Jelaskan Pengertian Algoritma Beserta Contohnya!

Jelaskan Pengertian Algoritma

halo teman teman, kalian pernah gak sih mendengar kata algoritma? pastinya banyak kalian yang sudah pernah mendengar kata ini, tetapi apakah kalian tahu apa itu algoritma? Nah tenang saja teman teman kali ini aku akan membahas tentang jelaskan pengertian algoritma.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan juga teknologi menjadikan manusia mampu menghasilkan karya-karya yang semakin canggih dan juga kompleks. Meskipun komputer dapat melakukan perhitungan dengan cepat dibandingkan dengan manusia, tetapi komputer ini tidak dapat menyelesaikan masalah begitu saja tanpa diajarkan terlebih dahulu oleh manusia melalui urutan langkah-langkah atau yang biasa disebut dengan algoritma.

Selain digunakan untuk pemecahan masalah dengan komputer, algoritma juga dapat diterapkan dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang membutuhkan proses proses atau langkah langkah prosedur. kembali ke pembahasan jelaskan pengertian algoritma, agar kita mengetahui apa itu definisi algoritma aku sudah menyiapkan definisi algoritma, yuk langsung kita simak saja.

Apa Yang Dimaksud Dengan Algoritma?

Apa Yang Dimaksud Dengan Algoritma?

Setelah kalian mendapatkan gambaran tentang jelaskan pengertian algoritma, kali ini kita akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan algoritma? Di dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma ini adalah urutan terbatas dari instruksi yang ketat, biasanya digunakan untuk memecahkan kelas masalah tertentu atau untuk melakukan perhitungan. Algoritma digunakan sebagai spesifikasi untuk melakukan perhitungan dan pemrosesan data.

Konsep algoritma sendiri telah ada sejak jaman dahulu. Algoritma aritmatika seperti algoritma pembagian, digunakan oleh matematikawan Babilonia kuno tahun 2500 SM dan matematikawan Mesir pada tahun 1550 SM. Matematikawan Yunani kemudian menggunakan algoritma pada tahun 240 SM dalam saringan Eratosthenes untuk menemukan bilangan prima, dan algoritma Euclidean untuk menentukan pembagi persekutuan terbesar dari dua bilangan. Matematikawan Arab seperti al-Kindi pada abad ke-9 menggunakan algoritma kriptografi untuk pemecahan kode, berdasarkan analisis frekuensi.

Apa Fungsi Utama Dari Algoritma?

Apa Fungsi Utama Dari Algoritma?

Setelah kalian mengetahui tentang apa itu algoritma, kali ini kita akan membahas tentang Apa Fungsi Utama Dari Algoritma? Pada dasarnya fungsi utama dari algoritma ini adalah untuk memecahkan suatu masalah. Suatu algoritma pemrograman membawa keuntungan serta fungsi penting dalam aktivitas pembuatan sebuah program. Algoritma pada umumnya digunakan untuk membantu setiap orang yang ingin mengkonversikan sebuah permasalahan ke dalam bahasa pemrograman.

Apa Contoh Algoritma?

Apa Contoh Algoritma

Nah teman teman setelah kalian mengetahui apa fungsi dari algoritma kali ini aku akan membahas apa contoh algoritma? sebenarnya sangat banyak sekali contoh algoritma di dalam kehidupan kita sehari hari, kali ini aku akan memberikan contohnya kepada kalian :

  • Algoritma Flowchart Memasak Mie Instan
  1. Mulai
  2. Buka kemasan mie instan
  3. Pisahkan bumbu dan juga mie
  4. Masukan air kedalam panci
  5. Rebus air di kompor hingga mendidih
  6. Masukan mie ke air yang sudah mendidih
  7. Aduk mie hingga matang
  8. Setelah matang, angkat lalu tiriskan mie
  9. Tuangkan bumbu mie instan ke dalam piring
  10. Campurkan mie ke dalam piring yang sudah ada bumbunya
  11. Aduk hingga mie tercampur rata dengan bumbunya
  12. Selesai
  • Algoritma Flowchart Mengganti Ban Mobil Yang Pecah Di Jalan
  1. Mulai
  2. Berhenti terlebih dahulu di tempat aman
  3. Matikan mesin mobil
  4. Pasang segitiga pengaman 10 sampai 20 meter dari belakang mobil
  5. Siapkan ban serep, kunci ban, dongkrak, dan pipa perpanjangan.
  6. Longgarkan dahulu mur ban menggunakan kunci ban. Jika masih tidak bisa, gunakan pipa perpanjangan
  7. Dongkrak mobil menggunakan dongkrak
  8. Lepas mur dan juga ban
  9. Ganti dengan ban serep
  10. Pasang kembali mur ban
  11. Turunkan dongkrak sampai ban menyentuh tanah
  12. Kencangkan mur dengan kunci ban
  13. Mobil dapat kita kendarai kembali
  14. Selesai

Nah gimana? tidak serumit itu kan algoritma? jadi jangan bingung lagi kalau kalian dapat tugas menyebutkan jelaskan pengertian algoritma. sekian artikel dari saya semoga pembahasan saya dapat membantu teman teman sekalian, terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.