenis ini, kita akan mendapatkan kesan yang lembut dan halus. Selain itu. Pola dari lantai garis lengkung ini juga bisa dikembangkan lagi jadi pola lantai lingkaran yang penuh atau membentuk angka delapan.

Mengapa Pola Lantai Diagonal?

Mengapa Pola Lantai Diagonal?

setelah membahas tentang jenis jenis pola lantai, kali ini kita akan membahas tentang mengapa pola lantai diagonal? Pola lantai garis diagonal ini, memungkinkan posisi setiap penari berselang seling secara bergantian ke depan dan juga ke belakang. Dari pola lantai ini kita akan merasakan kesan dinamis dan juga lincah. Dan juga pola lantai ini bisa divariasikan posisi menyerong, dari kanan depan ke kiri belakang atau juga kiri depan ke kanan belakang

Sekian pembahasan saya tentang jelaskan mengenai pola lantai diagonal. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman sekalian, terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.