Kelelawar Menangkap Mangsa pada Malam Hari dengan Memanfaatkan Kemampuan?

Kelelawar Menangkap Mangsa pada Malam Hari dengan Memanfaatkan Kemampuan

Kelelawar merupakan hewan yang lebih aktif pada malam hari, seperti mencari makan. Namun pernahkah teman-teman berpikir bagaimana kelelawar dapat menangkap mangsanya? Kelelawar menangkap mangsa pada malam hari dengan memanfaatkan kemampuan apa

Hewan yang berasal dari ordo Chiroptera ini adalah satu-satunya mamalia yang dapat terbang. Kelelawar terbang menggunakan kedua kaki depannya yang berkembang menjadi sayap. 

Bagaimana Kelelawar dapat Menangkap Mangsanya? 

Bagaimana Kelelawar dapat Menangkap Mangsanya? 

Kelelawar termasuk ke dalam hewan yang aktif pada malam hari (nocturnal). Hal ini membuat hewan ini mencari makan pada malam hari. Kelelawar menangkap mangsa pada malam hari dengan memanfaatkan kemampuan tertentu yang bernama ekolokasi. 

Ekolokasi adalah sebuah sonar biologi yang digunakan pada hewan ini untuk menangkap mangsanya. Ekolokasi adalah kemampuan yang tidak hanya dimiliki oleh hewan ini saja, namun hewan-hewan lainnya seperti lumba-lumba, ikan paus, kucing, anjing, dll. 

Selain untuk menangkap mangsa, ekolokasi berfungsi untuk cara hewan ini untuk melindungi dirinya dan bertahan hidup. 

Kelelawar memiliki telinga yang lebih besar dibandingkan kepalanya, hal ini bertujuan untuk menerima getaran gema saat kelelawar menangkap mangsa pada malam hari dengan memanfaatkan kemampuan ekolokasinya

Bagaimana Cara Kelelawar Memanfaatkan Sistem Sonar?

Bagaimana Cara Kelelawar Memanfaatkan Sistem Sonar?

Dengan ekolokasi, kelelawar dapat mengetahui posisi mangsanya. Beginilah proses hewan ini menggunakan sonarnya :

  1. Kelelawar akan mengeluarkan suara sekeras-kerasnya, bunyi yang mereka hasilkan memiliki frekuensi tinggi di atas 20.000 Hz (frekuensi ultrasonik)
  2. Bunyi tersebut kan mengenai berbagai macam hal termasuk mangsa
  3. Bunyi ultrasonik tersebut akan mereka pantulkan kembali setelah mengenai mangsa
  4. Telinga kelelawar itulah yang akan menerima bunyi yang telah mereka pantulkan oleh mangsa, kemudian kelelawar akan mengetahui posisi mangsa

Dalam hal ini semakin cepat telinganya menerima pantulan bunyi, maka mangsa akan semakin dekat. Sedangkan semakin lama telinganya menerima bunyi, maka mangka masih memiliki jarak yang jauh. 

Ekolokasi adalah

Setelah melihat bagaimana cara kelelawar mencari makan, berikut adalah makanan dari kelelawar :

  1. Serangga
    Semua jenis dari kelelawar memakan serangga. Walaupun memiliki jenis pemakan buah, namun tetap memakan serangga sesekali. Serangga ini adalah jangkrik, laba-laba, nyamuk, lalat buah dan agas.
    Hewan ini dapat memakan hingga ribuan serangga dalam satu malam. Hal ini bukan hanya mendapat makanan, namun membantu manusia mengurangi populasi serangga secara alami
  2. Buah dan biji-bijian
    Pada beberapa jenis terdapat pemakan buah. Buah yang biasanya mereka makan adalah pisang, alpukat, kurma, mangga dan ara.
    Namun hewan ini hanya akan memakan sari dari buah dan terkadang bijinya. Hal ini membantu manusia dalam menyebarkan biji dari buah-buahan secara alami, saat biji terbuang melalui kotorannya.
  3. Nektar dan serbuk sari
    Pada beberapa jenis, hewan ini memakan nektar dan serbuk sari juga. Biasanya jenis pemakan buah juga melakukan ini. Hewan ini mengambil nektar dan serbuk sari menggunakan hidung dan lidah panjangnya. 
  4. Reptil dan amfibi
    Pada beberapa jenis kelelawar, terdapat jenis yang memakan reptil dan amfibi juga. Hewan yang akan mereka mangsa biasanya katak atau kadal. Kelelawar menangkap mangsa pada malam hari dengan memanfaatkan kemampuan ekolokasinya, hewan ini dapat dengan mudah menemukan mangsanya bahkan membedakan antara katak yang beracun dan tidak beracun
  5. Ikan
    Ikan merupakan salah satu sumber makanan hewan ini pada beberapa jenis kelelawar yang tinggal di dekat dengan perairan. Dengan ekolokasinya, hewan ini dapat menangkap ikan yang berada di dekat permukaan air.

Penutup

Itulah kelelawar menangkap mangsa pada malam hari dengan memanfaatkan kemampuan ekolokasi dan bagaimana cara kelelawar memanfaatkan sistem sonar serta apa saja makanannya. Teman-teman tidak perlu bingung lagi cara hewan ini menangkap mangsanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.