Jelaskan Pengertian Kebudayaan Non Benda! Apa Saja?

jelaskan pengertian kebudayaan non benda

Dalam kebudayaan jika kalian, diberikan kesempatan men-jelaskan pengertian kebudayaan non benda. Apakah yang kalian jelaskan pengertian kebudayaan non benda itu? Budaya non benda merupakan kebudayaan yang menghasilkan produk tidak dalam bentuk benda atau berwujud benda (non benda) karena sifatnya abstrak (non material)  tidak memiliki wujud nyata yang dapat disentuh. Budaya non benda hanya dapat dirasakan dan dipahami nilai nilai keselarasannya.

Apa Sajakah yang Termasuk Budaya Non Benda?

Apa Sajakah yang Termasuk Budaya Non Benda?

Seperti yang kalian jelaskan pengertian kebudayaan non benda diatas. Adalah Apa sajakah yang termasuk budaya non benda ? Dari namanya saja sudah jelas bahwa unsur unsur yang termasuk ialah :

  1. Tarian, merupakan bagian gerak tubuh dengan konsep ritmis yang menjadi ungkapan atau ekspresi jiwa penciptaan gerak tersebut dengan tarian. Contoh budaya non benda karena hanya bisa dilihat dan dinikmati keindahan dalam setiap gerakan tarian.
  2. Musik, merupakan contoh budaya non benda yang tidak memiliki wujud nyata sebab sifatnya abstrak atau banyak versi, tetapi bisa didengar dan dirasakan keindahan alunanya.
  3. Kisah legenda, yang diwariskan secara garis turun temurun merupakan kisah atau cerita yang hanya dapat didengar dari satu orang ke orang lainnya secara ucapan. Kisah legenda juga diangkat dalam bentuk visual dan ditampilkan diatas panggung.
  4. Puisi ,sajak dan pantun adalah contoh budaya non benda dalam bentuk karya sastra yang disampaikan secara lisan maupun tulisan karya. Biasanya, puisi , atau sajak maupun pantun memiliki makna yang mendalam bagi pendengarnya.
  5. Tradisi atau adat istiadat, adalah contoh budaya non benda berupa kebiasaan yang sudah ada sejak lama dan diwariskan secara regenerasi. Contoh tradisi adalah karapan sapi di wilayah Madura.
  6. Kepercayaan, adalah keyakinan seseorang terhadap suatu hal yang hanya dapat dirasakan dan tidak memiliki wujud spiritual.

Jelaskan Apa Itu Ragam Budaya Non Benda?

Jelaskan Apa Itu Ragam Budaya Non Benda?

Yang di jelaskan apa itu ragam budaya non benda ? merupakan suatu kebudayaan yang mempunyai hasil karya yang tidak berbentuk benda dan bersifat abstrak yang diwariskan turun temurun antar generasi turunan.

Dalam hal yang men-jelaskan pengertian kebudayaan non benda adalah, umumnya mengacu pada ide non fisik yang dimiliki oleh suatu suku adat, seperti kepercayaan agama, aturan dan nilai norma , moral , bahasa dan organisasi itu sendiri.

Apa yang Kalian Ketahui Mengenai Kebudayaan Non Benda Mitos?

Apa yang Kalian Ketahui Mengenai Kebudayaan Non Benda Mitos?

suatu kebudayaan yang mempunyai hasil karya dari hasil karya yang tidak berbentuk wujud, dan biasanya merupakan hasil karya yang bersifat abstrak yang diwariskan oleh nenek moyang. Jika ada yang bertanya, Apa yang kalian ketahui mengenai kebudayaan non benda mitos ? Berikut adalah jawabannya.

Contohnya:

  • Keris

Keris yang berfungsi sebagai objek spiritual dan juga senjata bela diri. Desain keris yang unik dan khas mengandung makna religius dan mistis dalam kehidupan.

  • Angklung

Angklung merupakan instrumen musik asal Jawa Barat yang dimainkan dengan cara digoyang. Tidak hanya dalam tradisi Sunda, alat musik ini berfungsi dalam ritual keagamaan untuk mengundang Dewi Sri atau dewi rejeki.

  • Lompat Batu Nias

Tradisi ini berfungsi untuk menunjukan bahwa para pemuda sudah dewasa. Selain itu para pemuda juga dapat menguji ketangkasan dan kejantanan melalui tradisi tersebut. Maknanya adalah proses pendewasaan membuat karakter dan ketangkasan para pemuda menjadi terbentuk kuat dan berani.

  • Pendidikan dan Pelatihan Batik

Batik adalah salah satu budaya Indonesia yang dikenal oleh masyarakat umum. Pendidikan dan Pelatihan Batik termasuk kebudayaan non benda karena teknik membatik serta corak batik diturunkan lewat pengajaran lokakarya membatik kain.

  • Wayang

Dalam pertunjukan wayang terdapat banyak nilai-nilai sosial budaya yang dibagian dan dilestarikan untuk warisan budaya. Selain itu, alunan musik wayang juga menambahkan makna dari pertunjukan pementasan tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.