Jelaskan Pengertian Bioremediasi! Berikut Penjelasannya

Jelaskan Pengertian Bioremediasi

Dalam penggunaan mikroorganisme untuk mengurangi jumlah polutan di lingkungan di jelaskan pengertian bioremediasi sendiri. Hal itu terjadi karena enzim yang mikroorganisme hasilkan itu dapat memfilter polutan racun dengan mengubah bentuk pencemarannya. Polutan sendiri adalah pencemaran yang secara langsung atau tidak langsung. Polutan dapat kita bedakan menjadi 4 bagian, yaitu :

1. Polutan fisik

2. Polutan kimiawi

3. Polutan biologis

4. Polutan sosial budaya

Selain guna untuk proses eksplorasi minyak bumi dan gas alam, proses tersebut telah kita gunakan di berbagai aplikasi industri industri lain, misalnya untuk membersihkan minyak baik di dalam dan sekitar pabrik-pabrik amunisi, lokasi tambang, fasilitas petrokimia, tangki penyimpanan bawah tanah, rel kereta, dan kapal laut dan lain

Berdasarkan lokasi pemakaiannya, ada dua metode yang biasanya kita gunakan dalam bioremediasi : 

1. In-Situ;  Metode ini memproses materi yang terpapar minyak di lokasi yang bersangkutan dan biasanya berguna pada kondisi ketika tidak mungkin memindahkan tanah dari lokasinya. Namun metode in-situ ternilai kurang efektif untuk eksplorasi dan produksi minyak mentah karena lokasi yang terpapar minyak mentah tidak dapat digunakan sampai proses bioremediasi selesai dikelola atau olahan. 

2. Ex-Situ; Dalam metode ini materi yang terpapar minyak mentah mereka gali dan juga mereka kirim dengan aman ke lokasi yang secara khusus terrancang untuk mengolah dan membersihkan tanah tersebut secara efektif dan mudah. Lokasi pengolahan terdiri atas beberapa sel pengolahan yang secara berkala sambil melakukan proses penyiraman dan pelaksanaan agar memastikan proses itu berjalan dengan lancar. 

Contoh Bioremediasi

Contoh Bioremediasi

Dan di jelaskan pengertian bioremediasi dengan tugas mikroorganisme yang dijadikan alat daur ulang alami atau buatan. Dan contoh bioremediasi adalah :

  • memanfaatkan bakteri pendaur limbah plastik itu sendiri. 
  • proses ekstraksi logam dari biji. 
  • menghasilkan senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan  

mikroorganisme lainnya. 

  • menghasilkan antibodi untuk melawan antigen kebal. 
  • menghasilkan etanol sebagai campuran bahan bakarnya. 

Kenapa sistem ini Aman,  hal di karena kan  proses ini  sepenuhnya menggunakan mikroba yang secara alami dan dapat hidup dalam tanah . Mikroba ini tersebut tidak membahayakan lingkungan itu sendiri. Mikroba diberi nutrisi berupa pupuk yang lazim digunakan di taman dan lahan kebun agar tumbuh dan bekerja secara efektif sehingga bisa mempercepat proses remediasi dan juga tidak ada tambahan bahan kimia berbahaya selama proses tersebut. Sistem kerjanya sudah di uji dengan Standar Pengujian Tanah ( SPT ) dengan menggunakan Total Petroleum Hydrocarbon (TPH) yakni persentase kandungan minyak mentah pada tanah yang terpapar untuk menentukan tingkat aman bagi lingkungannya. 

Prinsip Bioremediasi

Prinsip Bioremediasi

Di jelaskan pengertian bioremediasi seperti diatas, adanya bantuan dari mikroba yang mengolah limbah  itu sendiri. Hal itu terdapat prinsip bioremediasi yang tidak boleh kita remehkan. Proses tersebut berfungsi membersihkan lingkungan dengan manfaat kegiatan mikroorganisme yang melakukannya. Merubah polutan menjadi zat yang aman dengan proses yang mineralisasi , pembentukan karbon dioksida dan air yang merubahnya menjadi mikroorganisme. 

Manfaat Bioremediasi

Manfaat Bioremediasi

Dalan hal yang di jelaskan pengertian bioremediasi adalah proses pengubahan limbah. Secara umum manfaat bioremediasi  adalah sebagai penggunaan mikroorganisme untuk mengatasi masalah lingkungan . Senyawa yang tidak diinginkan dari tanah , lumpur , air tanah atau permukaan air sehingga lingkungan menjadi bersih dan tidak tercemar. 

Bagaimana, apakah kalian sudah mengerti ya,, mengenai penjelasan diatas. Maka terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.