Mengenali Kelelawar, Berkembang Biak Dengan Cara Apa?

Kelelawar berkembang biak dengan

Kelelawar adalah hewan nokturnal, yang diartikan hewan yang aktif di malam hari. Hewan ini memiliki habitat untuk tempat tinggal di sekitar tempat yang gelap atau pepohonan. Kelelawar berkembang biak dengan cara melahirkan atau beranak (vivipar).

Kelelawar termasuk hewan mamalia yang bisa terbang, kebanyakan mamalia hanya hidup di darat seperti manusia. Hewan ini dapat melahirkan dengan posisi badanya terbalik ke arah bawah. Tetapi orang-orang tidak suka dengan keberadaan hewan ini, karena termasuk hewan perusak.

Kelelawar berkembang biak dengan cara beranak, setelah itu bayi kelelawar akan selalu digendong oleh induknya dengan posisi kepala ke bawah sekaligus menyusuinya. Hewan yang satu ini memiliki keunikan, dapat melakukan terbang dengan cara mundur dan ditempat, hmm sungguh aneh sekali benar bukan.

Hewan tersebut memiliki 2 jenis makanan yakni pemakan serangga dan buah. Jenis kelelawar yang dibenci warga adalah jenis pemakan buah. Hewan ini mempunyai sistem ekolokasi yang berfungsi sebagai petunjuk di malam hari, maka dari itu termasuk hewan nokturnal seperti kucing.

Kelelawar Berkembang Biak Dengan Cara Apa?

Kelelawar Berkembang Biak Dengan Cara Apa?

Setelah membahas sedikit tentang kelelawar, selanjutnya kelelawar berkembang biak dengan cara apa? Sudah dijelaskan diatas, kelelawar berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar) dan termasuk hewan mamalia terbang.

Hewan ini memiliki bentuk tubuh seperti tikus pada umumnya, tetapi bedanya tikus tidak bisa terbang. Ditubuhnya di selimuti bulu halus dan memiliki bentuk wajah yang berbeda setiap per ekornya.

Hewan ini dapat melahirkan 1 anak setiap tahunnya. Tinggal di area gua , loteng berlubang dan pohon berlubang. Aktifitasnya yakni ketika di malam hari sarang kosong dan pergi berburu makanan, sedangkan di siang hari akan kembali ke sarang secara bersamaan. Fase hidup hewan ini hanya bertahan sekitar 20 tahun, kemudian mati dan tergantikan penerusnya.

Kelelawar Termasuk Jenis Hewan Apa?

Kelelawar Termasuk Jenis Hewan Apa?

Kelelawar termasuk jenis hewan apa? Hewan yang satu ini termasuk ke dalam golongan hewan mamalia atau hewan menyusui. Untuk mengenali lebih rinci, berikut ciri-ciri dari hewan kelelawar :

  • Memiliki ekolokasi yang berfungsi untuk penunjuk jalan agar terhindar dari tabrakan.
  • Hewan ini memiliki suara bernada tinggi sekitar 100.000 hertz.
  • Memiliki indra penciuman yang tajam. Seperti kucing.
  • Selain mempunyai ekolokasi, kelelawar mempunyai gelombang ultrasonik dan sonar.
  • Termasuk hewan nokturnal (aktif di malam hari)/
  • Memiliki keunikan yakni dapat tidur dengan cara bergelantung.
  • Suka dengan tempat yang gelap sebagai tempat tinggal sarang mereka.
  • Jenis makanan kelelawar ada 2 yakni pemakan buah dan pemakan serangga.

Apa Yang Dimaksud Dengan Ovovivipar?

Apa Yang Dimaksud Dengan Ovovivipar?

Banyak orang yang belum mengetahui tentang perkembang biakan hewan, berikut penjelasannya :

  • Perkembang biakan ovipar (bertelur)

Perkembang biakan ini dengan cara bertelur. Contohnya seperti ayam, bebek, ular, angsa dan lainnya. Ciri-cirinya yakni tidak memiliki daun telinga dan memiliki kelenjar susu.

  • Perkembang biakan vivipar (melahirkan)

Perkembang biakan ini dengan cara melahirkan atau beranak. Contohnya seperti sapi, kucing, dan anjing. Ciri – ciri yakni memiliki daun telinga dan berkelenjar susu.

Kelelawar berkembang biak dengan cara ini juga, vivipar.

  • Perkembang biakan ovovivipar (bertelur dan melahirkan)

Perkembang biakan yang satu ini adalah kombinasi cara bertelur dan melahirnkan. Biasanya hewan laut, hiu, kuda laut, dan ikan pari.

 

Itulah pembahasan mengenai kelelawar berkembang biak dengan cara vivipar atau melahirkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.