Kenali Penyebab dan Gejala Usus Buntu Pada Wanita Dewasa, Tangani Sebelum Terlambat!

Gejala usus buntu pada wanita dewasa

Penyakit usus buntu atau dalam istilah medisnya biasa disebut dengan Apendisitis merupakan peradangan yang terjadi pada usus buntu atau apendiks. Awal terjadinya penyakit ini yakni penyumbatan yang penyebabnya adalah kotoran, bakteri ataupun benda asing pada usus buntu lalu menimbulkan peradangan. Penyakit usus buntu biasa menyerang kisaran usia 10-30 tahun, oleh karena itu wanita dewasa mempunyai resiko yang cukup tinggi terkena usus buntu.

Gejala usus buntu pada wanita dewasa sering disalahartikan dengan kondisi lain karena biasanya ditandai dengan nyeri pada bagian perut bawah. Jika gejala ini terlambat untuk dideteksi maka beresiko membahayakan tubuh karena bisa terjadi komplikasi. Ingin tahu apa saja gejala usus buntu pada wanita dewasa, yuk simak.

  • Merasa nyeri pada perut kanan bagian bawah, rasa nyeri akan terus terjadi jika sedang menarik nafas dan batuk
  • Demam dan menggigil, wanita dewasa yang sedang mengalami gejala usus buntu akan mengalami demam dengan suhu 37,2-38 derajat.
  • Mual dan muntah, kondisi ini biasa terjadi setelah merasakan rasa nyeri pada perut bagian bawah.
  • Merasa nyeri saat akan buang air kecil
  • Akan mengalami kram pada otot perut

Apa Penyebab Usus Buntu Pada Wanita Dewasa?

Apa Penyebab Usus Buntu Pada Wanita Dewasa?

Banyak yang mengira penyebab utama terjadinya penyakit usus buntu adalah makanan pedas, namun hal itu hanyalah mitos.  Oleh karena itu jika ada yang bertanya, apa penyebab usus buntu pada wanita dewasa?

Jawabannya adalah penyakit usus buntuk disebabkan karena adanya penyumbatan yang menyebabkan peradangan dan infeksi karena bakteri dan jika tidak diatasi dengan cepat akan menyebabkan usus buntu penuh nanah bahkan meledak yang harus segara dilakukan tindakan medis operasi. Selain itu ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang terkena usus buntu sebagai berikut.

  • Memiliki cidera pada perut
  • Memiliki penyakit infeksi cacing
  • Pembengkakan dinding usus akibat adanya infeksi pada saluran pencernaan
  • Terjadi hambatan pada bagian rongga pintu usus
  • Pertumbuhan parasit yang menyebabkan rongga usus tersumbat

Seperti Apa Rasa Sakit Usus Buntu?

Seperti Apa Rasa Sakit Usus Buntu?

Penyakit usus buntu merupakan penyakit yang menyerang organ pencernaan, saat terkena penyakit ini pasti akan ada rasa sakit yang dirasakan. Jika ada yang bertanya, seperti apa rasa sakit usus buntu? Jawabannya adalah seorang yang mengalami ini akan merasakan nyeri sakit yang luar biasa pada bagian perut bawah sebelah kanan. Rasa sakit akan terus bertambah saat menarik nafas dan pada saat menggerakan anggota tubuh.

Ciri Ciri Usus Buntu Pada Dewasa

Ciri Ciri Usus Buntu Pada Dewasa

Usus buntu terjadi karena adanya infeksi akibat penyumbatan pada rongga usus buntu yang mebahayakan tubuh, oleh karena itu perlu adanya tindakan medis untuk mengatasinya. Seseorang yang sedang mengalami penyakit usus bisa ditandai dengan munculnya gejala ringan.

Sebelum terjadi kondisi lebih fatal ada baiknya kenali terlebih dahulu gejala usus buntu pada wanita dewasa atau ciri ciri usus buntu yang bisa kita gunakan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak kita inginkan. Ingin tahu apa saja ciri ciri usus buntu pada dewasa, yuk simak.

  • Sakit perut, seseorang yang mengalami usus buntu yaitu akan mengalami gejala yang paling ringan yaitu sakit perut. Sakit perut yang dirasakan lebih tepatnya merasakan nyeri atau sakit perut pada bagian kanan bawah. Jika kalian sedang mengalami kondisi seperti ini wajib di waspadai oke.
  • Mengalami demam dan menggigil, ciri-ciri usus buntu yang selanjutnya terjadi adalah demam serta menggigil.
  • Merasakan mual dan muntah, ciri selanjutnya yaitu seseorang yang mengalami penyakit usus buntu akan mengalami mual dan muntah, kondisi menyebabkan hilangnya nafsu makan.

Itulah ulasan mengenai gejala usus buntu pada wanita dewasa yang harus diwaspadai sejak awal, jika kalian mengalami kondisi seperti diatas lebih baik segera pergi ke dokter.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.