Jelaskan Yang Dimaksud Teks Nonfiksi? Simak Yuk!

Jelaskan Yang Dimaksud Teks Nonfiksi

Teman-teman pasti pernah membaca suatu berita atau biografi seseorang. Kedua hal tersebut adalah teks nonfiksi loh. Berikut jelaskan yang dimaksud teks nonfiksi dan apa contoh cerita non fiksi?

Teks adalah sebuah ungkapan bahasa yang dimana dituangkan ke dalam tulisan. Teks ini biasanya dibagi menjadi dua jenis, yaitu fiksi dan nonfiksi. Fiksi memiliki arti tidak nyata atau merupakan khayalan, sementara nonfiksi memiliki arti nyata atau merupakan fakta.

Jelaskan Apa yang dimaksud Dengan Non Fiksi?

Jelaskan Apa yang dimaksud Dengan Non Fiksi?

Jelaskan yang dimaksud teks nonfiksi adalah sebuah tulisan yang berisikan kebenaran atau kenyataan dengan tujuan untuk memberikan informasi.

Menurut Henry Guntur Tarigan (1991) jika diminta jelaskan yang dimaksud teks nonfiksi adalah sebuah tulisan yang bersifat nyata dan aktual, yang memberikan informasi mengenai hal-hal tertentu dan dapat dibuktikan kebenarannya.

Sedangkan jelaskan apa yang dimaksud dengan non fiksi menurut Trim (2014) adalah sebuah tulisan yang berbasis dengan data dan fakta. Tulisan ini disajikan menggunakan bahasa formal atau tidak formal yang terdiri dari argumentasi, eksposisi dan deskripsi.

Bagaimana Ciri Ciri Teks Non Fiksi?

Bagaimana Ciri Ciri Teks Non Fiksi?

Dalam teks ini memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakannya. Berikut bagaimana ciri ciri teks non fiksi :

  • Menjelaskan mengenai sesuatu yang faktual, nyata dan merupakan fakta serta dapat dibuktikan kebenarannya
  • Memiliki objektivitas yang tinggi dan berusaha untuk menarik minat dari pembaca untuk berpikir atau menggunakan nalar
  • Berupa gagasan atau fakta
  • Menggunakan bahasa yang denotatif dan mempersempit pengertian dan makna, sehingga terhindar dari bermakna ganda
  • Terkadang disertai dengan gambar, grafik ataupun data-data lainnya

Jenis-jenis teks nonfiksi

Teks nonfiksi ini terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Biografi

Jenis ini adalah tulisan yang berisikan cerita dari kehidupan seseorang. Biasanya tulisan ini dibuat untuk orang yang sudah meninggal ataupun masih hidup. Dalam membuatnya, diperlukan kisah dari orang yang ingin dibuat biografinya dan cerita dari narasumber lainnya. Biasanya tulisan ini mengandung ciri khas, keistimewaan dan apa yang bisa diteladani dari tokoh tersebut.

2. Esai

Jenis ini adalah sebuah karangan yang dibuat olej seseorang dan berisikan tentang pandangannya atau penilaian terhadap sesuatu. Esai sendiri diambil dari bahasa perancis, yaitu “essay” yang berarti berusaha atau mencoba.

3. Makalah

Biasanya setelah melakukan riset atau penelitian mengenai sesuatu, maka akan dibuat makalah. Makalah adalah sebuah karya tulis ilmiah yang menjelaskan topik tertentu dan harus dijelaskan menurut sudut pandang ilmu pengetahuan. Makalah sendiri harus memiliki sebuah permasalahan dan diakhiri dengan jawaban atau solusi dari permasalahan tersebut.

4. Artikel

Artikel adalah sebuat karangan yang berbentuk biasa dan menjawab pertanyaan-pertanyaan pembaca akan suatu topik tertentu. Biasanya artikel dapat ditemukan di berita, majalah dan tempat-tempat lainnya.

5. Kamus

Merupakan tulisan yang berisikan informasi-informasi tentang pengertian, definisi, arti kata, bagaimana cara pemakaian atau pelafalan dan lainnya tentang suatu kata. Kamus sendiri dapat berupa bentuk cetakan atau digital yang memiliki banyak sekali tema, mulai dari bahasa tertentu, bidang tertentu dan lainnya.

Apa Contoh Cerita Non Fiksi?

Apa Contoh Cerita Non Fiksi?

Berikut merupakan apa contoh cerita non fiksi :

  • Biografi Ir. Soekarno
  • Biografi Albert Einstein
  • Kumpulan Cerita Tokoh-tokoh Dunia Yang Menginspirasi

Selain cerita, terdapat teks-teks nonfiksi lainnya :

  • Sejarah Perdagangan dan Pelayaran Di Sunda Malaka
  • Perkembangan Olahraga Bulutangkis Di Indonesia
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Teman-teman tentu sudah paham dan dapat jelaskan yang dimaksud teks nonfiksi. Teman-teman dapat mencoba untuk membuatnya juga loh, pasti itu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.